Sponsors Link

20 Manfaat Sayur Bening untuk KesehatanTubuh

Sponsors Link

Sayur merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Berbagai sayuran dapat diolah menjadi sayur yang beragam. Salah satu sayur yang sering menjadi menu harian yakni sayur bening. Kuah sayur yang tetap bening dan tidak mengandung banyak rempah dan keruh menjadikan sayur ini dimakan sayur bening. Selain murah meriah dan sayuran yang digunakan tidak terlalu susah dicari, seperti bayam, jagung manis, kacang panjang, dan wortel. Cara membuatnya yang mudah dan tidak ribet menjadi bisa jadi menjadi salah satu alasan ibu-ibu rumah tangga untuk sering menyajikan menu sayur bening untuk keluarga. Meskipun memasaknya hanya sederana dan tidak membutuhkan banyak rempah, ternyata kandungan gizi di dalam sayur bening ini tidak kalah dengan sayuran dengan banyak rempah lainnya.

ads

artikel terkait:

Kandungan Dalam Sayur Bening

Sayur bening memang terlihat sangat sederhana. Warna kuahnya yang bening dan tidak banyak jenis sayuran yang digunakan untuk memasaknya membuat sayur bening terlihat sangat sederhana. Namun jangan salah, meskipun terlihat sederhana, sayur bening memiliki berbagai kandungan gizi di dalamnya yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam sayur bening diantaranya, Vitamin A, vitamin C, vitamin K, protein, asam oksalat, serat, potassium, beta karoten, kalium, magnesium dan natrium. Tidak hanya beberapa kandungan tersebut, namun masih banyak lagi kandungan gizi dalam sayur bening sesuai dengan jenis sayuran yang digunakan sebagai bahan untuk membuat sayur bening tersebut.

artikel terkait: manfaat daun anggur

Manfaat Mengkonsumsi Sayur Bening

Mengkonsumsi sayur sudah menjadi kebiasaan dan banyak dimanfaatkan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan. Mengkonsumsi sayur bening yang memiliki berbagai nutrisi di dalamnya, memang dapat menjadikan tubuh sehat dan memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, diantaranya:

  1. Menurunkan Berat Badan

Sayur pada umumnya mengandung serat, seperti sayuran dalam sayur bening. Selain serat, sayur bening juga memiliki kandungan potassium di dalamnya. Serat sangat baik untuk melancarkan pencernaan sedangkan potassium sangat baik digunakan untuk program diet. Kedua kandungan dalam sayur bening ini sangat baik untuk menurunkan berat badan dan juga menjaga bera badan agar tetap stabil.

artikel terkait: manfaat daun ginseng

  1. Menstabilkan Tekanan Darah

Memiliki tekanan darah yang terlalu tinggi dan terlalu rendah tentunya kurang baik untuk kesehatan. Untuk menyeimbangkan tekanan darah agar tetap stabil, mengkonsumsi sayur bening dapat dijadikan salah satu alternatif cara menstabilkan tekanan darah menjadi normal. Kandungan potassium dalam sayur bening tidak hanya dapat membantu menurunkan tekanan darah, akan tetapi juga dapat membantu menstabilkan tekanan darah.

artikel terkait: 8 manfaat oyong untuk kesehatan tubuh

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Membuat sayur bening biasanya juga menggunakan sayuran seperti wortel yang memiliki kandungan vitamin A di dalamnya. Vitamin A ini sangatlah berguna untuk menjaga kesehatan mata agar tidak rabun maupun terkena gangguan kesehatan mata lain seperti miopi, silindris dan beberapa gangguan kesehatan mata lainnya.

ads
  1. Mencegah Anemia

Anemia disebabkan karena kekurangan sel darah merah. Untuk membantu produksi sel darah merah diperlukan asupan gizi seperti folat. Folat, seperti yang terkandung salam sayur bening dapat membantu produksi sel darah merah. Sehingga beberapa penderita anemia yang mengkonsumsi sayur yang mengandung folat, produksi sel darah merah dapat meningkat dan terhindar dari gangguan anemia.

artikel terkait: manfaat bunga kecombrang

  1. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Tidak hanya dapat mencegah anemia, kandungan folat dalam sayur bening juga dapat membantu menyuburkan rahim wanita, sehingga wanita akan terhindar dari kemandulan.

artikel terkait: manfaat air bambu

  1. Mencegah Tubuh Kekurangan Cairan

Cairan tubuh sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tubuh agar konsentrasi tetap terjaga. Mengkonsumsi beberapa jenis sayuran seperti yang terkandung dalam sayur bening dapat membantu menjaga cairan tubuh yang telah hilang menjadi normal kembali.

