30 Manfaat Sayuran Kering Untuk Kesehatan

Mengkonsumsi sayuran sangatlah diperlukan oleh tubuh. Sayuran mengandung berbagai macam gizi yang mudah diserap dan baik untuk tubuh. Sayuran memiliki kandungan air sehingga sangat segar meskipun sudah dimasak. Namun, sayuran segar dapat terkena mikroorganisme yang dapat membuat sayuran busuk apabila tidak disimpan pada lemari pendingin atau kulkas. Agar sayuran awet, sekarang ini banyak sekali adanya sayuran kering. Sayuran kering sebenarnya sama saja dengan sayur pada umumnya, yakni memang berasal dari sayuran. Hanya saja, sayuran kering memiliki kadar air yang benar-benar rendah. Kadar air dalam sayuran kering sengaja dihilangkan agar sayuran tidak mudah busuk.

artikel terkait:

Manfaat Sayuran Kering

Sayuran kering memiliki kandungan air yang sangat rendah, karena memang sengaja dihilangkan kadar air di dalamnya. Kandungan gizi dalam sayuran kering juga sebenarnya lebih sedikit dibandingkan dengan sayuran basah atau sayuran segar. Namun, sayuran kering tetap memiliki kandungan gizi yang dapat bermanfaat untuk kesehatan apabila dikonsumsi. Beberapa manfaat mengkonsumsi sayuran kering diantaranya:

  1. Melancarkan Pencernaan

Sayuran tetap memiliki kandungan serat seperti sayuran segar pada umumnya. Kandungan serat yang ada dalam sayuran kering tetap dapat membantu melancarkan pencernaan agar terhindar dari sembelit dan juga masalah pencernaan lainnya.

artikel terkait: manfaat asinan sayuran

  1. Menutrisi Otak

Kandungan folat yang ada pada beberapa jenis sayuran yang dikeringkan dapat membantu menutrisi otak. Dengan mengkonsumsi sayuran kering, nutrisi otak dapat tetap terjaga sehingga otak dapat berfungsi dengan baik untuk menjaga fungsinya sebagai pengendali seluruh bagian tubuh.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Vitamin B kompleks, vitamin C, betakaroten dan berbagai kandungan lainnya dalam sayuran kering dapat membantu mengurangi risiko kanker. Mengkonsumsi sayuran kering dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dan membunuh sel kanker dalam tubuh agar tidak berkembang di dalam tubuh dan membahayakan penderitanya.

artikel terkait: manfaat sayur cikri

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Beberapa kandungan dalam sayuran kering seperti klorofil, folat, dan beberapa kandungan lain dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Hal ini dapat membantu kelancaran kerja berbagai organ tubuh, karena darah dapat dialirkan ke seluruh tubuh dengan lancar.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Lancarnya sirkulasi darah dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Apabila aliran darah ke jantung lancar, maka kesehatan jantung tetap terjaga. Sayuran kering juga mengandung lemak tak jenuh yang juga baik untuk menjaga kesehatan yang jantung.

artikel terkait: manfaat sayur alur

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol

Sayuran kering mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan. Lemak tak jenuh berbeda dengan lemak jenuh yang dapat menghambat sirkulasi darah. Lemak tak jenuh dapat membantu mengurangi kadar kolesterol yang ada dalam tubuh, sehingga aliran darah dalam tubuh dapat menjadi lancar karena tidak tersumbat oleh lemak.  

  1. Mencegah Penyakit Stroke

Selain dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan mengandung lemak tak jenuh, mengkonsumsi sayuran kering dapat membantu mencegah terjadinya penyakit stroke. Aliran darah yang lancar, serta pembuluh darah yang tidak terdapat lemak dan kolesterol di dalamnya, sangat baik untuk tubuh agar tidak terkena stroke.

artikel terkait: manfaat sayur kangkung

  1. Menambah Energi

Jenis sayuran kering seperti wortel kering, daun bawang, kentang dan beberapa jenis sayuran kering dapat meningkatkan energi. Dengan menambahkan beberapa sayuran kering ke dalam makanan, energi akan kembali meningkat dan siap untuk beraktivitas kembali.

