Sponsors Link
     Sponsors Link

6 Manfaat Rumput Fatimah – Ibu Hamil & Setelah Melahirkan

Sponsors Link

Apakah Anda pernah melihat rumput Fatimah? Ya, tanaman ini disebut sebagai salah satu tanaman herbal yang berkhasiat untuk membantu ibu hamil. Rumput Fatimah banyak ditemukan di beberapa negara Asia seperti Malaysia dan Arab. Rumput Fatimah dipercaaya bisa mengatasi berbagai gangguan dan tekanan bagi wanita hamil yang akan melahirkan.

Kandungan Rumput Fatimah

rumput fatimahRumput Fatimah mengandung karbon, oksigen, kalsium, dan mineral lain. Rumput Fatimah mengandung berbagau jenis dan unsur mineral baik pada bagian daun, batang dan akar. Setiap bagian memiliki unsur mineral yang berbeda dan memiliki peran yang penting untuk kesehatan ibu hamil.

Rumput Fatimah digunakan sebagai salah satu obat herbal untuk perempuan baik sebelum hamil maupun saat hamil. Kandungan berbagai senyawa yang bisa mempengaruhi hormon reproduksi menjadi kunci penting dalam mengkonsumsi rumput Fatimah. Berikut ini beberapa manfaat rumput Fatimah.

1. Rumput Fatimah untuk Gangguan Reproduksi Wanita

Rumput Fatimah dipercaya bisa menggantikan produksi hormon estrogen. Hormon yang berfungsi untuk mengatur siklus wanita setiap bulan. Saat hamil wanita mengalami ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Konsumsi rumput Fatimah bisa meningkatkan jumlah kadar hormon estrogen dalam darah.

Baik juga untuk reproduksi wanita :

2. Rumpu Fatimah Melancarkan Proses Persalinan Normal

Bagi ibu hamil yang akan mempersiapkan persalinan normal, maka rumput Fatimah adalah ramuan yang sangat umum. Ketika proses persalinan normal dan ibu hamil mengalami kontraksi normal maka air dari rendaman rumput Fatimah bisa mempercepat proses persalinan. Air rendaman rumput Fatimah akan memicu kontraksi dan mendorong pembukaan yang lebih cepat.

Baik untuk melancarkan proses persalinan normal:

3. Rumput Fatimah untuk Menormalkan Menstruasi

Saat wanita sedang menstruasi biasanya ada beberapa kesulitan yang dialami seperti darah yang tidak lancar. Hal ini akan membuat bagian perut bawah, pinggang dan kaki menjadi sakit, lelah dan kurang nyaman. Minum rendaman rumput Fatimah bisa mengatasi masalah ini. Hal ini disebabkan rumput Fatimah bisa membuat perubahan hormon saat menstruasi menjadi normal sehingga darah mengalir dengan lancar.

Baik untuk menormalkan menstruasi

4. Rumput Fatimah Mengatasi PMS

PMS adalah hal yang sangat lumrah bagi wanita yang sudah mengalami menstruasi. Berbagai gejala seperti kepala pening, lemah, demam, tekanan emosi dan rasa sakit pada semua bagian tubuh akan menjadi hal yang sangat menganggu. Bahkan tidak sedikit ada wanita yang pinsan karena rasa menstruasi yang terlalu sakit. Untuk mengatasi semua masalah ini maka disarankan untuk air rendaman rumput Fatimah.

Baik juga untuk mengatasi PMS

5. Rumput Fatimah Membantu Organ Kewanitaan
Salah satu manfaat lain dari rumput Fatimah adalah bisa digunakan untuk membersihkan organ kewanitaan. Rumput Fatimah mengandung senyawa alami yang bisa membuat pH di daerah kewanitaan menjadi normal atau sesuai kebutuhan. Masalah ini biasanya disebabkan karena bakteri atau infeksi kuman pada area kewanitaan.

Baik untuk organ kewanitaan:

6. Rumput Fatimah Bisa Memulihkan Kondisi Pasca Persalinan

Rumput Fatimah mengandung senyawa oksitosin yang bisa membantu ibu hamil saat melakukan persalinan normal. Ibu yang sudah melahirkan biasanya mengalami beberapa kondisi karena kelelahan dan rasa sakit. Untuk mengatasi hal ini maka bisa minum air rendaman rumput Fatimah yang membuat kondisi fisik ibu cepat pulih.

Baik untuk memulihkan pasca persalinan:

Berbagai manfaat rumput Fatimah dalam dunia medis memang belum terbukti. Bahkan dari beberapa hasil penelitian yang dikeluarkan dalam jurnal khusus melaporkan bahwa rumput Fatimah bisa meningkatkan resiko kematian saat persalinan. semua jenis zat yang terkandung dalam rumput Fatimah juga belum terbukti secara ilmiah untuk membantu persalinan. Lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memakai rumput Fatimah saat persalinan.