  1. Menjaga Kelembapan Kulit

Kulit sehat bersinar sangatlah diinginkan oleh kebanyakan orang, terlebih wanita. Mengkonsumsi sayur seperti sayur bening sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap lembab. Hal ini disebabkan karena di dalam sayur bening terdapat berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, dan vitamin C serta beberapa sayuran yang memiliki kadar air yang tinggi.

artikel terkait: manfaat crystal-x

  1. Mencegah Pendarahan Pada Hati

Kandungan vitamin K pada sayur bening sangat bermanfaat untuk tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan hati. Vitamin K dapat membantu menekan pendarahan pada hati akibat mengkonsumsi antibiotik terlalu banyak.

  1. Melancarkan Produksi ASI

Terdapat beberapa ibu-ibu yang setelah melahirkan memiliki masalah dengan ASI nya. Beberapa mengalami produksi ASI yang kurang lancar. Kurang lancarnya produksi ASI ini bisa disebabkan karena kurangnya sang ibu mengkonsumsi sayuran seperti bayam dan daun katup serta beberapa jenis sayuran daun lainnya. Untuk mengolah beberapa jenis sayur daun tersebut, dapat diolah menjadi sayur bening, yang selain mudah dan cepat memasaknya, juga dapat membantu melancarkan produksi ASI ibu yang sedang menyusui.

artikel terkait: manfaat jipang untuk hipertensi

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Tidak seperti sayur yang dimasak dengan santan, sayur bening lebih baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan serat dan tidak tercampur santan yang mengandung kolesterol, sangat baik untuk usus dalam proses penyerapan sari makanan dan dapat melancarkan buang air besar.

  1. Membantu Perkembangan Otak

Asam folat yang terkandung dalam sayur bening tidak hanya baik untuk membantu produksi sel darah merah. Akan tetapi juga dapat membantu perkembangan otak, bahkan sejak dalam kandungan hingga masa pertumbuhan anak.

artikel terkait: manfaat K-brothers soap

  1. Mengurangi Risiko Terkena Diabetes

Berbagai kandungan sehat yang terdapat dalam sayur bening, dapat membantu mengurangi risiko diabetes dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Tidak hanya menurunkan kadar gula darah, bahkan sayur bening juga dapat membantu melumpuhkan penyakit diabetes dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Imunitas

Vitamin C sangatlah penting untuk menjaga imunitas tubuh. Kebutuhan vitamin C dalam tubuh yang terpenuhi, akan membuat tubuh lebih kuat dan terhindar dari barbagai penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan virus dan juga bakteri seperti flu dan beberapa penyakit lainnya.

artikel terkait: manfaat vitamin A

  1. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Sayur bayam memiliki kandungan vitamin, seperti vitamin C di dalamnya. Tidak hanya dapat meningkatkan imunitas tubuh, vitamin C dalam sayur bening dapat membantu suplai vitamin C dalam tubuh untuk jantung agar tetap normal. Sehingga dapat terhindar dari jantung koroner.

  1. Menguatkan Gigi

Jenis sayuran yang dapat digunakan untuk membuat sayur bening sangat beragam. oleh karena itu kandungan dalam sayur bayam juga sangat beragam. Tidak hanya kalium, tetapi sayur bening juga memiliki kandungan kalsium yang dapat menjaga kesehatan gigi.

artikel terkait: manfaat teh hijau

  1. Menguatkan Tulang

Seperti yang banyak diketahui, bahwa kandungan kalsium  sangatlah baik untuk menjaga kesehatan tulang agar tidak terkena osteoporosis. Sayur bening bisa juga mengandung kalsium, tergantung sayuran apa yang digunakan untuk membuat sayur bening.

artikel terkait: manfaat daun kacang panjang

  1. Mengurangi Depresi

Sayur bayam memiliki kandungan protein di dalamnya. Kandungan protein dalam sayur bayam dapat membantu mengurangi depresi akibat kelelahan maupun tekanan pekerjaan.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Tidak hanya dapat mengurangi depresi, kandungan protein yang terkandung dalam sayur bening juga dapat membantu meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh dapat menjadi lebih sehat.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Meskipun sederhana, sayur bening memiliki manfaat yang luar biasa, termasuk untuk mencegah terjadinya perkembangan sel kanker dalam tubuh. Kandungan vitamin K dalam sayur bening dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat detoksifikasi

  1. Sumber Tenaga

Selain berbagai manfaatnya yang telah disebutkan, protein dalam sayur bening juga dapat menjadi sumber tenaga bagi tubuh.

artikel terkait: manfaat air kangen water

Cara membuat sayur bening yang mudah dan bahannya yang relatif murah, menjadikan banyak ibu-ibu yang menjadikan sayur bening sebagai menu yang sering dihidangkan. Meskipun cukup sederhana, sayur bening memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 26th, April 2017 / 01:25 Oleh :
Kategori : Makanan