8 Manfaat Renang bagi Wanita dan Ibu Hamil

Jika ditanya jenis olahraga apa yang memiliki banyak manfaat namun menyenangkan dan murah untuk dilakukan maka salah satu jawabannya adalah berenang. Ya, tidak ada yang menyangkal berbagai manfaat yang dapat dipetik dari melakukan olahraga ini. Jika dilakukan secara rutin dan dengan cara yang benar akan mendatangkan banyak manfaat mulai dari menyehatkan tubuh, melangsingkan, memperkuat otot, hingga menghilangkan stres. Semua orang baik anak-anak, orang tua, laki-laki, dan perempuan dapat merasakan banyak manfaat melakukan olahraga renang selama dilakukan dengan benar dan rutin.

Artikel terkait:

Agar seluruh manfaat olahraga renang dapat anda rasakan secara optimal maka berenanglah dengan baik dan benar sesuai aturan. Misalnya didahului dengan pemanasan agar tidak mengalami kram atau kejang otot saat berenang, usahakan menggunakan kolam air hangat ketika berenang di malam hari agar tidak kedinginan, serta jangan lupa mandi dengan sabun dan air bersih sehabis berenang.

Artikel terkait:

Selain kaya manfaat olahraga renang juga sangat menyenangkan dan tidak memerlukan biaya besar untuk dilakukan. Kita dapat merasakan kesejukan air dan bergerak bebas di dalam air seperti bermain. Untuk berenang kita hanya memerlukan sebuah kolam berisi banyak air dan olahraga renang dapat dilakukan. Bahkan jika tidak memiliki kolam renang atau enggan mengeluarkan uang untuk biaya sewa kolam renang umum kita juga dapat memanfaatkan kali, sungai, danau, atau pantai yang ada di sekitar tempat tinggal. Memang ada beberapa perlengkapan tambahan seperti kaca mata renang dan pakaian renang. Akan tetapi harganya tidaklah mahal dan tanpa peralatan-peralatan ini pun olahraga renang tetap dapat dilakukan. Tidak seperti beberapa olahraga jenis lain seperti terjun payung dan diving yang memerlukan perlengkapan pendukung yang harganya cukup mahal.

Manfaat Berenang bagi Wanita

Seperti yang telah disebutkan di atas olahraga renang sangat bermanfaat bagi semua kalangan. Namun bagi anda para wanita ada beberapa manfaat lebih yang akan didapatkan dengan melakukan olahraga renang secara rutin diantaranya:

  1. Melangsingkan tubuh

    Wanita mana yang tidak ingin memiliki tubuh langsing dan sehat? Banyak wanita yang rela melakukan diet super ketat atau mengeluarkan banyak uang untuk membeli obat diet atau yang lebih ekstrem melakukan sedot lemak untuk melangsingkan tubuh. Dengan melakukan olahraga renang kita tidak perlu menahan selera dan rasa lapar mati-matian. Kita juga tidak perlu menghabiskan uang untuk membeli obat diet super mahal yang belum jelas khasiatnya. Cukup berenang dengan benar secara rutin maka tubuh langsing ideal akan anda dapatkan dengan sendirinya. Gerakan tubuh yang dilakukan secara dinamis terus-menerus pada olahraga renang sangat membantu membakar kalori di dalam tubuh sehingga mencegah penumpukan lemak serta membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

    Artikel terkait: manfaat kulit manggis untuk menurunkan berat badan – manfaat cuka apel untuk diet – manfaat jeruk nipis untuk menurunkan berat badan

  2. Menaikkan berat badan

    Terlalu gemuk tidak enak terlalu kurus pun tidak bagus. Ada sebagian wanita yang justru sulit sekali menaikkan berat badan yang terlalu kurus. Sudah makan banyak serta minum obat-obatan dan jamu namun berat badannya tidak kunjung naik. Tidak hanya membantu melangsingkan namun olahraga renang juga mampu menaikkan berat badan sehingga badan terlihat lebih berisi dan sehat.

