15 Manfaat Rebusan Daun Pepaya untuk Kesehatan

Pepaya merupakan salah satu buah yang bentuknya besar, dengan warna daging buah yang berwarna oranye. Pepaya dikenal sebagai buah yang memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Sudah banyak sekali penelitian yang membuktikan bahwa buah pepaya memiliki jutaan manfaat dan kegunaan. Namun, kali ini kita tidak akan membahas mengenai buah pepaya, namun kita akan membahas mengenai daun pepaya.

manfaat rebusan daun pepayaSiapa yang tak kenal daun pepaya? Ya, daun pepaya merupakan daun dari pohon pepaya, yang memiliki bentuk jari, dan berwarna hijau pekat. Daun pepaya merupakan salah satu jenis daun dari pohon buah – buahan yang sering dimanfaatkan dengan cara direbus. Namun demikian, rebusan daun pepaya sendiri tidak banyak disukai oleh banyak orang karena rasanya yang pahit luar biasa. Namun demikian, rebusan daun pepaya ini tetap menjadi salah satu primadona makanan pendamping yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kita.

Apa saja manfaat dari rebusan daun pepaya?

Nah, seperti sudah disebutkan sebelumnya, rebusan dari daun pepaya ini memiliki banyak sekali manfaat. Apa saja manfaat dari rebusan daun pepaya ini? berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Sebagai lalapan

Daun pepaya sering sekali dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu sayuran yang dikonsumsi sebagai lalapan. Biasanya, daun pepaya rebus ini dimakan bersamaan dengan sambal dan laukpauk dan disediakan di beberapa warung nasi yang biasanya ada di pinggir jalan atau warteg. Meskipun memiliki rasa yang pahit, namun rebusan daun pepaya ini sangat digemari oleh banyak orang, dan dapat menjadi salah satu menu favorit dari para konsumen.

2. Sebagai bahan campuran makanan

Manfaat rebusan daun papaya juga sering sekali digunakan sebagai salah satu bahan campuran makanan. Biasanya, jenis makanan yang mencampurkan daun papaya sebagai bahannya adalah jenis makanan pecel khas Indonesia.

3. Kaya akan kandungan gizi dan mineral

Rebusan daun papaya sendiri ternyata memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan mineral. Tentu saja vitamin dan juga mineral ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita dan juga mampu untuk mengoptimalkan asupan gizi tubuh kita dalam sehari. Berikut ini adalah beberapa kandungan gizi, beripa vitamin dan juga mineral yang ada pada daun pepaya rebus :

  • Vitamin C
  • Serat
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Antioksidan

4. Anti kanker

Manfaat lainnya dari daun rebusan papaya adalah daun rebusan papaya memiliki sifat anti karsinogenik. Itu berarti daun papaya dapat membantu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan juga dapat membantu untuk mencegah munculnya kanker yang berbahaya bagi tubuh kita. Jadi, bagi anda yang ingin terhindar dari bahaya penyakit kanker, maka anda juga wajib mencoba mengkonsumsi rebusan daun pepaya. Hal ini dapat terhindar dari serangan penyakit kanker yang berbahaya, bahkan mematikan.

5. Mencegah pertumbuhan bakteri

Manfaat rebusan daun pepaya juga sangat baik untuk membunuh dan juga mencegah masuknya bakteri-bakteri ke dalam tubuh. Hal ini sangatlah berguna bagi anda yang tidak ingin terserang penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi dari bakteri atau kuman di dalam tubuh anda. Daun papaya sendiri memiliiki sifat alami yang dapat membantu untuk membunuh bakteri dan juga kuman yang dapat menyebabkan penyakit.

6. Meningkatkan daya tahan dan juga imunnitas tubuh

Merupakan dampak yang positif dari manfaat daun papaya sebagai salah satu penangkal bakteri tubuh. Maka anda juga akan memiliki kondisi imunitas dan juga daya tahan tubuh yang jauh lebih baik dengan mengkonsumsi rebusan daun papaya. Hal ini akan membantu anda menjadi lebih semangat dalam beraktivitas dan dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit di tubuh anda.

7. Anti malaria

Daun papaya ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah munculnya penyakit malaria. Malaria merupakan salah satu penyakit yang ditularkan oleh nyamuk anopheles. Dengan manfaat rebusan daun pepaya, maka daya tahan tubuh serta kemampuan tubuh dalam menangkal bakteri akan meningkat, dan sangat baik untuk mencegah munculnya penyakit malaria.

8. Mencegah demam berdarah

Secara alami, rebusan daun papaya memilki manfaat yang sangat baik dalam meningkatkan trombosit anda. Hal ini tentu saja akan sangat baik untuk mencegah munculnya gejala-gejala demama berdarah. Hal ini juga dapat mengobati penyakit demam berdarah, yang notabene dapat menyebabkan terjadinya penurunan jumlah trombosit.

9. Membantu melancarkan pencernaan

Rebusan daun papaya juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan anda. Hal ini dikarenakan kandungan seratnya yang tinggi, sehingga dapat membantu mencegah terjadinya gangguan pencernaan, seperti sembelit dan juga diare, serta dapat membantu memperlancar sistem pencernaan anda.

10. Mencegah gangguan dan permasalahan pada prostat

Beberapa penelitan memiliki hasil yang menyebutkan bahwa rebusan daun papaya memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan postat. Hal ini berdampak pada menurunnya resiko mengalami gangguan-gangguan dan juga permasalahan pada kelenjar prostat. Terutama bagi para kaum pria, yang kondisi terburuknya adalah mengalami kanker prostat.

11. Dapat mengobati jerawat

Karena memiliki sifat alami yang anti bakteri, maka rebusan daun papaya dapat dimanfaatkan untuk mengobati dan juga menghilangkan jerawat, Hal ini disebabkan karena kebanyakan, jerawat yang muncul pada wajah juga disebabkan oleh bakteri, sehingga anda dapat mengandalkan rebusan daun papaya tersebut.

12. Mencegah penyakit katarak

Rebusan daun papaya ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan mata anda, terutama dapat mencegah kemunculan penyakit katarak, yang dapat terjadi seiring dengan bertambahnya usia.

13. Membuat rambut menjadi lebih berkilau

Manfaat rebusan daun pepaya lainnya adalah dapat membantu membuat rambut menjadi lebih berkilau. Hal ini dapat anda peroleh, selain dengan mengkonsumsi rebusan daun papaya, anda dapat juga mengoleskan tumbukan dari daun papaya di rambut anda untuk mendapatkan manfaat tersebut.

14. Dapat menghilangkan ketombe

Selain baik untuk membantu membuat ambut menjadi lebih berkilau, rebusan dari dan pepay juga dpat membantu untuk menghilangkan ketombe di kepala anda. Caranya pun sama dengan cara sebelumnya, selain mengkonsumsi daun papaya rebus, anda dapat menoleskan daun papaya yang sudah ditumbuk halus.

15. Membersihkan kulit dari sel kulit mati

Rebusan daun papaya juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk membersihkan kulit anda dari sel-sel kulit mati, yang dapat menyebabkan noda hitam pada kulit anda

Itualah beberapa manfaat dari rebusan daun papaya yang wajib dan perlu untuk anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sekalian.

, ,
Post Date: Tuesday 30th, June 2015 / 02:30 Oleh :
Kategori : Sayuran