Sponsors Link

12 Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Kangkung atau yang memiliki nama latin ipomea aquatica pastinya sudah tidak asing lagi di telinga anda bukan? Kangkung memang sangat fenomenal di Indonesia karena keberadaannya sangat mudah ditemukan dan harganya tidak mahal alias sangat terjangkau. Tumis kangkung biasanya menjadi primadona bagi banyak orang karena rasanya yang khas dan sangat enak. Namun tahukah anda bahwa kangkung bukan hanya enak saja jika dimasak lho namun juga memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

artikel terkait:

Kangkung bisa dimasak dengan berbagai cara sesuai dengan selera masing-masing namun anda tetap bisa mendapatkan manfaat dari nutrisi dan gizi yang ada di dalamnya. mungkin masih banyak dari anda yang belum mengetahui apa saja manfaat dari sayur kangkung ini untuk kesehatan tubuh. nah, dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai manfaat dari sayur kangkung yang sangat baik bagi tubuh yang mungkin belum anda ketahui.

Manfaat sayur kangkung bagi kesehatan

Untuk mendapatkan manfaat dari kandungan gizi di dalam sayur kangkung, sebaiknya anda memasaknya terlebih dahulu dan jangan dikonsumsi secara mentah ya. hal ini sangat perlu diperhatikan karena kangkung yang belum dimasak justru bisa menganggu kesehatan. Berikut ini adalah beberapa kandungan gizi yang ada di dalam sayur kangkung.

  1. Mengatasi anemia

Jika ada yang berkata bahwa ketika memakan kangkung akan membuat anda ngantuk dan loyo maka itu tidaklah sepenuhnya benar. di dalam sayur kangkung terdapat kandungan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. tubuh memerlukan zat besi dalam kadar normalnya 2,5 mg dalam setiap gramnya. Zat besi ini sangatlah baik untuk tubuh guna proses pembentukan sel darah merah. Orang yang memiliki sel darah merah rendah atau biasanya juga disebut sebagai anemia akan merasakan tubuh yang lemas, lesu, lunglai, cepat pusing dan mual serta tubuh yang tidak bergairah. Jika kekurangan zat besi ini terjadi dalam jangka panjang maka bisa mengakibatkan komplikasi penyakit yang sangat berbahaya oleh tubuh.

Di dalam kangkung terdapat kandungan zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian anda. Oleh karena itu bagi anda yang memiliki masalah pada kekurangan sel darah merah atau anemia maka sebaiknya anda mengonsumsi sayur kangsung karena manfaatnya sangatlah bagus untuk kesehatan anda.

artikel terkait: manfaat kulit udang

  1. Obat tidur alami

Kualitas tidur juga berpengaruh pada kesehatan tubuh anda. Kualitas tidur yang baik akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan konsentrasi semakin tajam namun akan berbanding terbalik jika tubuh memiliki kualitas tidur yang buruk. Tidak jarang orang yang mengalami susah tidur atau yang juga disebut sebagai insomnia merasa stress dan depresi akibat tidak bisa tidur. Jika seseorang sudah sampai tahap stress dan depresi maka bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih berbahaya. Hal ini dikarenakan bukan hanya fisiknya saja yang perlu diobati namun juga kondisi psikisnya dan ini memerlukan cukup banyak waktu.

Nah, bagi anda yang sedang mengalami masalah susah tidur, maka anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi sayur kangkung. Sayur kangkung sendiri mengandung senyawa kimia yang memberikan efek tenang dan rileks pada tubuh. hal ini disebabkan karena pembuluh darah melebar saat tubuh makan sayur kangkung. Karena terjadi pelebaran pembuluh darah inilah kemudian aliran darah akan semakin lancar dalam pembuluh darah sehingga tubuh dan otak akan lebih rileks dan tenang. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi sayur kangkung ya.

artikel terkait: manfaat melon merah

  1. Sehat bagi mata

Siapa bilang hanya wortel dan papaya saja yang mengandung vitamin A tinggi, namun sayur kangkung juga masuk di dalamnya. sayur kangkung mengandung vitamin A atau betakaroten yang sangat baik untuk kesehatan mata. Bagi anda yang saat ini sudah mengalami masalah pada mata seperti mata minus, plus, silinder dan lainnya maka anda bisa mengonsumsi sayur kangkung sebagai terapi alami herbalnya. Dan bagi anda yang tidak memiliki masalah mata maka bisa melakukan pencegahan masalah mata dengan menggunakan sayur kangkung ini.

artikel terkait: manfaat kacang panjang untuk diet

sponsored links
  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Saat ini dimana zaman sudah semakin modern sangat rawan terjadinya penyakit akibat dari adanya polusi dan radikal bebas yang terjadi di bumi. Radikal bebas ini disinyalir bertanggung jawab dalam pertumbuhan sel-sel kanker dan tumor serta bibit penyakit lainnya yang berbahaya. Untuk membantu tubuh dalam melawan radikal bebas adalah dengan menggunakan vitamin C. sayur kangung termasuk dalam jenis makanan yang mengandung vitamin C cukup tinggi.  vitamin C ini dibutuhkan oleh tubuh dan dibuat menjadi anibodi alami bagi tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit.

