6 Manfaat Renang Gaya Bebas Bagi Tubuh

Siapa sih yang tidak suka berenang? Berolahraga sekaligus bermain air merupakan kegiatan yang menyehatkan dan menyenangkan. Renang merupakan cabang olahraga yang banyak diminati orang. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua menyukai olahraga ini. Lihat saja bagaimana ramainya pengunjung sarana rekreasi water park yang menyediakan tempat untuk bermain air dan berenang. Atau betapa ramainya destinasi wisata seperti pantai, danau, kolam, atau tempat pemandian air panas ketika musim liburan. Meskipun banyak juga di antara mereka yang tidak mahir berenang dan hanya bermain air saja. Hal ini disebabkan belum memasyarakatnya jenis olahraga ini. Masih banyak orangtua yang belum menyadari pentingnya mengajari anak berenang. Apalagi bagi masyarakat kelas menengah ke bawah yang tinggal jauh dari sumber air, pelajaran berenang belum menjadi prioritas utama mereka. Masih beruntung masyarakat pedesaan yang tinggal di dekat sumber air seperti sungai dan laut, sejak kecil mereka sudah terbiasa berenang.

artikel terkait:

Seperti cabang olahraga lainnya olahraga renang juga memiliki aturan dalam pelaksanaannya agar tidak membuat tubuh cedera dan bermanfaat bagi kesehatan. Contohnya olahraga lari yang terkesan sangat mudah dan sederhana. Siapa sih yang tidak pandai berlari? Namun jika tidak dilakukan dengan baik dan benar berlari juga dapat menimbulkan cedera yang berakibat membahayakan tubuh. Bisa terjadi kram atau salah otot sehingga dapat mengganggu kesehatan.

artikel terkait: 20 manfaat lari pagi bagi kesehatan – manfaat lari ditempat

Apa itu Renang Gaya Bebas?

Dalam melakukan renang ada beberapa gaya yang biasa dilakukan kebanyakan orang diantaranya gaya kupu-kupu, gaya dada, gaya punggung, gaya bebas, dan lain sebagainya. Salah satu gaya renang yang cukup digemari adalah renang gaya bebas karena membuat kita dapat bergerak lebih cepat di dalam air. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai gaya bebas pada olahraga renang dan manfaatnya bagi tubuh.

artikel terkait: manfaat renang gaya dada

Renang gaya bebas merupakan kegiatan berenang dimana posisi dada dan wajah berhadapan dengan permukaan air. Kemudian kedua belah tangan secara bergantian bergerak ke depan lalu ke ditarik belakang seperti gerakan mengayuh air. Sementara kedua kaki bergerak secara bergantian ke atas dan ke bawah untuk mendorong tubuh maju ke depan. Dengan melakukan hal ini tubuh akan tertarik ke depan sehingga kita dapat bergerak maju di dalam air. Untuk mengambil napas dilakukan ketika pergantian gerakan tangan, ketika tangan kanan atau kiri dikayuh ke belakang dan tangan berada di luar air ketika itu tubuh menjadi miring yang otomatis membuat kepala berputar ke arah samping kanan atau kiri. Pada saat inilah kita dapat mengambil napas.

artikel terkait: manfaat pernapasan segitiga

Renang gaya bebas juga termasuk salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di berbagai ajang kejuaraan. Aturan renang gaya bebas lebih sederhana dari renang gaya lainnya dimana perenang diperbolehkan melakukan gerakan renang gaya apa saja selain dari gerakan renang gaya punggung, dada, dan kupu-kupu.

Manfaat Renang Gaya Bebas

Selain menyenangkan olahraga renang juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bagaimana tidak? Melakukan renang membuat kita menggerakkan hampir seluruh otot secara terus-menerus. Karena jika diam membatu saja maka dapat dipastikan kita akan tenggelam seperti batu ke dasar air. Begitu pula dengan renang gaya bebas, ada beberapa manfaat yang kita dapatkan dari melakukan olahraga renang gaya bebas diantaranya:

  1. Menambah tinggi badan

    Sudah sering kita dengar betapa bermanfaatnya olahraga renang untuk perkembangan tinggi badan sehingga olahraga ini sudah mulai diajarkan bahkan sejak anak masih bayi. Namun khusus renang gaya bebas manfaat ini lebih efektif dan lebih berdampak karena gerakannya yang sangat dinamis yang membuat tubuh tertarik ke depan dan ke belakang dan kaki yang terus bergerak naik turun.

    artikel terkait: manfaat hilo active

  2. Melatih otot

    Dengan gerakan renang gaya bebas yang dinamis membuat otot-otot seluruh tubuh seperti otot bahu, kaki, dan perut bergerak dan terlatih sehingga orang yang rajin berenang gaya bebas tidak akan mudah mengalami kram atau kejang otot.

    artikel terkait:13 manfaat fitness bagi kesehatan – 20 manfaat minum air hangat bagi kesehatan – manfaat kalium

  3. Melatih daya tahan tubuh

    Orang yang rajin berenang dengan gaya bebas juga lebih terlatih daya tahan tubuhnya sehingga mereka tidak mudah merasa kelelahan. Hal ini disebabkan mereka telah terlatih bergerak secara dinamis secara terus-menerus sehingga lama-kelamaan meningkatkan daya tahan tubuh mereka.

    artikel terkait: manfaat melatih daya tahan tubuh – manfaat olahraga

  4. Memperkuat pernapasan

    Seperti yang dijelaskan di atas renang gaya bebas memerlukan pengaturan pernapasan yang baik. Bagaimana kita dilatih untuk mengambil dan menahan napas pada saat yang tepat sehingga tidak kehabisan napas atau tersedak air. Dengan rajin melakukan renang gaya bebas maka kita akan terbiasa mengatur napas dengan baik sehingga pernapasan menjadi kuat dan terlatih.

    artikel terkait: 17 manfaat meditasi untuk kesehatan fisik dan mental – manfaat lari sore

  5. Melatih otak

    Renang gaya bebas memerlukan gerakan yang dinamis dan kesesuaian atau sinkronisasi seluruh gerakan tubuh agar dapat bergerak dengan baik dan benar. Hal ini tentu memerlukan kinerja otak sebagai pengatur gerakan tubuh. Dengan melakukan renang gaya bebas turut melatih kemampuan otak sehingga renang gaya bebas juga banyak dimanfaatkan untuk pelatihan bagi anak-anak yang mengalami cacat mental. Diharapkan dengan belajar dan melakukan renang gaya bebas kinerja otak mereka lebih terlatih dan berkembang dengan baik.

    artikel terkait: manfaat olahraga untuk otak – 12 manfaat bermain catur bagi fungsi otak – 9 manfaat pisang bagi kesehatan dan pengobatan penyakit

  6. Membentuk postur tubuh

    Postur tubuh yang ideal merupakan dambaan semua orang untuk menunjang penampilan mereka. Banyak orang yang rela menghabiskan uang, waktu, dan tenaga demi mendapatkan postur tubuh yang sempurna. Renang gaya bebas merupakan salah satu cara mendapatkan postur tubuh yang baik secara menyenangkan tanpa menghabiskan banyak uang dan waktu. Dengan gerakan renang yang dinamis membuat otot-otot seluruh tubuh khususnya otot lengan, bahu, kaki, paha, betis, dan perut bergerak dan tertarik terus-menerus sehingga bermanfaat membentuk postur tubuh yang baik dan ideal.

    artikel terkait: manfaat plank – 15 manfaat push up secara rutin – manfaat olahraga back up

Dapat kita lihat betapa bermanfaatnya renang gaya bebas untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya membentuk dan membuat tubuh sehat namun juga sangat bermanfaat bagi perkembangan otak. Tidak seperti olahraga jenis lain yang membutuhkan peralatan-peralatan pendukung yang terkadang harganya cukup mahal, renang gaya bebas tergolong olahraga yang murah meriah. Tidak diperlukan peralatan pendukung kecuali biaya sewa kolam renang tentunya untuk dapat melakukan olahraga ini. Bahkan jika ingin benar-benar bebas biaya kita dapat memanfaatkan sungai atau kali yang ada di sekitar tempat tinggal untuk berenang. Badan sehat hatipun senang.

,
Post Date: Monday 20th, March 2017 / 20:09 Oleh :
Kategori : Olahraga