  1. Mencegah Timbunan Lemak Tubuh

Lemak tak jenuh yang terkandung di dalam sayuran kering dapat membantu mencegah adanya timbunan lemak yang dapat menyebabkan obesitas, atau kelebihan berat badan.

artikel terkait: manfaat sayur brokoli

  1. Menyeimbangkan Cairan Tubuh

Tidak hanya kekurangan cairan, kelebihan cairan juga tidak baik untuk tubuh. Beberapa sayuran segar dapat menyebabkan kelebihan cairan yang dapat membuat tubuh menjadi bengkak. Sayuran kering memiliki kandungan air yang rendah, sehingga dapat mencegah kelebihan cairan tubuh yang dapat menyebabkan tubuh bengkak.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Dibandingkan dengan sayuran segar, sayuran kering cenderung memiliki rasa yang gurih dan lebih lezat. Sayuran kering mudah dipadukan dengan beberapa makanan dan tetap memiliki rasa yang gurih dan lezat, tidak seperti sayuran segar yang terkadang memiliki rasa yang agak getir atau beberapa rasa lain yang ukurang diminati. Dengan rasanya yang lebih gurih, sayuran kering dapat meningkakan nafsu makan beberapa orang.

artikel terkait: manfaat sayur celery

  1. Mengatasi Pening

Mengkonsumsi sayuran kering juga dapat membantu menjaga kesehatan sehingga dapat mengurangi rasa pening yang terkadang terjadi ketika kelelahan maupun kondisi fisik kurang fit.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Sayuran kering tetap memiliki kandungan vitamin dari sayuran itu sendiri. Kandungan vitamin dalam sayuran kering seperti vitamin A, B, C, D, E, dan K baik untuk menjaga kesehatan tubuh, terlebih menjaga kesehatan kulit agar tidak kusam dan rusak.

artikel terkait: panas dalam

  1. Menyehatkan Mata

Beberapa jenis sayuran kering seperti wortel, tomat dan juga beberapa jenis sayuran kering lainnya, memiliki kandungan vitamin A di dalamnya. Dengan mengkonsumsi sayuran kering dengan yang mengandung vitamin A tersebut, mata menjadi lebih sehat dan terhindar dari gangguan penglihatan.

  1. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Dalam sayuran kering memang tidak segar seperti sayuran segar yang mengandung air. Akan tetapi, sayuran kering juga tetap mengandung antioksidan dan juga tetap dapat mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh, serta mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

artikel terkait: solusi kanker

  1. Mencegah Diabetes

Kandungan gula di dalam sayuran kering cenderung rendah. Selain rendah gula, beberapa jenis sayuran kering dapat membantu meningkatkan produksi hormon insulin. Sehingga, mmengkonsumsi sayuran kering dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan mencegah diabetes.

  1. Menurunkan Kadar Trigliserida Berlebih

Apabila kadar trigliserida dalam tubuh terlampau tinggi, seseorang dapat terancam terkena penyakit jantung dan juga penyakit stroke. Untuk mengurangi atau menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh, mengkonsumsi sayuran kering dapat dijadikan salah satu alternatif untuk menurunkan kadar trigleserida dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat sayur pagoda

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Mengkonsumsi sayuran kering dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Berbagai kandungan dalam sayuran kering dapat membantu ginjal untuk menjalankan fungsi filtrasi pada ginjal.

  1. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Ibu hamil disarankan mengkonsumsi banyak buah dan sayur agar kesehatan janin terjaga. Tidak hanya sayuran segar, namun sayuran kering juga dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil. Beta karoten dalam sayuran kering dapet membantu menutrisi janin sehingga janin dapat lebih sehat.

artikel terkait: manfaat saur kailan

  1. Meningkatkan Produksi Asi

Tidak hanya menjaga janin dalam kandungan, sayuran kering juga baik dikonsumsi bagi ibu menyusui. Berbagai nutrisi dalam sayuran kering juga dapat membantu meningkatkan produksi ASI, sehingga pasokan ASI untuk buah hati dapat terpenuhi.

