Sponsors Link

21 Manfaat Rebusan Kulit Manggis untuk Kesehatan

Sponsors Link

Manggis merupakan makanan yang enak, selain itu manggis juga bermanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Sangat banyak sekali manfaat dari buah manggis jika mau mengkonsumsinya, ada banyak cara mengkonsumsi manggis baik itu di makan secara langsung, di jus ataupun cara lainnya. Biasanya manggis yang dimakan hanyalah isinya saja, namun tahukah kalian bahwa kulit manggis juga memiliki berbagai macam manfaat. Apa lagi bila kulit manggis itu direbus terlebih dahulu.

ads

Kulit manggis yang direbus akan membantu mematikan kuman-kuman yang ada dan menempel di kulit manggis, mungkin bakteri karena sudah berinteraksi dengan tanah ataupun tangan manusia dan yang lainnya. Lalu apa manfaat rebusan kulit manggis ? bisa disimak dalam uraian yang akan dijabarkan di bawah ini !

1. Untuk mengatasi keracunan makanan

Sama seperti halnya di atas, kandungan dalam buah manggis memang bermanfaat untuk mengatasi keracunan makanan. Kandungan yang begitu banyak dalam buah manggis akan membantu membentuk sistem kekebalan tubuh dan membatu membunuh benda asing yang akan masuk kedalam tubuh. Seperti halnya sel darah putih, ia akan membasmi benda asing yang ada di dalam tubuh dan benda yang membawa racun merupakan benda asing. Buah manggis akan membantu menyerang racun itu dengan membantu sistem kerja sel darah putih.

2. Untuk memperlambat proses penuaan dini

Buah manggis memang dipercaya untuk mencegah proses penuaan dini, buah manggis sudah banyak sekali digunakan sebagai produk kecantikan  kanduga vitamin E yang banyak didalam buah manggis sehingga mampu digunakan untuk kebutuhan kulit dalam mencukupi kebutuhan vitamin E, selain itu buah manggis juga memiliki kandungan anti bakteri, yang dapat membantu wajah membunuh bakteri yang menempel di wajah, sehingga bakteri-bakteri seperti bakteri yang menyebabkan komedo, flek hitam dan jerawat akan dibasmi oleh rebusan kulit manggis ini. dengan catatan pemakainan secara rutin.

3. Mencegah penyakit kanker

Dalam buah manggis mengandung kandungan anti karsinogenik yang berarti dapat mencegah terjadinya kanker, kulit manggis ini sangat efektif dalam hal membunuh virus dan bekteri penyebab kanker. Terutama pada kandungan xanthone pada buah manggis, sangat banyak mengandung sifat berarti anti kanker anti bakteri dan anti jamur, sehingga akan membantu tubuh agar tetap terjaga. Selain itu, untuk mengkonsumsi kulit manggis dengan rutin bisa membunuh dan memberantas virus virus yang menyebabkan kanker.

4. Menurunkan berat badan

Manggis memang cocok sekali dalam program diet, karena dalam kulit buah manggis mengandung 35,61 % karbohidrat, sehingga tidak perlu mengkonsumsi nasi secara berlebh, selain itu kandungan lemakk pada buah manggispun amat sedikit jadi cukup aman digunakan untuk program diet. Yang lebih terpenting adalah kulit manggis mengandung 62,05% kandungan air, sehingga dengan mengkonsumsi kulit buah manggis bukan hanya kecukupan karbohidrat namun air pun juga tercukupin dengan buah manggis ini.

5. Membantu penyembuhan sariawan

Hal ini disebabkan karena kandungan anti peradangan dalam kulit buah manggis dipercaya dapat membantu menurunkan jumlah peradangan yang terjadi pada kulit yang sedang sariawan. Oleh karena itu kulit manggis dipercaya oleh masyarakat tradisioanal sebagai obat sariawan. Kandungan air dalam kulit manggis juga membantu penyembuhan sariawan, karena kandungan air sebenarnya mampu untuk membantu mencegah berbagai macam penyakit.

6. Mencegah penyakit amandel

Kulit manggis bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit amandel itu. Hal ini dapat dilakukan dengan cara merebut kulit buah manggis. Kemudian manfaat rebusan kulit manggis ini, di minum untuk menyembuhkan amandel. Seperti telah diulas diatas tadi bahwa kulit buah manggis mengandung anti peradangan dan juga anti inflamasi sehingga, kemampuan untuk mencegah dan mengobati amandel sudah sangat dipercaya. Bahkan sudah digunakan sebagai alternatif obat, dalam masyarakat tradisional.

