Sponsors Link

8 Manfaat Sahur saat Puasa

Sponsors Link

Pada bulan ramadhan seperti sekarang ini tentu kita sangat akrab dengan istilah sahur dan berbuka. Dimana umat islam berpuasa sebulan penuh yang setiap harinya diawali dengan sahur pada dini hari, diteruskan berpuasa seharian penuh, dan berbuka ketika waktu maghrib telah tiba atau saat matahari tenggelam. Bagi yang tidak terbiasa, makan pada saat sahur memang terasa sangat berat. Di saat tidur sedang lelap-lelapnya kita harus bangun dan makan pada jam yang tidak ‘normal’.

ads

Begitu beratnya sehingga ada juga yang lebih memilih tidak makan sahur dan meneruskan tidurnya. Meskipun makan sahur tidak wajib dilakukan namun hal ini sangat penting dan dianjurkan baik oleh agama maupun ilmu kesehatan karena ada begitu banyak manfaat di dalamnya. Terbukti dalam haditsnya Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan sahur meskipun hanya seteguk air.

Baca juga:

Berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari makan sahur:

1. Kesempatan untuk melakukan sunnah nabi

Ya, meskipun bukan syarat sah puasa ataupun kewajiban namun sahur sangat dianjurkan dan termasuk sunnah puasa yang jika dikerjakan akan mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT. Apalagi di saat bulan ramadahan dimana semua amalan dilipatgandakan kebaikannya sehingga sahur sebagai sunnah puasa sangat dianjurkan.

2. Menambah kekuatan untuk berpuasa

Tidak makan dan minum selama seharian penuh tentu memerlukan persiapan stamina dan energi yang mencukupi sehingga kita dapat melaksanakan puasa dengan baik. Makan sahur yang kita lakukan merupakan bentuk persiapan energi dan stamina sehingga esok harinya kita dapat berpuasa dan beraktivitas dengan baik.

Baca juga: manfaat teh manis hangat bagi tubuh – manfaat sarapan pagi

3. Memberikan kesempatan untuk beribadah

Makan sahur biasanya dilakukan pada sepertiga malam terakhir hingga mendekati waktu subuh. Seperti yang diketahui waktu sepertiga malam terakhir ini merupakan waktu yang sangat dianjurkan untuk beribadah, berdoa, dan berzikir kepada Allah SWT. Apalagi pada bulan ramadahan dimana ibadah-ibadah malam sangat dianjurkan. Dengan melaksanan makan sahur kita juga berkesempatan untuk beribadah seperti melakukan sholat malam, berzikir, dan membaca Alqur’an sambil menunggu masuknya waktu subuh.

Baca juga: manfaat sholat – 10 manfaat dan keutamaan sholat tahajud

4. Membuka kesempatan untuk bersedekah

Seperti yang diketahui tidak semua orang berada dalam kondisi berkecukupan sehingga terkadang untuk membeli makanan sahur pun tidak mampu. Ini dapat menjadi kesempatan bagi orang yang lebih mampu untuk bersedekah seperti dengan menyediakan makan sahur bagi orang-orang yang tidak mampu.

Baca juga: manfaat sedekah

Sponsors Link

5. Memberikan kesempatan untuk berniat bagi yang belum sempat melakukannya

Niat merupakan rukun puasa yang mesti dilakukan sebelum mulai berpuasa agar puasa seseorang sah. Biasanya dilakukan pada malam hari setelah sholat tarawih atau sebelum tidur. Tanpa niat maka tidak sah puasa seseorang. Nah, jika anda lupa berniat puasa pada malam harinya maka sahur merupakan waktu yang tepat untuk berniat.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Menurut ahli kesehatan makan sahur juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh memiliki proteksi tinggi terhadap serangan berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit. Karena seperti yang diketahui ada begitu banyak bakteri dan virus penyebab penyakit di sekitar kita yang tidak mungkin dihindari atau dibasmi 100%. Yang bisa kita lakukan hanyalah meningkatkan kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai infeksi virus dan bakteri.

