Sponsors Link

30 Manfaat Sayuran Organik Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Sebagian dari kita mungkin belum kenal dengan istilah sayur organik. Kebanyakan dari kita hanya mengenal sekedar istilah sayuran yang itu baik untuk di makan, sekedar sayuran tanpa tahu ada penggolongan sayur organik.

ads

Jika demikian lalu apa itu sayuran organik, dan lantas apa bedanya dengan sayuran-sayuran selainnya. Maka dari itu, agar kita bisa mengetahui dan merasakan manfaat dari sayuran organik pada kehidupan nyata, kita harus mengetahui mana yang disebut dengan “Sayuran Organik”.

Mengenal sayuran Organik

sayuran organikIstilah “Organik” mengacu pada cara produk pertanian yang dibudidayakan dan diproses . Persyaratan khusus harus dipenuhi dan dipertahankan agar produk dapat diberi labe “organik”

Dimana, tanaman organik harus dipelihara di tanah yang aman, tidak di modifikasi secara genetis dan harus selalu terpisah dari produk konvensional. Petani, tentunya tidak diperbolehkan menggunakan pestisida sintesis, organiseme hasil rekayasa genetika (GMO) dan pupuk buatan.

Agar mendapatkan label organik, sebuah produk sayuran harus diolah dengan olahan paling sediki 95% bahan organik yang juga bersertifikat. Penjelasan Selangkapnya untuk jenis sayuran organik bisa di dapat dengan 2 ciri berikut.

  • Tidak menggunakan Pupuk Buatan. Petani pada umumnya, akan menggunakan pupuk buatan, seperti urea, KCI ,dll. Namun, untuk sayuran organik secara khusus tidak akan menggunakan pupuk buatan melainkan pupuk alam, seperti pupuk kandang aym, atau pupuk kompos.
  • Tidak menggunakan pestisida Kimia. Selain itu, sayuran organik dalam prosesnya, tidak akan disemprot dengan pestisida atau zat kimia lainnya untuk menghindari dari hama dan penyakit. Namun, khusus sayuran organik ini petani akan menggunakan sistem rotasi (pergantian tanaman) dalam satu area tertentu, dan menggunakan pestisida yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Tidak heran manfaat sayuran organik sangat banyak bagi kesehatan, selain itu sayuran jenis ini tidak akan mengakibatkan penyakit berbahaya.


 Berbagai sayuran Organik yang bisa dikonsumsi

Sayuran organik sederhananya juga sama dengan sayuran-sayuran lain, namun yang membedakan adalah proses budidayanya yang benar-benar terjaga sifat alaminya. Oleh karena itu jika kita ingin mendapatkan nutrisi yang baik dari sayuran organik, sederhanya kita perlu mendapatkan sayur yang memang di tanam dari proses yang alami.

Untuk bisa memastikan bahwa proses budidya sayur tersebut alami saat ini mungkin sangat sulit. Namun setidaknya kita bisa menanam sayuran-sayuran organik sendiri di lingkungan rumah kita. Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari menanam tanaman organik di karangan rumah.

Tentu untuk bisa menanam sayuran yang bisa ditanaman sendiri perlu di pilih sayuran yang mudah di budidayakan. Beberapa sayuran yang bisa di tanam di kalangan rumah adalah:

  • Sayur biji-bijian seperti kacang panjang , buncis, dan kacang merah
  • Sayur bunga seperti brokoli dan kembang kol
  • Sayur buag seperti mentimun, tomat , terong dan cabe
  • Sayur daun seperti bayam , kangkung , seledri dan sawi
  • Dan Sayur umbi seperti bawang merah dan wortel

Manfaat Sayuran Organik

  1. Memiliki kandungan gizi yang tinggi

Mengandung Gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh . Tak hanya rasa nya yang lebih lezat, sayuran organik ketika diteliti, ditemukan bahwa jumlah nutrisinya lebih tinggi.

