20 Manfaat Salad Sayur untuk Kesehatan dan Kecantikan

Salad merupakan jenis makanan yang sangat praktis dibuat namun kaya akan manfaat. Makanan ini dibuat dengan mencampurkan berbagai jenis buah dan sayuran (yang sebagian dalam kondisi mentah) serta menambahkan bumbu atau saus untuk menambah cita rasanya. Karena dikonsumsi mentah kandungan nutrisi pada sayur-sayuran dan buah-buahan ini masih terjaga sehingga kita mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Artikel terkait: manfaat buah buahan – manfaat sayur sayuran

Kita bebas memasukkan berbagai jenis buah dan sayuran ke dalam salad sesuai selera. Ada salad khusus buah yang disebut juga salad buah, salad khusus sayuran yang disebut salad sayuran, atau campuran keduanya. Dibandingkan salad sayur tentu salad buah memiliki cita rasa yang lebih menarik karena buah-buahan dominan memiliki rasa yang lebih manis daripada sayuran. Sehingga terkadang orang-orang mencampurkan satu atau beberapa jenis buah ke dalam salad sayur untuk menambah cita rasanya.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan memasukkan salad sayur ke dalam daftar menu harian, diantaranya:

  1. Menurunkan kadar kolesterol

    Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh seseorang dianggap sebagai sumber timbulnya berbagai penyakit berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan. Dengan rajin mengonsumsi salad sayur yang berisi berbagai jenis sayuran seperti kubis, wortel, seledri, tomat, dan buncis akan sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

    Artikel terkait: manfaat daun sirsak untuk kolesterol

  2. Mencegah kanker

    Sayur-sayuran dalam salad sayur mengandung berbagai vitamin dan mineral serta kaya akan antioksidan alami sehingga sangat baik dalam mencegah timbulnya penyakit kanker.

    Artikel terkait: 25 manfaat daun binahong

  3. Mencegah berbagai penyakit berbahaya

    Selain kanker berbagai penyakit berbahaya lain seperti alzheimer dan disfungsi kekebalan tubuh juga dapat dicegah dengan rajin mengonsumsi salad sayur yang mengandung antioksidan tinggi setiap hari.

    Artikel terkait: manfaat kacang panjang

  4. Mencegah penuaan dini

    Timbulnya gejala-gejala penuaan dini seperti kerutan di wajah merupakan hal yang sangat dihindari terutama oleh kaum wanita. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan rajin mengonsumsi salad sayur yang berisi berbagai macam sayuran yang mengandung antioksidan tinggi yang sangat baik untuk mencegah penuaan dini.

    Artikel terkait: 42 manfaat kulit manggis bagi kesehatan 


  5. Melancarkan pencernaan

    Berbagai jenis sayuran pada salad sayur terkenal kaya akan serat sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

    Artikel terkait: 12 manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan

  6. Mencegah timbulnya sembelit

    Kandungan serat pada salad sayur juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya sembelit atau sulit buang air besar karena feses yang mengeras. Serat pada sayuran dapat membantu mengikat air sehingga feses menjadi lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan dan anda pun terbebas dari masalah sembelit.

    Artikel terkait: manfaat yakult

  7. Mencegah diare

    Kebalikan dari sembelit diare justru suatu kondisi dimana feses menjadi terlalu cair dan frekuensi buang air besar menjadi lebih sering. Jika dibiarkan akan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan dehidrasi. Diare juga dapat diatasi dengan mengonsumsi salad sayur. Namun harus diperhatikan jenis sayuran yang dicampurkan dalam salad karena ada beberapa jenis sayuran yang justru harus dihindari saat diare. Beberapa jenis sayuran seperti wortel dan kentang sangat baik penderita diare.

    Artikel terkait: manfaat daun jambu biji

  8. Menyehatkan usus

    Usus merupakan salah satu organ pencernaan yang berperan penting dalam penyerapan sari-sari makanan. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan usus. Salah satunya dengan rajin mengonsumsi salad yang berisi berbagai macam sayuran yang baik bagi usus seperti brokoli, kangkung, dan bayam.

    Artikel terkait: manfaat buah naga

  9. Aman bagi lambung

    Selain usus organ pencernaan lain yang juga berperan penting dalam kelancaran proses pencernaan adalah lambung. Dengan rajin mengonsumsi salad sayur yang berisi beragam sayuran akan membuat lambung anda lebih sehat dan terhindar dari penyakit maag.

