Sponsors Link

30 Manfaat Romanesco Pada Kesehatan

Sponsors Link

Romanesco, sayuran sejenis dengan kubis dan kembang kol ini mungkin masih sangat asing. Sayuran sejenis kubis dengan nama latin Brassica oleracea sekilas seperti kembang kol, hanya saja bentuknya lebih unik. Romanesco memiliki banyak tonjolan runcing seperti piramid. Sayuran yang berasal dari negara Italia ini, memang belum populer di Indonesia seperti kubis dan kembang kol. Namun, meskipun belum populer, romanesco memiliki berbagai kandungan gizi di dalamnya yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

ads

artikel terkait:

Kandungan Gizi Dalam Romanesco

Dalam kesehariannya, romanesco banyak dimanfaatkan karena dipercaya memili beragam khasiat untuk kesehatan. Hal ini kemudian dibuktikan dengan berbagai kandungan gizi dalam romanesco yang ternyata memang baik untuk tubuh. Beberapa kandungan dalam romanesco diantaranya, Vitamin C, Vitamin B Kompleks, serat pangan, karotenoid, lemak omega 3 dan potasium. Romanesco juga mengandung asam amino esensial seperti leusin, isoleusin, fenilalanin, valin, lisin, methionin, triptofan, glisin, histidin, serta arginin yang sangat berguna untuk tubuh.

Berbagai Manfaat Romanesco Untuk Kesehatan

Meskipun hanya dianggap tanaman sejenis kubis dan kembang kol, namun berbagai kandungan di dalam romanesco sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, di beberapa negara termasuk italia, mengkonsumsi romanesco menjadi salah satu kebiasaan untuk menjaga kesehatan.  Beberapa manfaat dari mengkonsumsi romanesco diantaranya:

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah yang tidak lancar akan menghambat jalannya fungsi berbagai organ dalam tubuh. Romanesco memiliki kandungan arginin di dalamnya yang mampu membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Mengkonsumsi romanesco dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat sayur kangkung

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh perlu dijaga dan juga ditingkatkan agar tubuh tidak mudah terkena penyakit. Vitamin B kompleks yang terkandung di dalam romanesco juga dapat membantu tubuh dalam menjaga kekebalan tubuh. Jika kekebalan tubuh terjaga, tubuh akan lebih kuat dan tidak mudah terkena penyakit.

  1. Pembentukan Otot

Romanesco mengandung asam amino esensial berupa valin. Dimana valin memiliki manfaat untuk membentuk otot. Selain membantu pembentukan otot, valin juga membantu koordinasi otot dan mengatasi gangguan otot.

artikel terkait: manfaat sayur brokoli

  1. Menghilangkan Stress

Mengkonsumsi romanesco juga akan membantu meringankan dan membantu menghilangkan stress. Hal ini disebabkan karena romanesco memiliki kandungan yang dapat membantu mengaktifkan hormon anti stress yakni hormon dopamin dan juga serotonin.

  1. Mengatasi Maag

Asam amino esensial dalam romanesco memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat dari asam amino yang terkandung di dalam romanesco yakni dapat mengatasi maag.

artikel terkait: manfaat sayur celery

  1. Mengontrol Nafsu Makan

Kandungan valin dalam asam amino esensial yang terkandung dalam romanesco sangatlah penting bagi beberapa orang yang memiliki masalah dalam mengatur pola makan berlebih. Valin akan membantu mengontrol nafsu makan dan juga dapat mengatur berat badan.  

  1. Meningkatkan Kadar Hemoglobin

Isoleusin adalah asam amino esensial yang terkandung di dalam romanesco. Isoleusin ini sangatlah bermanfaat bagi beberapa orang yang memiliki kadar hb atau hemoglobin rendah. Pasalnya, isoleusin dapat membantu pembentukan hemoglobin dalam tubuh.

artikel terkait: panas dalam

ads
  1. Memutihkan Kulit

Memiliki kulit yang putih, sehat dan cerah adalah keinginan banyak orang terlebih wanita. Tidak hanya dapat diperoleh dari kosmetik pemutih kulit saja, namun mendapatkan kulit yang cerah dan sehat dapat dilakukan dengan banyak makan sayur dan buah, salah satunya mengkonsumsi romanesco.

  1. Mengatasi Sembelit

Romanesco sangat kaya akan serat pangan di dalamnya. Serat pangan dalam romanesco ini sangatlah bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Serat pangan dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar.

artikel terkait: solusi kanker

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Mengatasi penyakit kanker dapat dikatakan mudah dan sulit. Pola makan dan kebiasaan yang sepelejuga dapat memicu timbul dan berkembangnya sel kanker. Terbiasa mengkonsumsi sayuran yang mengandung vitamin C dan antioksidan seperti romanesco dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker dan berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Jika seseorang sering mengalami sakit kepala, biasanya orang tersebut akan segera meminum obat penunda rasa sakit kepala. Sakit kepala juga dapat ditimbulkan akibat kekurangan zat potassium di dalam tubuh. Memakan sayuran seperti romanesco dapat membantu mengurangi rasa sakit kepala karena mengandung potassium di dalamnya.

artikel terkait: manfaat sayur pagoda

  1. Mengobati Batu Ginjal

Tidak hanya mengatasi sakit kepala, potassium dalam sayuran sejenis romanesco juga dapat membantu mengatasi masalah batu ginjal yang terjadi karena adanya pengendapan kapur maupun kalsium di dalam ginjal.

