Sponsors Link

10 Manfaat Sayur Celery untuk Kesehatan

Sponsors Link

Celery (apium graveolens) adalah jenis sayuran yang awalnya terlalu populer dibandingkan sayuran-sayuran lain. Sayuran hijau yang kerap disebut saderi ini hampir mirip dengan seledri meski batang-batangnya lebih besar dan berbentuk rangup. Ia tumbuh secara berumpun dengan pelepah dan daun berwarna hijau dan bunga berwarna putih. Celery termasuk dalam keluarga apiacea khususnya dalam kelompok fennel, parsli, dill dan karot. Konon, sayuran ini sudah ditanam sejak dahulu kala dan digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pengobatan hingga sayuran wajib dalam diet. Ini berhubungan erat dengan berbagai kandungan baik yang dimiliki celery seperti berikut ini;

  • Antioksidan – Ini dapat menghindarkan konsumennya dari radikal bebas yang mengancam sistem imun tubuh.
  • Serat atau fiber – Selain mengandung air yang banyak, celeri juga mengandung kadar manfaat serat yang cukup. Dalam 100 gram celeri saja, terdapat 1,6 gram serat.
  • Vitamin dan mineral – Beberapa kandungan yang dimiliki celery di antaranya adalah manfaat vitamin A, C, K dan folat.
  • Pathalid –  untuk menghilangkan hormon stress.
  • Garam – Karenanya, konsumen sayuran ini disarankan meminimalkan kadar garam jika memasak makanan dengan menambahkan celery di dalamnya. Kandungan garam dalam celeri dapat mempertinggi daya tahan tubuh.
  • Flavanoid – yang berguna mencegah kanker
  • Sodium organis melimpah (4 X lipat lebih banyak dibanding kalsium) yang bermanfaat membersihkan sisa makanan dalam tubuh

Dari beberapa kandungan di atas, tak heran jika kemudian celeri memiliki banyak manfaat kesehatan. Ia pun semakin populer di masyarakat dengan angka penjualan yang juga tinggi. Beberapa manfaat yang ditawarkan celery di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Mencegah Kanker

Kandungan flavanoid bernama luteolin dipercaya para ahli memiliki sifat anti-kanker sehingga konsumsi sayuran ini dapat sangat membantu mengurangi resiko kanker, utamanya kanker pankreas dan kanker payudara.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Ekstrak biji celery memiliki kandungan normotensive dan deoxycorticosterone astetat yang diyakini memiliki sifat anti-hipertensi sehinga sayuran ini sangat cocok dikonsumsi mereka yang memiliki keluhan tekanan darah tinggi, utamanya jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

3. Mendukung Program Diet

Celeri memiliki kandungan kalori yang sangat sedikit. Sebatang celeri hanya mengandung 10 kalori. Ini membuatnya menjadi sayuran favorit mereka yang tengah menjalani diet.

4. Merawat Jantung

Kandungan pethalide dalam celery, selain meredakan stress, juga dapat memperlancar aliran darah ke jantung serta pasokan oksigen dengan tekanan normal. Ini begitu menyehatkan jantung dan kolesterol di dalamnya.

sponsored links

5. Menjaga Sistem Syaraf

Celery mengandung magnesium dan minyak pati yang sangat kaya sehingga memberi kelegaan pada sistem syaraf dan menjaga kinerjanya dalam posisi normal.

6. Mencegah Degenerasi Penglihatan

Vitamin A yang dimiliki celerty dapat membantu mencegah degenerasi penglihatan seiring bertambahnya umur ataupun gangguan-gangguan mata lainnya.

7. Menghindari Stress

Selain kandungan pathalide, kandungan lain dalam manfaat sayur celery yang meredakan dan menghindari stress adalah magnesium dan minyak pati. Kandungan-kandungan ini juga membuat celeri sebagai sayuran sehat untuk mereka yang suka tidur larut malam.

8. Mengatasi Sakit Sendi

Kandungan garam yang secara alami terdapat dalam sayuran ini (organik) dapat menyeimbangkan kadar cairan di dalam tubuh dan mengurangi radang sendi sehingga sangat baik dikonsumsi mereka yang memiliki gangguan sendi. Termasuk di antaranya manfaatnya juga adalah mengatasi kaki yang suka bengkak.

9. Membantu Sistem Pencernaan dan Pembuangan

Kandungan serat dalam celery dapat membantu sistem pencernaan dan melancarkan pembuangan karena kandungan air dan fibernya yang sangat tinggi. Ini menjadikan celery banyak diandalkan mereka yang memiliki gangguan kesehatan berupa sembelit. Tak hanya itu, kandungan sodium dalam celery juga berguna mengeluarkan sisa-sisa makanan gula, kanji, kue-kue, makanan yang berkabohidrat pekat dan roti putih. Sisa-sisa yang mengeras dan menumpuh tersebut kemudian dihancurkan oleh celeri dan dikeluarkan dari tubuh.

10. Menghilangkan Kolesterol Jahat

Diyakini, mengkonsumsi dua batang celery tiap hari dapat menghilangkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Karena itu, sayuran ini sangat disarankan bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol di atas batas normal.

Beberapa kandungan dan manfaat sayur celery tentu cukup menggoda Anda untuk segera mengkonsumsi sayuran ini. Untuk memaksimalkan manfaatnya dan memberikan variasi rasa, Anda bisa mengonsumsinya dengan berbagai cara. Anda bisa mengonsumsinya dalam keadaan mentah, membuat jus celery, mencampurkan celery dalam sup tulang, sup ayam, mencampurnya dengan sayuran lain dalam salad atau masakan berbahan dasar sayuran lain.

Selain itu, Anda juga disarankan mengonsumsi celery dari pohon sebab celery yang dijual di pasar umumnya telah dipotong daunnya demi memberi kesan segar. Jika Anda dapat mengambil celery langsung dari pohonnya, Anda dapat memanfaatkan dan mengonsumsi berbagai bagiannya mulai dari daun, ubi, akar hingga bijinya. Karena itu, pertimbangkan juga untuk menanam sayuran ini di kebun herbal pekarangan Anda.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 15th, January 2016 / 09:29 Oleh :
Kategori : Sayuran