Sponsors Link

11 Manfaat Sayur Brokoli Pada Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk mengkonsumsi sayur dan lauk pauk secara seimbang. Sayur sayuran memiliki manfaat yang beragam sesuai dengan jenis sayur. Setiap sayur memiliki fungsinya masing masing sesuai dengan kandungan yang ada di dalamnya. Salah satu jenis sayur yang memiliki kandungan dan sangat bermanfaat bagi tubuh adalah brokoli.

artikel terkait:

Sayuran berwarna hijau yang memiliki bentuk seperti kol ini memang tidak memiliki rasa yang begitu sedap seperti sayuran pada umumnya, sehingga banyak anak yang kurang menyukai brokoli. Namun , dibalik rasanya yang kurang disukai oleh anak anak, brokoli memiliki kandungan gizi yang melimpah dan baik untuk kesehatan tubuh. Brokoli mengandung vitamin A, B, C, D dan vitamin K, Kalsium, Zat Besi, serat, antioksidan dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh. Berikut ini manfaat sayur brokoli bagi kesehatan tubuh :

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Brokoli mengandung lutein karotenoid yang tinggi sehingga dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit katarak dan makula. Selain lutein karotenoid, brokoli juga mengandung vitamin A yang memang terkenal untuk menjaga kesehatan retina mata. Oleh karena itu, mengkonsumsi brokoli dapat menjaga kesehatan mata dan menjaga ketajaman penglihatan.

artikel terkait: manfaat sayu kailan

  1. Mengontrol Kolesterol

Mengkonsumsi brokoli yang dimasak dengan direbus memiliki efek yang baik untuk kesehatan jantung dan dapat menghindarkan dari gejala sakit jantung. Kandungan serat yang ada dalam brokoli mampu mengatasi masalah menumpuknya koleterol dalam tubuh. Sehingga aliran darah menjadi lancar dan terhindar dari penyakit jantung.

artikel terkait: manfaat lotus

  1. Menjaga Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang ada dalam brokoli membantu sistem pencernaan untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Serat yang ada dalam brokoli dapat mencegah sembelit. Selain itu, brokoli juga mengandung sulforaphane yang dapat meningkatkan produksi enzim pada hati. Enzim yang diproduksi oleh hati yang dipengaruhi oleh sulfarophane ini dapat mengeluarkan zat penyebab gejala kanker. Tidak hanya itu, sulfarophane juga dapat mengurangi resiko masalah pencernaan seperti maag dan infeksi lambung.

artikel terkait: manfaat sayuran organik

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Konsumsi brokoli dapat membantu untuk menjaga tenakanan darah. Kandungan kalium dan magnesium yang terdapat dalam brokoli telah diketahui dapat mengontrol tekanan darah tinggi. Untuk itu, bagi penderita gangguan tekanan dapat tinggi, dapat mengkonsumsi agar tekanan darah menjadi normal dan terhindar dari tekanan darah tinggi.

artikel terkait: manfaat sayur pakis bagi kesehatan

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain baik untuk kesehatan, brokoli ini ternyata juga baik dapat menjaga kesehatan kulit. Senyawa glucoraphanin dalam brokoli dapat membantu kulit memperbaiki kulit rusak yang disebabkan sinar matahari atau proses penuaan. Vitamin E yang terkandung dalam brokoli bagus untuk mempercpat proses regeneras sel kulit mati.

artikel terkait: 7 manfaat sayur asem untuk diet tanpa nasi

  1. Mengurangi Berat Badan

Manfaat sayur brokoli merupakan salah satu sayur yang memiliki kandungan kaya akan serat. Kandungan serat dalam brokoli mampu membuat perut menjadi terasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat membantu dalam proses diet atau penurunan berat badan. Meskipun rasa dari brokoli ini kurang begitu enak, namun efek yang diberikan untuk mengurangi berat badan sangat bermanfaat bagi yang mengalami masalah berat badan.