  1. Mengatasi Edema

Penyakit edema dapat terjadi karena berbagai hal, untuk mencegah terjadinya edema perlu menjaga pola hidup sehat. Yakni dengan olahraga yang rutin dan mengkonsumsi sayuran seperti romanesco.

artikel terkait: manfaat sayur kailan

  1. Mencegah Rakitis

Dalam masa pertumbuhannya, anak kecil memerlukan nutrisi yang lebih banyak karena sangat rentan terhadap penyakit dan gangguan kesehatan seperti rakitis. Untuk mencegah terjadinya rakitis dan penyakit pada masa pertumbuhan anak lainnya, anak anak perlu diperikan nutrisi yang sangat baik dengan makan makanan sehat seperti sayur romanesco untuk menunjang kesehatan.

  1. Mengatasi Penyakit Kulit

Tidak hanya mencerahkan kulit, vitamin C dan kandungan lain dalam romanesco juga dapat mengatasi masalah penyakit kulit.

artikel terkait: manfaat lotus

  1. Menjaga Kesehatan Hati

Kandungan glisin dalam romanesco mampu membantu fungsi hati dengan membantu menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga kerja hati akan lebih ringan dan kesehatan hati akan terjaga.

  1. Memperbaiki Fungsi Ginjal

Berbagai kandungan dalam romanesco juga dapat memperbaiki fungsi ginjal. Sehingga ginjal dapat melakukan penyaringan urin dengan baik. artikel terkait: manfaat sayuran organik

  1. Sebagai Antioksidan

Romanesco mengandung karotenoid di dalamnya. Dimana fungsi karotenoid sangatlah penting untuk tubuh sebagai antioksidan dalam mencegah terjadinya sel kanker dan mencegah perkembangan sel kanker. Selain itu, antioksidan juga berfungsi untuk mencegah berbagai penyakit masuk ke dalam tubuh.

  1. Mengatasi Penyakit Jantung

Selain fungsinya sebagai antioksidan, karotenoid dalam romanesco juga dapat menurunkan kadar lemak kolesterol di dalam tubuh. Hal ini dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

artikel terkait: manfaat sayur pakis bagi kesehatan

  1. Mencegah Diabetes

Penderita penyakit diabetes harus pintar dalam menjaga pola makan agar kadar gula dalam darah tidak meningkat. Mengkonsumsi sayuran seperti romanesco juga dapat membantu menstabilkan gula darah dalam tubuh, karena memiliki kandungan asam amino esensial berupa isoleusin yang berfungsi untuk menstabilkan gula darah dalam tubuh.

  1. Memicu Fungsi Otak

Mengkonsumsi romanesco sebagai sayuran yang mengandung asam amino esensial seperti fenilalalin, leusin, dan glisin dapat membantu meningkatkan fungsi otak. artikel terkait: 7 manfaat sayur asem untuk diet tanpa nasi

  1. Melegakan Pernapasan

Tidak banyak yang mengetahui bahwa vitamin C, termasuk vitamin Cdalam romanesco dapat mengatasi masalah pernapasan yang terjadi.

  1. Mengatasi Radang Sendi

Karotenoid dalam romanesco tidak hanya berfungsi sebagai antioksidan,tetapi juga dapat mengatasi peradangan terjadi pada sendi. artikel terkait: 8 manfaat sayur genjer bagi tubuh

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Kandungan dalam romanesco tidak hanya menstabilkan nafsu makan, tetapi, bagi beberapa orang yang memiliki masalah tidak memiliki nafsu makan, kandungan dalam romanesco dapat membantu meningkatkan nafsu makan.

  1. Menetralkan Racun Dalam Tubuh

Racun dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh baik melalui makanan, minuman maupun udara sekitar. Untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, mengkonsumsi romanesco dapat membantu menetralkan racun yang masuk dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat sayur-sayuran

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Beberapa orang yang memiliki masalah dengan darah tinggi dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengkonsumsi romanesco. Kandungan asam amino esensial dan potasium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang terjadi.

  1. Memperbaiki Jaringan Tubuh

Valin dalam asam amino esensial dalam romanesco dapat membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

artikel terkait: manfaat terong putih

  1. Membentuk Kolagen

Romanesco memiliki kandungan asam amino esensial berupa lisin. Dimana lisin dalam romanesco dapat membantu pembentukan kolagen yang rusak.

  1. Melancarkan Aliran Darah

Ketika aliran darah terhambat, maka beberapa organ lain juga akan mudah mengalami kerusakan. Untuk melancarkan kembali aliran darah yang terhambat, beberapa orang dapat mengkonsumsi sayur seperti romanesco yang mengandung lisin yang dapat melancarkan aliran darah.

artikel terkait: manfaat buah yuzu

  1. Mencukupi Kebutuhan Protein

Kekurangan protein dalam tubuh dapat menjadikan tubuh kurang fit dan kurang bertenaga. Untuk mencukupi kebutuhan protein harian, beberapa orang akan memakan kacang-kacangan dan sejenisnya. Selain itu, mencukupi kebutuhan protein harian juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi sayuran seperti romanesco.

Meskipun memiliki bentuk yang cukup unik dan belum familier dikalangan masyarakat Indonesia, tetapi romanesco memiliki kandungan yang sangat beragam dan juga memiliki manfaat yang sangat diperlukan tubuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba mengenal dan mengkonsumsi romanesco untuk menjaga kesehatan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 21st, April 2017 / 03:58 Oleh :
Kategori : Sayuran