7. Mengobati diabetes

Kulit buah manggis sangat mampu untuk mengobati diabetes, karena dalam kulit manggis terdapat kandngan Xanthone yang bermanfaat untuk memberi sifat anti diabetes bagi tubuh yang mengkonsumsinya. Dengan adanya sifat anti diabetes ini tubuh akan terlindungi dari diabetes, kandungan Xanthone ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga virus dan bakteri yang akan menyebabkan diabetes juga akan dihancurkan.

8. Mencegah dari berbagai serangan penyakit

Dalam kulit buah manggis terdiri dari senyawa alfa magostin dan juga gamma magostin, yang befungsi untuk mencegah dari berbagai serangan penyakit adalah gamma mangostin, karena gamma mangostin ini dapat memberikan perlindungan dan juga mencegah timbulnya bakteri yang dihasilkan oleh tubuh, sehingga tubuh akan selalu terjaga dari berbagai serangan penyakit. Selain itu gamma mangostin ini juga berfungsi untuk mendirikan benteng-benteng perlindungan untuk melindungi serangan yang akan masuk kedalam tubuh nanntinya, dengan begitu tubuh akan menjadi lebih sehat.

9. Menghambat pemicu radang

Menurut penelitiaan pada tahun 1970-an turunan dari senyawan xanthone dapat menghentikan inflamasi dan peradangan dalam tubuh, dengan begitu kulit buah manggis akan menghambat enzim cox-2 yang berfungsi untuk memicu peradangan, dengan adanya senyawa turunan dari xanthone enzim pemicu peradangan tersebut akan diserang dan dimatikan sehigga tidak akan terjadi peradangan selama mengkonsumsi makanan yang sehat dan tidak berbahaya.

10. Mencegah penyakit Alzheimer dan arthritis

Penyakit ini dapat dicegah karena adanya gamma mangostin yang dapat memberikan perlndungan yang menyebabkan inflamasi penyakit tersebut.

11. Membantu mencegah kerusakan DNA

Buah manggis memiliki kandungan tannin yang di dalamnya mengandung aktifitas dari antioksidan sehingga akan membantu memperbaiki kerusakan DNA, yang disebabkan oleh berbagai factor, dengan begitu DNA manusia akan tetap terjaga, dan tidak akan berubah, karena dengan adanya tannin ini DNA yang ada akan lebih terjaga karena enzim DNA topoisomerase di hambat oleh kulit buah manggis ini. dengan rajin mengkonsumsi buah manggis makan tes kecocokan DNA juga akan terjaga, sehingga tidak aka nada keraguana, meski pada dasarnya DNA yang mendarah daging sebenarya tetap sama bentuknya.

12. Mencegah terjadinya tumor

Lagi-lagi kulit buah manggis dapat mencegah pertumbuhan tumor, tannin yang ada pada buah manggis sangat bermanfaat dalam bekerja mengurangi dan menghambat proses pertumbuhan tumor. Tumor pada penderita yang sering mengkonsumsi manggis akan sembuh, meskipun tidak semuannya, karena sebenarnya kandungan tannin hanya berfungsi untuk mencegah dan menghambat terjadinya tumor. Bukan untuk menyembuhkan, namun bukan tidak mungkin ketika kulit buah manggis juga bermanfaat untuk menghilangkan penyakit tumor pada si penderita.

13. Mengurangi resiko terkena serangan penyakit diare

Pada dasarnya penyebab penyakit diare ada banyak sekali, bisa karena virus bisa juga karena bakteri yang lain, atu karena salah makan, atau karena kurang minum dan lain sebagainya. Banyak penyebab terjadinya diare, namun untuk menyembuhkannya tidak perlu bingung, karena pada tannin di dalam kulit buah manggis sudah terdapat anti diarea yang akan membantu si penderita penyakit diare berkurang rasa sakitnya. Dengan adanya sifat anti diare pada tannin di kulit buah manggis artinya akan membantu memperlancar pencernaan pada proses pencernaan manusia juga.

14. Dapat merdam radikal bebas secara kuat

Hal tersebut terjadi karena adanya kandungan anti inflamasi yang terdapat pada kulit buah manggis. Dengan penelitian tenyata kulit buah manggis juga mampu untuk meredam radikal bebas yang berada dalam sisitem pencernaan.