“Dimana, studi penelitian yang di sampaikan organic.org menunjukkan hasil data bahwa sayuran organik mengandung 27% vitamin C, 21,1 % zat besi , 29.3 % magnesium, 13,6 % fosfor, dan 18% polyphenol. “

“Dan tak hanya itu, para peneliti juga menemukan bahwa asam salsila rata-rata lebih banyak 600% didalam sup organik, dan sup wortel organik mengandung 1.040 nanogram salsilat, jika dibandingkan dengan sup wortel non organik yang hanya 20 nanogram. “

Dari sini, dapat diketahui bahwa kandungan yang ada sayuran organik cukup bergizi bagi tubuh , ketika mengetahui seperti hal ini menjelaskan pada kita tingkat kesehatan yang ditawarkan dari mengkonsumsi sayuran organik disini juga sangat tinggi. Jadi memang, sayuran organik membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga :

  1. Lebih segar dan tahan lama

Sayuran organik akan lebih Segar dan bertahan Lama , Makanan / Sayuran organik biasanya lebih sergar dan lebih lezat saat dimakan. Makanan yang di budidayakan secara alami disini memang bisa bertahan lebih lama, sehingga sekaligus meminimalisir penggunaan bahan pengawet.

Ketika tidak ada bahan pengawet, dari sini sayuran organik akhirnya memiliki kandungan yang tetap terjaga , dan kandungan-kandungan inilah yang menyebabkan orang yang mengkonsumsi sayuran organik lebih sehat.

  1. Baik untuk perkembangan Anak

Selain itu , Sayuran organik juga bermanfaat terhadap kesehatan anak. Ada sebuah penelitian yang disimpulkan oleh peneliti terbaru Akademi Kesehatan Anak Amerika (American Academy of Pediatrics/AAP) yang diliris Senin (22/10) . Laporan mereka menyebutkan bahwa sayuran organik berpotensi mengurangi resiko infeksi bakteri pada anak-anak, terutama bakteri yang kebal terhadap obat-obatan (drug resistant) .

Kenapa ini bisa terjadi, dikarenakan kandungan dalam sayuran organik , selain terdapat kandungan vitamin, mineral , antioksidan, protein, lemak , dan nutrisi, juga terkandung zat kandungan pestisida .

Yang dimana kandungan pestisida yang lebih rendah dibandingkan produk konvensional disini yang bermaat memberikan kesehatan yang signifikan bagi anak-anak, karena zat ini merupakan zat yang mampu membunuh bakteri. Diantaranya , mampu menurunkan resiko penyakit seperti:

  • Resiko kanker
  • penyakit jantung koroner
  • alergi
  • asam urat
  • diabetes, dan
  • hiperaktivitas

Baik untuk pertumbuhan anak:

  1. Antioksidan untuk menangkal radikal bebas

Sayuran Organik mampu menurunkan resiko penyakit kanker dan jantung. Dalam aspek ini, sayuran organik termasuk mempunyai mutu yang tinggi dan bergizi. Dimana sayuran organik memiliki 50% lebih banyak antioksidan dari sayuran non organik. Dimana kandungan ini mampu menurunkan resiko penyakit kanker dan jantung.

Baik untuk melawan radikal bebas:

  1. Meningkatkan sistem Imun Tubuh
ads

Sayuran Organik meningkatkan kekebalan tubuh , jadi di dalam sayuran organik juga terdapat banyak kandungan vitamin dan mineral, dengan adanya kandungan ini ketika kita mengkonsumsi sayuran organik kekebalan tubuh kita juga akan meningkat, dan tidur pun lebih nyenyak .

Baik untuk sistem imun:

  1. Membuat Lingkungan lebih sehat

Selain itu, untuk efek terhadap lingkungan . Sayuran organik mampu menciptakan sebuah lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi petani. Dikarenakan petani ketika melakukan budidaya sayuran organik, akan terhindar dari paparan (exposure) polusi yang digunakannya bahan kimia sintetik dalam proses pertanian.

Namun, dalam budidaya sayuran organik yang tidak menggunakan bahan pestisida atau semacamnya, inilah yang menyebabkan lingkungan kerja petani menjadi aman dan sehat.

Baik untuk lingkungan:

  1. Menangkal pencemaran udara

Kemudian, dengan adanya budidaya sayuran organik , mampu meminimalkan semua bentuk polusi yang akan dihasilkan dari kegiatan pertanian. Seperti penggunaan bahan kimia sintesis, memanfaatkan limbah untuk kegiatan pertanian, dikarenakan kotoran ternak dan jerami dijadikan sebagai pupuk kompos bagi sayuran organik.

Baik untuk menangkal pencemaran udara:

Manfaat sayuran organik saat ini memang sangat penting untuk dikonsumsi, mengingat banyaknya sayuran yang mengandung pupuk buatan ataupun pestisida yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 13th, April 2015 / 13:48 Oleh :
Kategori : Sayuran