  3. Mengencangkan otot-otot

    Berenang merupakan kegiatan yang melibatkan banyak otot seperti otot perut, lengan, betis, kaki, dan lain sebagainya. Dengan gerakan dinamis yang dilakukan terus-menerus maka otot akan menjadi kencang dan terbentuk dengan baik. Dengan otot yang kencang dan terbentuk otomatis menjadi nilai plus bagi seorang wanita, baik dari segi kesehatan maupun penampilan.

    Artikel terkait: manfaat olahraga back up – 15 manfaat push up secara rutin – manfaat acroyoga

  4. Mengencangkan G-Spot

    Rutin melakukan olahraga renang dipercaya juga mampu mengencangkan G-Spot atau Grafenberg spot pada wanita sehingga sangat bermanfaat bagi pasangan dan kehidupan seksual mereka.

    Artikel terkait: manfaat tape singkong – manfaat selenium

  5. Menghilangkan stres dan memperbaiki mood

    Wanita terkenal mudah sekali mengalami stres. Hal ini didukung oleh bawaan mereka yang lebih menggunakan perasaan dibanding logika. Selain itu para wanita memiliki peran dan pekerjaan yang sangat banyak dibanding laki-laki. Sebagai seorang istri, ibu, dan sebagian sebagai pekerja atau pengusaha di luar rumah sehingga kemungkinan stres lebih tinggi. Oleh karena itu olahraga renang sangat baik bagi para wanita untuk melepaskan stres dan kepenatan beraktivitas seharian atau seminggu penuh. Berendam dan menggerakkan badan di dalam air pada sore hari atau akhir pekan sangat membantu memperbaiki mood dan menambah semangat baru.

    Artikel terkait: 18 manfaat tertawa bagi kesehatan – 18 manfaat teriak untuk kesehatan

  6. Memperlancar aliran darah ke janin

    Berenang juga mampu membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Hal ini sangat bermanfaat salah satunya bagi wanita yang sedang hamil dimana aliran darah yang lancar sangat diperlukan janin untuk dapat berkembang dengan baik. Oleh karena itu olahraga renang juga sangat dianjurkan bagi ibu hamil.

    Artikel terkait: manfaat kacang hijau – manfaat afolat

  7. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh

    Stamina dan daya tahan tubuh yang baik merupakan salah satu modal bagi ibu hamil yang akan melahirkan karena proses persalinan merupakan proses yang sangat berat dan melelahkan. Oleh karena itu wanita yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk memberdayakan dirinya dengan melakukan beberapa jenis olahraga salah satunya berenang.

    Artikel terkait: manfaat madu – 17 manfaat ginseng untuk kesehatan dan kesuburan pria

  8. Melatih pernapasan

    Olahraga renang memerlukan pengaturan napas yang baik sehingga ketika berenang anda tidak kehabisan napas atau tersedak sehingga orang yang rajin berenang akan memiliki pernapasan yang baik. Hal ini juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil yang akan melahirkan karena proses persalinan merupakan proses yang sangat berat yang tidak hanya membutuhkan stamina yang kuat tetapi juga pernapasan yang baik. Oleh karena itu berenang sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk melatih pernapasannya.

    Artikel terkait: manfaat pernapasan segitiga – manfaat olahraga

Jika anda para wanita menginginkan tubuh sehat dan indah serta hati yang bahagia maka berenang adalah salah satu caranya. Tidak memerlukan banyak waktu dan biaya serta sangat menyenangkan. Jika anda bosan dengan suasana kolam yang itu-itu saja maka sesekali anda dapat mengunjungi tempat lain seperti water park, tempat pemandian air panas, sungai, atau pantai untuk berenang. Dan tak lupa pula sebaiknya gunakanlah pakaian renang yang sopan dan tertutup untuk melindungi diri anda dari hal-hal yang tidak diinginkan.

, , ,
Post Date: Monday 20th, March 2017 / 23:24 Oleh :
Kategori : Olahraga