  1. Meningkatkan Hormon Adrenalin

Hormon adrenalin secara singkat juga dapat dikatakan sebagai hormon kepekaan. Karena hormon ini memicu reaksi rangsangan tubuh terhadap tekanan dan juga kecepatan gerak tubuh. Hormon adrenalin perlu ditingkatkan, salah satu caranya dengan mengkonsumsi sayuran kering. Hal ini bertujuan agar tubuh lebih cepat sigap untuk menjalani aktivitas.

artikel terkait: manfaat lotus

  1. Baik Untuk Diet

Bagi beberapa orang yang menjalani diet, mengkonsumsi sayuran kering dapat dilakukan. Meskipun mengkonsumsi sayuran kering dapat meningkatkan nafsu makan, namun serat dan juga lemak tak jenuh dalam sayuran kering dapat mencegah timbunan lemak dan mencegah peningkatan berat badan.

  1. Membantu Proses Penyembuhan Luka

Selain bagus untuk kulit, sayuran kering juga dapat membantu penyembuhan luka pada kulit, yang disebabkan karena lecet, luka bakar, memar dan beberapa luka lainnya.

artikel terkait: manfaat sayuran organik

  1. Meningkatkan Massa Otot

Apabila massa otot menurun, otot dapat menjadi lemah dan juga kurang bertenaga. Tidak hanya dengan olah raga, meningkatkan massa otot juga diperlukan suplai makanan. Mengkonsumsi sayuran kering juga dapat membantu meningkatkan massa otot sehingga ott tidak lesu dan tidak mudah lelah.

  1. Menjaga Kebugaran Tubuh

Meskipun bukan sayuran segar, namun sayuran kering juga mampu menjadikan tubuh segar dan bugar. Vitamin dan senyawa dalam sayuran kering dapat menjadikan tubuh sehat dan bugar.

artikel terkait: manfaat sayur pakis bagi kesehatan

  1. Mengurangi Stress dan Depresi

Sayuran kering tetap memiliki kandungan protein di dalamnya. Kandungan protein dalam sayuran kering ini dapat membantu mengurangi stress dan depresi bagi beberapa orang yang memiliki masalah dalam dirinya.

  1. Kekebalan Tubuh Meningkat

Tidak hanya dapat mengurangi depresi, kandungan protein dalam sayuran kering sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi sayuran kering, kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dan tubuh dapat terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang.

artikel terkait: 7 manfaat sayur asem untuk diet tanpa nasi

  1. Membantu Penyerapan Nutrisi Tubuh

Sayuran kering memiliki kandungan karbohidrat di dalamnya. Tidak hanya dapat membantu menambah energi saja, akan tetapi, karbohidrat dalam sayuran kering juga dapat membantu proses penyerapan nutrisi dalam tubuh agar tetap terserap dengan baik.

  1. Menjaga Kesehatan Rongga Hidung

Tidak hanya menjaga kesehatan mata, akan tetapi, kandungan vitamin A dalam sayuran kering juga memiliki manfaat lain. Salah satunya yakni sangat baik untu menjaga kesehatan hidung.

artikel terkait: 8 manfaat sayur genjer bagi tubuh

  1. Membantu Proses Regenerasi Sel

Sel tubuh selalu mengalami regenerasi agar sel yang rusak dapat digantikan dengan sel yang baru. Regenerasi sel dalam tubuh ini sangat berperan untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk mencegah terjadinya gangguan proses regenerasi sel, mengkonsumsi sayuran kering dapat membantu melancarkan proses regenerasi sel dalam tubuh.

Mengkonsumsi sayuran sangatah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya sayuran segar, tetapi mengkonsumsi sayuran kering juga dapat menjadikan tubuh sehat. Meskipun kandungan nutrisi di dalam sayuran kering tidak sebanyak di dalam sayuran segar, namun manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi sayuran kering tidak kalah dengan sayuran segar.

,
Post Date: Wednesday 10th, May 2017 / 00:12 Oleh :
Kategori : Sayuran