Baca juga: manfaat madu – manfaat buah naga

7. Mencegah penyakit-penyakit akibat sindrom metabolik

Makan sahur ternyata juga dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit yang diakibatkan oleh sindrom metabolik diantaranya penyakit stroke, jantung, dan diabetes. Sindrom metabolik sendiri merupakan kondisi kesehatan yang tidak baik berupa naiknya tekanan darah, gula darah, koleseterol, serta penumpukan lemak di sekitar pinggang yang terjadi secara bersamaan. Hal ini biasanya disebabkan oleh kelebihan berat badan dan kurang bergerak atau beraktivitas.

Baca juga: manfaat daun afrika untuk diabetes – manfaat redoxon

8. Baik untuk keberhasilan program diet

Rajin makan sahur ternyata juga dapat berdampak positif pada keberhasilan program diet. Tetapi tentu saja harus diperhatikan asupan makanan ketika sahur dan berbuka. Jika tidak bukannya tubuh langsing ideal yang didapatkan justru lemak akan semakin menumpuk di tubuh.

Baca juga: manfaat apel – manfaat daun salam untuk diet

ads

Lantas bagaimana sahur yang baik dan benar agar tubuh tidak lemas saat berpuasa namun juga tidak menyebabkan badan menjadi melar? Berikut beberapa tips makan sahur yang bisa anda ikuti:

1. Air putih

Ada berbagai manfaat air putih sehingga ia menjadi menu wajib saat sahur karena cairan sangat diperlukan oleh tubuh agar selalu segar dan terhindar dari dehidrasi.

Baca juga: 20 manfaat minum air hangat bagi kesehatan

2. Buah-buahan

Menu wajib lainnya adalah buah. Kebanyakan buah-buahan memiliki kandungan vitamin, mineral, dan elektrolit yang sangat diperlukan oleh tubuh selama berpuasa. Jadi masukkanlah buah ke dalam menu sahur anda. Buah-buahan ini dapat dimakan langsung atau bisa juga dijus namun sebaiknya tidak usah ditambahkan gula atau pemanis lainnya.

Baca juga: manfaat buah buahan

3. Zat besi

Asupan zat besi juga sangat diperlukan oleh tubuh ketika sahur agar selama berpuasa kadar hemoglobin dalam darah tetap terkontrol sehingga tubuh tidak lemas saat berpuasa. Zat besi bisa didapatkan dari banyak jenis makanan diantaranya daging merah, ikan, kacang-kacangan, kismis, plum, kuning telur, sayuran  berdaun hijau dan gelap, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga: manfaat zat besi

4. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat tentu sangat diperlukan sebagai sumber energi bagi tubuh selama berpuasa sehingga menjadi nutrisi wajib ketika sahur. Namun sebaiknya pilih karbohidrat kompleks seperti beras merah sehingga kadar gula darah terjaga kestabilannya.

Baca juga: manfaat beras merah

5. Hindari mengonsumsi gula pasir terlalu banyak

Untuk mendapatkan rasa manis sebaiknya konsumsi buah-buahan yang memiliki rasa manis alami. Atau bisa juga memanfaatkan madu dan gula aren sebagai pemanis sehingga kita tidak mudah atau cepat merasa lapar ketika berpuasa.

6. Protein

Asupan manfaat protein juga penting diperhatikan saat sahur. Baik protein nabati mapun protein hewani seperti tempe, tahu, daging, kecang-kacangan, serta ikan. Untuk mencegah kebosanan anda juga bisa memvariasikan makanan-makanan tersebut sesuai selera.

7. Jangan digoreng

Sebaiknya menu sahur anda tidak dimasak dengan cara digoreng karena makanan yang digoreng dapat membuat anda mengantuk sepanjang hari sehingga tidak bisa beraktivitas dengan baik.

Baca juga: manfaat tidak makan gorengan

8. Magnesium dan potasium

Konsumsi juga makanan-makanan yang mengandung 2 mineral penting ini yaitu manfaat magnesium dan manfaat potasium. Dengan asupan magnesium yang mencukupi dapat membantu tubuh untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas sepanjang hari.

Bagaimana? Masih malas untuk makan sahur? Setelah membaca tulisan ini semoga teman-teman lebih termotivasi untuk melaksanakan sahur karena ada begitu banyak manfaat di dalamnya. Baik manfaat bagi fisik maupun spiritual.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 17th, June 2017 / 03:08 Oleh :
Kategori : Kebiasaan