Sponsors Link
     Sponsors Link

15 Manfaat Selenium Bagi Tubuh Manusia

Sponsors Link

Smanfaat seleniumudah pernah mendengar tentang selenium? Mungkin ada yang sudah pernah dan ada juga yang belum pernah. Selenium atau yang memilki lambang kimia “Se” merupakan salah satu jenis mineral yang bersifat gizi mikro. Apa itu zat gizi mikro? Zat gizi mikro merupakan salah satu jenis zat gizi yang hanya sedikit diperlukan oleh tubuh kita sehari, namun juga memiliki peranan yang banyak untuk kesehatan kita. Jadi pada intinya, selenim ini meskipun jumlahnya sedikit namun manfaatnya sangat banyak.

Bagaimana untuk memperoleh selenim?

Untuk memperoleh selenium sendiri, kita dapat mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Berikut ini adalah beberapa daftar makanan yang memiliki kandungan selenium yang cukup tinggi :

  • Telur
  • Kerang
  • Daging merah
  • Ikan laut
  • Kembang kol
  • Almond
  • Hazelnut
  • Jagung
  • Tomat
  • Tahu
  • Tempe
  • Yoghurt

Seperti sudah disinggung sebelumnya, meskipun dibutuhkan dalam jumlah yang kecil dan juga sedikit. Selenium mampu memberikan berbagai macam efek dan manfaat yang sangat besar. Apa saja manfaat selenium bagi tubuh manusia? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Antioksidan dan menangkal radikal bebas

Fungsi dan juga manfaat pertama dari selenium adalah sebagai salah satu antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Selenium juga dapat bekerja sama dengan vitamin E untuk mengoptimalkan dan juga memaksimalkan fungsi antioksidan, yaitu untuk menangkal radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan.

2. Baik untuk produksi sperma

Manfaat selenium bagi pria juga memiliki kegunaan yang baik untuk kesehatan seksual anda. Selenium baik untuk menjaga dan mengontrol produksi sperma dan juga dapat meningkatkan gairah seksual.

3. Mampu mengontrol gejala lupus

Lupus merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang daya tahan atau imunitas tubuh. Untuk mengoptimalkan manfaat selenium dalam satu hari, maka beberapa gejala lupus bisa terkontrol. Meskipun selenium belum diketahui sebagai obat menyembuhkan lupus.

4. Mencegah kanker

Manfaat selenium memiliki sifat alami yang anti karsinogenik dan mampu membunuh sel yang juga bersifat karsinogenik. Ini artinya, selenium mampu untuk mencegah pertumbuhan dari sel sel kanker di dalam tubuh. Pastinya juga dapat mencegah munculnya penyakit kanker pada diri kita.

5. Menjaga sistem kardiovaskular

Sistem kardiovaskular merupakan keseluruhan proses yang melibatkan kerja dari organ jantung. Jantung merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh kita, dan dengan terjaganya sistem kardiovaskular ini, tubuh akan terhindar dari berbagai macam gangguan yang menyerang jantung kita.

6. Mencegah katarak

Katarak adalah salah satu penyakti degenerative yang sering muncul pada usia diatas 60 tahun. Katarak dapat menyebabkan gengguan pada penglihatan, hingga menyebabkan kebutaan. Manfaat selenium ternyata memiliki kegunaan yang baik untuk mencegah munculnya katarak pada mata anda.

7. Mencegah infeksi dari jenis virus

Selenium juga ternyata sangat efektif untuk mencegah masuknya virus ke dalam tubuh. Dengan manfaat ini, berarti selenium dapat mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari virus-virus tertentu, seperti batuk dan juga influenza.

8. Mengurangi ketombe

Anda sering mengalami ketombe? Mungkin tubuh anda kekurangan selenium. Manfaat selenium diketahui juga sangat baik untuk mencegah munculnya ketombe. Hal ini dapat mengurangi jumlah ketombe pada rambut anda. namun tentunya hal ini harus dibarengi dengan perawatan pada rambut anda.

9. Mencegah penuaan dini

Selenium juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini, dan juga menghilangkan gejala penuaan dini. Berikut ini adaah beberapa gejala-gejala penaan dini :

  • Kulit yang tidak elastis
  • Kulit mengkerut
  • Kulit kusam
  • Kulit terasa lebih kasar dan juga kering

10. Mencegah penyakit jantung

Selenium memang memilki manfaat yang asangat baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskular kita. Salah satu manfaat selenium yang terpenting dari kesehatan jantung kita adalah dapat mencegah terjadinya serangan jantung, yang dapat berakibat fatal.

11. Mengontrol mood dan juga tingkat depresi

Selenium juga diketahui mampu untuk mengontrol mood. Selain dapat mengontrol mood, selenium juga mampu untuk menjaga dan menurunkan tingkat depresi pada diri anda. Hasil penelitian menyebutkan bahwa mereka yang kekurangan selenium akan mengalami berbagai macam gangguan pada mood dan juga mengalami stress serta depresi yang lebih parah daripada mereka yang mengkonsumsi selenium secara teratur.

12. Menjaga kekebalan dan ketahanan tubuh

Manfaat lain dari selenium adalah sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan daya tahan dan juga imunitas tubuh yang selalu terjaga, maka tubuh kita pun akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang muncul karena lemahnya kekebalan tubuh kita, seperti batuk, demam, flu, meriang dan beberapa penyakit ringan lainnya.

13. Menjaga kesehatan otak

sponsored links

Selenium juga baik untuk menjaga kesehatan otak kita. Dengan konsumsi selenium yang cukup dalam sehari, maka kesehatan dan juga fungsi dari otak akan terjaga dan menjadi lebih optimal dalam bekerja.

14. Mengontrol proses reproduksi

Manfaat selenium baik untuk menjaga dan juga mengontrol proses reproduksi. Terutama bagi para wanita yang siklus menstrual nya tidak teratur. Selenium dapat membantu untuk mengontrol gangguan-gangguan yang terjadi pada sistem reproduksi.

15. Anti inflamasi

Selenium juga memiliki manfaat yang sangat baik sebagai salah satu zat yang dapat mencegah inflamasi atau peradangan pada tubuh.

Itulah beberapa manfaat dari selenium bagi tubuh kita, dan juga beberapa informasi singkat mengenai apa itu selenium. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

Berapa kebutuhan selenium kita dalam sehari?

Untuk mencukupi kebutuhan tubuh kita akan selenium sendiri ada aturannya. Tubuh kita disarankan untuk mengkonsumsi kurang leboh 55 – 7- mcg selenium per harinya. Namun untuk waktu tertentu dan juga dalam jangka waktu yang pendek, kita dapat mengkonsumsi selenium sebanyak 50 hingga 200 mcg per hari. Dan disarankan untk tidak mengkonsumsi selenium lebih dari 200 mcg per harinya, karena dapat menimbulkan keracunan.

Apa yang terjadi apabila kelebihan selenium?

Hal yang pasti terjadi apabila kita mengalami kelebihan kadar selenium adalah keracunan. Keracunan selenium ini dapat menimbulkan berbagai macam gejala, seperti :

  • Mudah lelah
  • Kelemahan otot
  • Mual dan juga muntah
  • Rambut rontok
  • Kulit mengalami perubahan warna
  • Napas yang menjadi baud an tidak segar
  • Dapat menimbulkan perkembangan kanker
  • Kerusakan hati
  • Depresi
  • Gelisah
Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 19th, June 2015 / 07:37 Oleh :
Kategori : Nutrisi