Resiko Rumput Fatimah

sponsored links

Rumput Fatimah banyak digunakan oleh dunia herbal di kawasan Malaysia, Arab dan beberapa negara lain. Rumput Fatimah dipercaya bisa meningkatkan kelancaraan dalam proses persalinan. Namun rumput Fatimah juga memiliki beberapa resiko. Berikut ini beberapa ancaman atau masalah serius yang disebabkan karena rumput Fatimah.

  1. Rumput Fatimah Menyebabkan Kontraksi Paksa. Saat persalinan normal maka ibu akan mengalami kondisi kontraksi. Kondisi ini yang membuat bayi bisa turun dan mendorong pembukaan pada rahim. Rumput Fatimah mengandung senyawa fitokimia yang sangat mendorong agar kontraksi berjalan dengan cepat. Namun kontraksi paksa yang dilakukan pada janin akan membuat janin menjadi stres dan tidak kuat. Resiko dari kontraksi paksa bisa menyebabkan gagal jantung sehingga janin bisa meninggal dalam rahim.
  2. Rumput Fatimah Bisa Menyebabkan Pendarahan. Kondisi pendarahan menjadi bagian yang sangat ditakuti bagi semua ibu yang melahirkan. Namun masalah pendarahan setelah minum rumput Fatimah akan menjadi hal yang sangat mengerikan. Rumput Fatimah yang direndam dalam waktu lama bisa meningkatkan kadar racun yang bisa diminum oleh janin. Selain menyebabkan kematian pada janin maka kondisi ini bisa menyebabkan pendarahan yang membahayakan nyawa ibu hamil.
  3. Konsumsi Rumput Fatimah bisa Membuat Ketuban Pecah. Rumput Fatimah bisa dikonsumsi oleh ibu hamil untuk melancarkan persalinan. Rumput Fatimah mengandung senyawa yang bisa mendorong kontraksi. Namun kondisi yang tidak tepat bisa menyebabkan ibu hamil mengalami pecah ketuban. Hal ini disebabkan karena kontraksi paksa yang cepat sementara air ketuban pecah dan pembukaan belum sempurna. Dalam kondisi ini maka janin dan ibu hamil bisa mengalami kematian.
  4. Rumput Fatimah Membuat Rahim Sobek. Semua ibu hamil pasti ingin melahirkan secara normal dan nyaman. Namun memakai rumput Fatimah untuk melancarkan persalinan harus dilakukan dengan cara yang tepat. Minum rumput Fatimah saat bayi belum turun dan ibu hamil belum merasakan kontraksi penuh maka bisa menyebabkan janin memiliki resiko yang tinggi. Kontraksi yang terlalu kuat dapat menyebabkan rahim sobek dan pendarahan yang sulit untuk dikendalikan.

Cara Konsumsi Rumput Fatimah

Rumput Fatimah mengandung berbagai senyawa yang penting untuk wanita dan ibu hamil. Beberapa senyawa yang ditemukan dalam rumput Fatimah adalah seperti oksitosin, fitokimia dan beberapa senyawa karbon. Cara konsumsi yang tidak tepat akan meningkatkan nilai senyawa sehingga membayakan untuk ibu hamil yang akan melahirkan. Cara menyiapkan rumput Fatimah adalah sebagai berikut.

  1. Cuci bersih rumput Fatimah dan masukkan dalam gelas atau mangkuk.
  2. Tuang air hangat atau air dingin dan rendam rumput Fatimah sebentar saja.
  3. Bagi ibu yang akan melahirkan secara normal sebaiknya minum rumput Fatimah saat sudah mencapai pembukaan 7. Jika sebelum pembukaan 7 dan ibu minum rumput Fatimah maka bisa menyebabkan pendarahan dan resiko lain.
  4. Rendaman rumput Fatimah tidak boleh terlalu lama dan harus segera diminum untuk mengurangi resiko tingginya kadar oksitosin dari rumput Fatimah.
  5. Jika Anda ingin memakai rumput Fatimah untuk membatu persalinan sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter yang akan menangani untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan.
  6. Kelahiran dengan memakai sistem induksi tidak disarankan untuk memakai rumput Fatimah karena bisa menyebabkan pendaran.

Dengan mengetahui bahaya dan manfaat rumput Fatimah, maka ibu hamil dan ibu yang akan menjalani persalinan bisa memanfaatkan rumput Fatimah. Selain itu ibu hamil juga bisa melindungi diri sendiri dan janin agar tidak mengalami resiko seperti pendarahan, pecah ketuban dan kematian janin karena gagal jantung.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Tuesday 28th, April 2015 / 13:36 Oleh :
Kategori : Tumbuhan