14 Manfaat Rumput Krokot Untuk Kesehatan

Rumput krokot termasuk dalam kategori tanaman liar yang mudah sekali tumbuh di semua tempat bahkan di daerah tandus sekalipun asalkan terkena sinar matahari secara langsung. Rumput krokot yang ada di Indonesia biasanya akan tumbuh sebagai gulma. Gulma sendiri merupakan tanaman yang kehadirannya tidak begitu diinginkan karena dapat mengganggu pertanian atau pada hasil budi daya tanaman. Meski begitu krokot bukannya tidak memiliki kegunaan. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa tanaman ini dapat digunakan sebagai ramuan herbal dari mulai batang, daun, kuncup bunga, serta bijinya.

Kandungan Nutrisi Rumput Krokot

  • Omega 3
  • Vitamin A
  • Vitamin B Kompleks
  • Vitamin C
  • Zat Besi
  • Magnesium
  • Kalsium
  • Kalium
  • Mangan
  • Asam Linolenat
  • Asam Amino
  • Asam Oksalat

Manfaat Rumput Krokot

  1. Rumput krokot telah digunakan sebagai obat herbal untuk atasi gangguan pencernan seperti disentri, wasir, dan juga diare dari generasi ke generasi. (Baca juga Manfaat Tanaman Asoka – Manfaat Pucuk Daun Jambu Biji)
  2. Sifat rumput krokot yang anti Inflamasi sangat berguna sebagai obat alami peradangan pada usus buntu dan payudara (mastitis). (Baca juga Manfaat Tomat Hijau – Manfaat Teh Murbei)
  3. Rumput krokot dipercaya dapat mencegah penyakit hipertensi karena fungsinya yang mampu membantu lancarkan sistem peredaran darah. (Baca juga Manfaat Melon Untuk Hipertensi – Manfaat Mentimun Untuk Hipertensi)
  4. Kandungan nutrisi pada rumput krokot juga mampu mengobati sakit pegal linu dengan cukup ampuh karena sifatnya yang anti inflamasi. (Baca juga Manfaat Daging Kuda – Manfaat Minum Beras Kencur)
  5. Dikatakan bahwa rumput krokot memiliki sifat anti depresan sehingga sangat baik untuk menenangkan saat sedang stres. (Baca juga Manfaat Ikan Jurung – Manfaat Tanaman Cendana)
  6. Manfaat lainnya adalah melancarkan serta mencegah gangguan pada saluran pembuangan air kecil (saluran kemih).
  7. Dikatakan pula bahwa rumput krokot ini mampu membantu masalah pernafaan seperti meringankan gejala asma. (Baca juga Manfaat Daun Sirsak Untuk Asma – Manfaat Semut Jepang Untuk Asma)
  8. Rumput krokot juga mampu mengobati cacingan pada anak atau dewasa. Kemampuannya mengeluarkan cacing dari dalam tubuh sudah dikenal sejak lama. (Baca juga Manfaat Jamu Buyung Upik)
  9. Kandungan mineralnya mampu menjaga serta meningkatkan kepadatan tulang sehingga tulang dapat terhindar dari pengeroposan. (Baca juga Manfaat CDR)
  10. Sebagai obat herbal rumput krokot juga digunakan sebagai obat untuk sakit kuning atau hepatitis. (Baca juga Manfaat Daun Sukun Untuk Hepatitis)
  11. Bagi wanita yang mengalami keputihan, rumput krokot dapat digunakan sebagai alternatif alami yang bisa mengatasi masalah keputihan serta gangguan haid. (Baca juga Manfaat Pucuk Daun Biji)
  12. Sebagian masyarakat juga menggunakan rumput krokot untuk dapat meningkatkan stamina dan vitalitas tubuh karena kandungan antioksidannya. (Baca juga Manfaat Ester C)
  13. Antioksidan pada rumput krokot juga dapat menjaga tubuh dari efek negatif radikal bebas yang umum terjadi saat ini. (Baca juga Manfaat Asinan Sayuran)
  14. Karena mengandung zat besi, rumput krokot bisa memicu produktivitas sel darah merah sehingga tubuh terhindar dari gejala anemia. (Baca juga Manfaat Telur Untuk Anemia – Manfaat Kurma Untuk Anemia)

Demikianlah manfaat dari tanaman yang dianggap gulma ini. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup mengolah rumput krokot menjadi berbagai olahan makanan seperti lalapan atau tumisan pelengkap menu Anda sehari-hari. Atau Anda juga bisa meminum air ekstrak dari rumput krokot ini.

, ,
Post Date: Thursday 29th, December 2016 / 23:35 Oleh :
Kategori : Herbal