Sponsors Link
     Sponsors Link

9 Manfaat Rumput Teki untuk Kesehatan

Sponsors Link

Bagi yang senang dengan dunia pertamanan dan juga memiliki hobi berkebun pasti sudah sering menjumpai jenis rumput ini. ya, rumput teki. Rumput teki merupakan salah satu jenis rerumputan yang sering dianggap mengganggu, karena dapat menyerap unsur hara yang seharusnya diambil oleh tanaman dan juga rerumputan yang kita rawat di pekarangan rumah kita.

manfaat rumput tekiTidak hanya di pekarangan rumah, bahkan di dalam kebunpun rumput teki merupakan salah satu jenis gulma yang sangat mengganggu dan banyak dibasmi dengan cara disiangi dan juga dicabut. Namun demikian meskipun sudah sering disiangi, ternyata rumput teki tetap saja tumbuh terus menerus.

Rumput teki atau yang memiliki nama ilmiah Cyperus Rotondus ini ternyata memiliki beberapa manfaat. Meskipun sering dituding sebagai salah satu jenis gulma yang menyusahkan, namun ternyata rumput teki bisa beRmanfaat bagi kesehatan manusia. Terutama menjadi salah satu jenis pengobatan herbal

Apa saja manfaat dari rumput teki?

Bagian dari rumput teki yang sering dimanfaatkan sebagai obat herbal biasanya adalah bagian umbi dari rumput teki. Apa saja manfaatnya bagi kesehatan dan juga bagi pengobatan herbal Berikut ini adalah manfaat rumput teki :

1. Dapat mengobati kencing batu

Manfaat rumput teki bagi kesehatan kita adalah dapat mengobati kencing batu. Ternyata, umbi dari rumput teki ini apabila direbus dan diolah dengan tepat dapat membantu menyembuhkan kencing batu. Kencing batu adalah suatu gejala dimana saluran kencing tertahan oleh penggumpalan dan pengkristalan dari kotoran. Gangguan ini akan menghambat saluran kencing.

Berikut ini cara mengolah umbi dari rumput teki untuk mengobati kencing batu :

  • Siapkan umbi dari rumput teki, lalu cuci bersih
  • Haluskan umbi rumput teki, lalu rebus hingga mendidih
  • Minum hasil dari rebusan umbi rumput teki tersebut secara teratur hingga gejala kencing batu hilang

2. Dapat memperbaiki siklus menstruasi

Umbi dari rumput teki ternyata juga sangat bermanfaat untuk memperbaiki siklus menstruasi atau haid pada wanita. Banyak dari wanita saat ini yang mengalami masalah pada siklus haidnya, karena berbagai macam hal, seperti stress, pola makan yang tidak sehat dan banyak hal lainnya yang dapat mengganggu siklus haid atau menstruasi.

Nah, bagi anda yang mengalami siklus menstruasi yang terganggu, cobalah untuk meminum ramuan herbal dari umbi rumput teki ini. Cara pembuatannya cukup mudah sama seperti membuat ramuan herbal untuk mengobati kencing batu di atas.

3. Memperlancar buang air besar

Manfaat penting lainnya dari umbi rumput teki adalah untuk masalah pencernaan. Salah satu masalah pencernaan yang paling sering dialami adalah kesulitan buang air besar, dan buang air besar terasa keras dan tidak lancar, serta sering mengalami sakit perut. Nah, dengan adanya obat herbal yang berasal dari umbi rumput teki ini, maka dijamin, kondisi pencernaan anda dapat menjadi lebih baik, sehingga dapat membantu melancarkan buang air besar.

4. Mempercepat proses pembekuan darah

Manfaat penting lainnya dari rumput teki dan juga umbi rumput teki adalah dapat mempercepat proses pembekuan darah dan juga dapat membantu menyembuhkan luka yang baru. Ketika anda terjatuh dan juga terluka, maka rumput teki dapat menjadi andalan untuk membantu mempercepat penyembuhan luka anda, karena dapat membantu proses pembekuan darah.

Caranya cukup mudah, anda dapat menempelkan rumput teki pada bagian tubuh yang terluka, lalu tunggu hingga luka tersebut terasa mengering, lalu basuh dengan menggunakan air bersih.

5. Dapat merangsang produksi ASI

sponsored links

Bagi anda seorang ibu yang sedang menyusui, rumput teki dan juga umbi rumput teki memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu merangsang produksi ASI. Manfaat rumput teki untuk kesehatan dan juga umbinya akan membantu memperbanyak jumlah ASI, sehingga sang buah hati tidak akan mengalami kekurangan nutrisi.

Artikel Asi Lainnya :

6. Dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit

Manfaat lainnya yang sangat penting dari rumput teki dan juga umbi dari rumput teki ini adalah mampu untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Penyakit kulit seperti eksim, panu, kutu air, ruam dan berbagai macam penyakit kulit lainnya dapat sembuh dengan memanfaatkan rumput teki.

Yang perlu anda lakukan adalah cukup dengan merajang daun rumput teki. Lalu kemudian mengompres bagian kulit yang mengalami penyakit kulit hingga terasa dingin dan lakukan berulang kali hingga penyakit kulit tersebut sembuh.

7. Dapat mengobati keputihan

Manfaat rumput teki untuk kesuburan juga sangat penting bagi para wanita, karena rumput teki mampu untuk mencegah terjadinya keputihan. Keputihan merupakan salah satu masalah yang mengkhawatirkan hampir seluruh wanita dan dengan adanya rumput teki, maka kondisi keputihan ini dapat teratasi  dan dapat terhindar dari keputihan.

8. Sebagai obat anti nyamuk

Anda sudah kesal dengan gigitan nyamuk, dan kesal dengan banyaknya nyamuk yang berkeliaran? Kalau begitu cobalah untuk membuat pasta dari umbi dan juga daun dari rumput teki. Dengan menggunakan umbi dan juga daun dari rumput teki, maka nyamuk yang berkeliaran di sekitar anda dapat teratasi, karena nyamuk tidak senang dengan rumput teki, sehingga akan efektif sebagai salah satu obat nyamuk alami.

9. Menurunkan demam

Manfaat rumput teki adalah sebagai obat untuk menurunkan demam dan panas. bagian dari rumput teki yang digunakan adalah bagian umbinya. Umbu dari rumput teki ini dapat anda tumbuh dan dihaluskan. Lalu setelah dihaluskan, umbi dari rumput teki dapat anda campur dengan sedikit air, lalu kompreslah ramuan tersebut pada orang yang mengalami panas dan juga demam. Dengan begitu, maka panas akan segera turun.

Itulah kegunaan penting dari rumput teki untuk kesehatan dan pengobatan. Ternyata, meskipun sering dipandang sebelah mata sebagai jenis gulma yang sangat mengganggu, ternyata rumput teki ini sangatlah berguna. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda sekalian.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 23rd, July 2015 / 09:15 Oleh :
Kategori : Tumbuhan