15. Menyembuhkan pada kanker payudara

Seperti telah diulas di atas tadi bahwa kulit buah manga memiliki kandungan anti karsinogenik yang dapat membuat bakteri kanker berhenti dan bahkan sampai pergi dari tempat itu. Hal ini kulit buah manggis tidak hanya berfungsi untuk membunuh kanker payudara saja, mungkin juga dapat membasmi kanker-kanker yang lain yang juga berbahaya untuk tubuh.

ads

16. Mencegah dan mengobati asma

Anti mikroba pada kulit buah manggis yang dimiliki mampu mengobati terjadinya penyakit asma, karena anti mikroba ini akan membantu membunuh bakteri bakteri jahat yang akan menyebabkan asma. Bahkan tak hanya menyembuhkan asma, dengan kandungan anti mikroba ini dapat digunakan untuk mengatasi TBC, jantung koroner dan meningkatkan daya tahan tubuh.

17. Meredakan sakit akibat radang sendi

Seperti penjelasan yang sudah-sudah bahwa kulit buah manggis memiliki kandungan sebagai anti peradangan , sehingga bila dikatakan bahwa kulit buah manggis dapat menyembuhkan sakit akibat peradangan sendi , karena selain anti peradangan kulit buah manggis juga emiliki fungsi sebagai anti inflamasi.

18. Menurunkan pembengkakan saat menstruasi

Pembengkakan dinging pada saat menstruasi memang sangat sakit, namun terkadang hal ini memang yang dirasakan setiap awal kali merasakan haid. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin, rasa sakit ketika menstruasi akan sedikit berkurang karena rasa sakit itu akan di halangai degnan kandungan yang ada di dalam buah manggis.

19. Menyembuhkan luka tenggorokan

Luka ditenggorokan disebabkan karena infeksi pada bakteri, jika tidak segera diobati maka luka itu akan semakin besar, namun tidak perlu khawatir. Belakangan ini para tradisional obat sudah menciptakan obat tenggorokan dengan cara mengkonsumsi minuman yang mengandung kulit buah manggis, dengan begitu kandungan yang ada di dalam kulit manggis akan berfungsi untuk mengobati luka pada tenggorokan.

20. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kulit manggis memiliki banyak sekali kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk kesehatanan tubuh terutama pada system kekebalan tubuh. Manfaat antioksidan yang ada di kulit manggis sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan ini memiliki banyak kandungan seperti anti peradangan dan anti inflamasi sehingga tubuh akan benar-benar terjaga. Selain itu, kulit manggis yang direbus juga akan membantu membentuk dan mengembalikan sel-sel sebagai sarana untuk menjadi pelindung tubuh dalam melakukan sistem kekebalan tubuh.

21. Mencegah penyakit borok atau bisul

Penyakit borok disebabkan oleh bakteri yang berada diluar hal ini mudah sekali, dapat disembuhkan dengan kulit buah manggis. Kulit buah manggis terdapat kandugan anti peradangan dan anti imflamasi yang memang bermanfaat untuk menghentikan terjadinya borok atupun bisul, hal ini dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsinya atupula degan cara mengolesinya. Asalkan, hal yang dilakukan rutin, semua juga akan menghasilkan hasil yang maksimal.

Begitu banyak sekali manfaat rebusa kulit buah manggis ini, dengan rajin mengkonsumsi kulit buah manggis yang direbus maka tubuh akan menjadi lebih sehat. Namun juga perlu diinggat tidak boleh terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya, karena meskipun banyak sekali kandungan dan manfaat di kulit buah manggis, kulit buah manggis juga memiliki dampak yang buruk bagi tubuh manusia.

Ketika konsumsi seperti kulit manggis ini tidak cocok, akan timbul rasa gatal-gatal dan merah, bisa pula alergi dan juga terjadi bintik-bintik kecil. Untuk itu lebih baik diperhatikan dengan benar ketika ingin mengkonsumsi kulit buah manggis ini. Sebelum mengkonsumsi kulit buah manggis alangkah baiknya bila kulit buah manggis dicuci terlebih dahulu, sehingga kuman yang menempel pada kulit buah manggis tidak ikut termakan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 03rd, February 2016 / 06:50 Oleh :
Kategori : Herbal