artikel terkait: manfaat daun alang-alang

  1. Mengatasi sariawan

Masih berkutat pada manfaat dari vitamin C yang ada di dalam sayur kangkung. Jika anda mengalami sariawan, gusi berdarah atau masalah mulut lainnya mungkin anda akan enggan menggunakan obat karena akan terasa pedih di mulut. Namun santai saja karena saat ini terdapat sayur kangkung yang sangat baik untuk kesehatan mulut. Jika anda makan kangkung saat sariawan, kangkung tidak akan menimbulkan rasa sakit dan pedih sehingga anda bisa makan dengan nyaman dan juga tetap enak meskipun masih dsariawan.

artikel terkait: manfaat daun binahong untuk jantung

  1. Mencegah diabetes

Sayur kangkung yang sudah diekstrak juga bisa membantu mengatasi diabetes. Bagi anda yang sudah menderita penyakit diabetes dapat mengonsumsi ekstrak kangkung sebagai pendamping pengobatan medis yang anda ambil. jangan lupa untuk berkonsultasi dahulu ya dengan dokter anda apakah memang baik dan harus mengonsumsi ekstrak kangkung atau tidak karena ditakutkan terdapat obat medis yang tidak pas jika digunakan bersamaan dengan ekstrak sayur kangkung ini. bagi anda yang tidak menderita diabetes bisa mencegah dengan mengonsumsi ekstrak kangkung. Mencegah lebih baik dari pada mengobati dan ini memang benar adanya. Jadi jangan sungkan untuk melakukan pencegahan ya.

artikel terkait: manfaat daun sirsak untuk tomat

  1. Mengatasi mimisan

Mimisan merupakan proses keluarnya darah dari hidung. Ini disebabkan karena adanya pendarahan di dalam pembuluh darah sehingga keluar melalui hidung. Biasanya anak kecil kerap mengalami mimisan. Jika terjadi mimisan jangan panic dan coba untuk hentikan pendarahan dengan menutup cuping hidung namun ini harus dilakukan dengan benar karena jika tidak darah akan kembali ke dalam tubuh dan masuk ke dalam paru-paru dimana ini justru akan membuat hal yang sangat berbahaya bahkan kematian. Bagi anda yang memiliki anggota keluarga sering mengalami mimisan sebaiknya untuk belajar bagaimana cara mengatasi mimisan dengan benar yak arena ini sangatlah penting.

Selain itu anda bisa juga menggunakan sayur kangkung untuk membantu mengatasi mimisan. Caranya sangatlah mudah yaitu dengan menumbuk daun kangkung hingga halus kemudian rebus dengan gula jawa dan kemudian tunggu hingga mendidih. Setelah matang kemudian anda bisa saring dan langsung minum. Minumlah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

artikel terkait: manfaat goji berry

  1. Mengatasi kolesterol

Manfaat lainnya yang dapat anda dapatkan dari sayur kangkung adalah mampu menurunkan kolesterol tinggi. sayuran hijau termasuk kangkung memang dipercaya mampu menurunkan kolesterol secara ampuh dan alami. Menurut penelitian yang sudah dilakukan dengan mengonsumsi kangkung setiap hari dapat mengurangi kadar kolesterol serta trigliserida yang ada di dalam darah.

artikel terkait: manfaat peterseli

  1. Mengatasi penyakit kuning

Penyakit kuning merupakan penyakit yang berhubungan dengan gangguan fungsi hati. Hati yang tidak berfungsi dengan baik akan menimbulkan efek warna kuning di kulit sehingga orang awam menyebutnya dengan penyakit kuning. Sayur kangkung kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga organ hati. Jadi anda bisa mengonsumsi sayur kangkung dengan baik dan sehat setiap harinya.

artikel terkait: manfaat okra untuk kolesterol

  1. Mengatasi sembelit

Jika anda saat ini sedang mengalami gangguan pencernaan maka anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi sayur kangkung setiap hari. Sayur kangkung mengandung serat tinggi yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Saat pencernaan lancar maka membuat tubuh menjadi lebih sehat dan berat badan lebih terkontrol.

artikel terkait: manfaat vitamin C untuk kulit

  1. Mengatasi ambeien

Penyakit ambeien terjadi karena pecahnya pembuluh darah di bagian anus sehingga keluar darah dari anus. Hal ini tentu saja tidak akan mengenakan bagi para penderitanya. Untuk membantu mengatasi ambeien anda bisa menggunakan solusi herbal dari sayur kangkung. Selain sayurnya, anda juga bisa memanfaatkan akar kangkung. Cara membuatnya pun sangat mudah yaitu dengan merebus akar kangkung dengan gula jawa dan rebus hingga mendidih. Setelah matang kemudian tiriskan dan minum secara rutin sampai anus tidak mengeluarkan darah lagi.

artikel terkait: manfaat irigasi

  1. Mengatasi nyeri haid

Rasa nyeri kadang dirasakan oleh wanita yang sedang haid, untuk membantu mengatasinya anda bisa menggunakan sayur kangkung yang ditumbuk halus dan rebus dengan bahan herbal lainnya sepert kunyit dan asam. Ramuan ini sangatlah ampuh dan aman bagi anda yang sedang mengalami nyeri haid.

artikel terkit: manfaat jinten hitam untuk asam urat

Itulah 12 manfaat dari sayur kangkung yang bisa anda peroleh manfaat sepenuhnya bagi tubuh anda. Jangan lupa untuk selalu mencuci sayur kangkung dengan bersih sebelum mengolahnya yak arena jika kangkung kotor justru dapat membuat kesehatan tubuh terganggu. Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat bagi anda semua yang membaca. Terima kasih.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 17th, October 2016 / 22:52 Oleh :
Kategori : Sayuran