artikel terkait: 8 manfaat sayur genjer bagi tubuh

  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Biasanya sayuran hanya menjaga kesehatan seputar pencernaan dan kebugaran tubuh. Namun, brokoli ternyata juga memiliki kandungan kalsium yang dapat menjaga kesehatan gigi dan tulang. Selain kalsium, brokoli juga mengandung vitamin K yang dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Untuk itu, bagi yang mengalami masalah tulang dan gigi, bisa mnecoba mengkonsumsi brokoli setiap hari agar mendapatkan gigi dan tulang yang sehat.

artikel terkait: manfaat sayur-sayuran

  1. Mencegah terjadinya Depresi

Depresi bisa dialami oleh siapa saja dan dapat mengakibatkan perasaan yang tidak tenang pada penderitanya. Depresi biasanya terjadi karena adanya tekanan pikiran yang berat atau memendam perasaan yang begitu berat. Banyak yang mengatakan bahwa orang yang mengalami stress atau gangguan pikiran ringan, dapat dihilangkan dengan mengkonsumsi coklat. Namun ternyata, brokoli juga dapat berfungsi seperti coklat karena memiliki kandungan asam folat dan vitamin B. Kandungan asam folat dan juga vitamin B dapat memperbaiki suasana hati dan mencegah terjadinya depresi. Untuk itu, bagi yang memiliki masalah tekanan batin, kelelahan dan daya ingat yang buruk akibat suasana hati yang tidak stabil, dapat diatasi dengan mengkonsumsi brokoli.

artikel terkait: manfaat leunca

sponsored links
  1. Mencegah Kanker

Kandungan fitokimia yang bernama indole dan isothiocynate memiliki sifat antikanker. Sifat anti kanker yang dimiliki oleh brokoli ini berfungsi  untuk mencegah terjadiya masalah kanker kandung kemih, kanker payudara, usus besar dan kanker ovarium.

artikel terkait: manfaat kangkung untuk diet

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam brokoli dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dan antioksidan ini mamlpu melawan infeksi, dan melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri. Selain meningkatkan kekebalan tubuh, brokoli memiliki kandungan lain yang dapat bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Kandungan tersebut adalah fitonutrien, fitokimia dan termasuk juga sulfarophane. Dengan begitu, tubuh menjadi memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik. Hal ini dapat membantu memerkua ketahanan fisik agar tubuh tidak mudah terjangkit penyakit.

artikel terkait: manfaat labu putih

  1. Meningkatkan Kecerdasan Menjaga Kesehatan Saraf Pusat

Tidak hanya ikan laut yang dipercaya mengandung omega 3 yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan. Namun sayuran juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan hampir sama seperti ikan laut pada umumnya. Brokoli ternyata juga memiliki kandungan  asam lemak omega 3 yang dapat menstimulasi perembangan otak. Anak yang mengkonsumsi omega 3 dipercaya dapat menjadi anak yang cerdas. Selain itu, brokoli juag mengandung kalium dan magnesium dalam kadar yang tinggi. Sehingga brokoli dapat membangun otot, tidak hanya otak.

artikel terkait: manfaat vitamin B6

Seperti sayuran pada umumnya, brokoli mengandung banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun juga harus diperhatikan cara pengolahan brokoli agar kandungan didalamnya tidak terbuang sia sia ketika dalam proses dimasak.

Tips agar Kandungan Brokoli tetap terjaga

Agar mendapatkan hasil yang optimal dari mengkonsumsi brokoli, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

  1. Jangan memasak brokoli dengan cara dimasak. Karena kandungan minyak goreng malah dapat menimbulkan kolesterol.
  2. Usahakan agar tidak memasak sayuran seperti brokoli terlalu lama. Merebus sayur dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan kandungan alami dalam brokoli terbuang.
  3. Usahakan agar brokoli tidak terlalu lama berada di dalam kulkas. Segera olah brokoli yang setelah membelinya.

Pengolahan sayur secara tepat dapat memiliki manfaat yang sangat besar. Untuk itu, selalu konsumsi sayur sejak dini dan ajarkan kepada anak anak agar terbiasa makan sayur dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 22nd, August 2016 / 05:25 Oleh :
Kategori : Sayuran