Sponsors Link

4 Manfaat Sambiloto Untuk Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

Sambiloto (Andrographis paniculata) adalah sejenis tanaman dengan tinggi mencapai 1 meter dan memiliki rasa yang sangat pahit. Oleh karena itu sambiloto juga disebut sebagai king of bitter di Inggris. Sejak dulu sambiloto banyak ditanam dan dibudidayakan karena terkenal sebagai tanaman obat tradisional untuk mengobati penyakit demam, sakit perut, dan peradangan. Selain itu sambiloto juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Manfaat daun sambiloto secara lengkap dapat dibaca pada artikel sebelumnya. Artikel kali ini akan membahas tentang manfaat sambiloto untuk mengobati penyakit asam urat.

ads

Artikel terkait:

Asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh penumpukan purin didalam tubuh, khususnya di daerah persendian kaki. Purin merupakan senyawa hasil metabolisme tubuh dan mudah ditemukan pada hewan atau tumbuhan. Oleh karena itu penderita asam urat harus menghindari mengonsumsi zat makanan yang mengandung purin yang tinggi seperti daging-dagingan, seafood, kacang –kacangan khususnya melinjo, buah seperti durian dan nanas.

Artikel terkait:

Pengobatan asam urat dengan memanfaatkan sambiloto tidak lepas dari kandungan kimiawi dari tanaman tersebut. Beberapa kandungan sambiloto dan khasiatnya antara lain:

  1. Anti inflamasi/ anti radang

Sebagaimana kita ketahui, penyakit asam urat disebabkan adanya penumpukan purin pada persendian, sering terjadi di persendian kaki. Penumpukan ini akan direspon tubuh dengan membentuk peradangan. Oleh karena itu biasanya kaki penderita asam urat akan membengkak, merah, dan terasa terbakar. Kondisi ini dapat diredakan dengan konsumsi sambiloto yang mengandung andrographolide yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Konsumsi secara teratur dapat meredakan sakit dan pembengkakan pada daerah penumpukan asam urat. Bahan makanan lain yang berperan sebagai anti inflamasi antara lain jahe dan kunyit.

Artikel terkait:

  1. Antioksidan

Peradangan yang disebabkan oleh penyakit asam urat dapat merusak jaringan disekitarnya. Untuk mencegah hal ini dapat mengonsumsi sambilota yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Manfaat antioksidan dalam sambiloto yaitu mengikat radikal bebas yang dapat merusak sel sel dan jaringan. Sumber antioksidan yang lain juga dapat ditemukan pada buah buahan yang berwarna kemerahan seperti strawberry dan tomat.

Artikel terkait:

Sponsors Link

  1. Kandungan Kalium

Sambiloto memiliki kandungan kalium dan mineral lain yang dibutuhkan tubuh. Kalium penting untuk kesehatan sendi, otot, juga hubungan saraf dalam tubuh. Apabila tubuh kekurangan kalium maka badan terasa kaku dan mudah terkena penyakit sendi seperti asam urat. Buah dan sayur lain yang juga memiliki kandungan kalium adalah

Artikel terkait:

  1. Imunomodulator

Sambiloto dapat berkerja sebagai imunomodulator. Imunomodulator artinya bahan bahan yang dapat menjaga dan menyeimbangkan fungsi sistem imun tubuh. Saat tubuh terkena infeksi atau sakit, maka imun tubuh akan bekerja lebih keras. Sambiloto dapat meningkatkan kemampuan imunitas tubuh, sehingga badan tidak mudah sakit.

Cara konsumsi sambiloto untuk mengobati asam urat dilakukan dengan cara mengeringkan daun sambiloto. Ambil 10 gram sambiloto lalu direbus bersama air putih sebanyak 5 gelas. Rebus hingga air rebusannya menjadi 3 gelas lalu minum sehari tiga kali, di waktu pagi, siang, dan sore.

Konsumsi sambiloto sebagai obat asam urat harus diimbangi dengan langkah langkah pencegahan seperti:

  • Menghindari makan makanan mengandung purin tinggi
  • Menjaga kesehatan tulang dan sendi
  • Berolahraga secara teratur

Demikian artikel manfaat sambiloto untuk asam urat. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 21st, October 2016 / 08:00 Oleh :
Kategori : Tumbuhan