    Artikel terkait: manfaat pepaya untuk asam lambung

  10. Memelihara kesehatan mata

    Kubis hijau dan bayam juga memiliki kandungan vitamin A sehingga sangat baik untuk kesehatan mata. Dengan rajin mengonsumsi salad sayur yang berisi beragam sayuran seperti wortel, kubis hijau, dan bayam akan membuat mata lebih sehat.

    Artikel terkait: manfaat wortel

  11. Meningkatkan metabolisme

    Sayur-sayuran pada salad sayur yang kaya serat juga sangat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori dalam tubuh menjadi optimal. Hal ini menjadikan tubuh lebih berenergi dan fit serta terhindar dari penumpukan kalori dalam tubuh.

    Artikel terkait: manfaat serat

  12. Membantu program diet

    Dengan metabolisme yang baik akan sangat berpengaruh pada keberhasilan program diet. Seluruh kalori yang masuk ke tubuh dapat dibakar dan diserap dengan baik. Selain itu serat pada sayuran juga sangat baik untuk membuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga terhindar dari konsumsi makanan yang berlebihan.

    Artikel terkait: manfaat beras merah

  13. Menyehatkan jantung

    Beberapa jenis sayuran seperti selada, bayam, sawi, lobak, swiss chard, brokoli, kale, dan lain sebagainya sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan menambahkan sayur-sayuran ini ke dalam menu salad sayur anda akan membuat jantung anda lebih sehat.

    Artikel terkait: manfaat buah melon

  14. Memelihara kesehatan tulang

    Salad sayur juga sangat baik untuk menunjang kesehatan tulang sehingga anda terhindar dari berbagai masalah tulang seperti osteoporosis. Terutama dengan memasukkan kubis hijau dan bayam ke dalam isi salad sayur anda yang terkenal sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang.

    Artikel terkait: manfaat susu

  15. Menjaga daya tahan tubuh

    Rajin mengonsumsi salad sayur juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tubuh lebih kuat dan kebal terhadap serangan berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit.

    Artikel terkait: manfaat berenang

  16. Meningkatkan stamina tubuh

    Selain baik bagi daya tahan tubuh salad sayur juga baik untuk memelihara dan meningkatkan stamina tubuh sehingga tubuh lebih berenergi dan tidak mudah lelah.

    Artikel terkait: manfaat madu

  17. Mencegah timbulnya peradangan

    Peradangan merupakan hal yang normal dan alami sebagai bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap bahaya yang menyerang. Seperti timbulnya rasa nyeri atau kulit yang memerah. Namun jika peradangan terjadi secara berlebihan akan sangat berbahaya dan dapat merusak tubuh. Mengonsumsi berbagai jenis sayuran hijau pada salad sayur dapat membantu mengatasi peradangan.

    Artikel terkait: 12 manfaat daun cincau untuk pengobatan dan kesehatan 


  18. Menjadikan kulit lebih sehat

    Berbagai jenis sayuran pada salad sayur mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik utnuk kesehatan kulit. Seperti vitamin E yang dapat mengatasi keriput dan menghilangkan flek-flek hitam pada kulit.

    Artikel terkait: manfaat nourish skin

  19. Menjaga kesehatan rongga mulut

    Mengonsumsi salad sayur juga sangat baik untuk kesehatan rongga mulut. Kandungan berbagai vitamin pada sayuran dapat mendukung kesehatan mulut. Contohnya vitamin C yang banyak terdapat pada paprika dan brokoli yang sangat baik untuk kesehatan gusi.

    Artikel terkait: manfaat air garam untuk mulut

  20. Meningkatkan kesuburan

    Rajin mengonsumsi salad sayur juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan sehingga mempermudah dan mempercepat terjadinya proses kehamilan.

    Artikel terkait: manfaat kecambah untuk kesuburan

Berbagai manfaat di atas bisa kita dapatkan dengan rajin mengonsumsi salad sayur. Tentunya dengan tetap memperhatikan kebersihan sayuran yang akan dikonsumsi. Karena seperti yang kita ketahui sebagian sayuran pada salad sayur tidak mengalami proses pemasakan atau dimakan mentah sehingga proses pencuciannya harus benar-benar bersih.

, , ,
Post Date: Friday 14th, April 2017 / 23:25 Oleh :
Kategori : Makanan