Sponsors Link

8 Manfaat Rangka Bagi Tubuh Manusia

Sponsors Link

Pernahkah kamu memanggil teman, saudara, kerabat, atau orang yang sudah anda kenal dari belakang? Bagaimana kamu bisa tahu kalau dia adalah orang yang kamu kenal, seperti temanmu, sahabatmu, atau kerabatmu? Padahal anda hanya melihat dari punggungnya, bukan dari wajahnya? Sedangkan setiap manusia memiliki punggung semua, bukan?

ads

Benar! Semua manusia memang memiliki punggung. Namun tentu anda bisa mengidentifikasi antara punggung teman anda dengan punggung ibu, bukan? Apakah anda bisa melihat perbedaanya?

Anda mungkin tidak perlu melihat wajahnya, hanya sekilas dari samping atau dari belakang, sudah bisa mengenali orang lain. Bisa jadi dari pakaian yang ia kenakan biasanya. Atau mungkin bisa jadi dari tingkah dan gerak geriknya. Namun sesungguhnya anda melupakan salah satu peran penting yang akan menjadi jawaban dari pertanyaan anda ini. Jawabanya adalah :

“Dari kerangka tubuh manusia.”

Apa itu kerangka ?

Kerangka atau biasa di singkat rangka adalah bentukan dari tulang, yang memiliki kandungan kalsium lebih banyak dari sekedar tulang biasa. Meski begitu, warna dari rangka ini tetaplah putih. Rangka terhubung antara satu tulang ke tulang lain, sehingga memiliki bentuk tersendiri. Memang sejatinya, rangka manusia satu dengan lainya sama sama memiliki rangka. Hanya saja, bentukanya dalam menegakkan tubuh dan melekatkan daging tiap manusia itu berbeda beda. Untuk itulah mengapa tubuh manusia terlihat berbeda beda.

Lalu apa sajakah manfaat rangka manusia ini ? Simak uraian berikut :

1. Memberi bentuk tubuh

Rangka tersusun dari tulang tersebut memiliki peran utama yakni memberi bentuk tubuh. Misalnya adalah pada tulang tengkorak. Di bagian muka, akibat adanya rangka akan memberi bentuk wajah. Dengan begitu mata, hidung, bibir, dan pipi anda bisa berdiri megah di sana.

2. Penopang seluruh tubuh

Adanya rangka sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Salah satunya sebagai penopang tubuh. Anda bisa mengamatinya lewat kuatnya kaki anda untuk berdiri. Bukankah ia menopang dengan kuat seluruh tubuh anda? Lalu saat duduk, tulang pinggang anda bersama pantat menopang berat tubuh dari perut sampai kepala.

Hal ini layaknya bumi yang memiliki penopang alam seperti :

3. Tempat melekatnya daging

Dengan adanya rangka, maka sangat baik sebagai tumpuan dari daging. Sebab daging sendiri hanya terisi dari struktur yang lemah, empuk dan tidak berbentuk. Anda bisa mengamati telapak tangan anda. Bayangkan saja tak ada rangka tulang telapak tangan dan jari jemari. Bagaimana bisa terbentuk tangan? Mustahil bukan!

Berikut ini sejumlah kegunaan daging yang dikonsumsi manusia :

4. Melindungi organ vital

Rangka juga memiliki manfaat lain yang cukup penting. Yakni sebagai pelindung alat vital. Misalnya seperti paru paru, jantung, alat kemaluan, otak, usus, dan lain sebagainya. Bayangkan saja jika anda tidak memiliki kerangka tulang rusuk? Betapa mudahnya paru paru dan jantung anda untuk di sentuh dan di rusak? Akan sangat rawan dan rentan ketika anda jatuh, sehingga menjadikan anda mati.

5. Tempat melekatnya otot

Kerangka juga sangat baik sebagai tempat melekatnya otot. Misalnya otot otot yang ada di tulang bisep dan trisep, di lengan kita. Jika tidak adanya kerangka, maka otot tersebut tidak memiliki tumpuan. Nah jika hal tersebut terjadi, maka otot tidak bisa berdiri tegak dan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

6. Tempat pembentukan sel darah merah

Sel darah merah atau biasa di kenal dengan nama eritrosit merupakan salah satu jenis sel darah yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Salah satu manfaatnya adalah membawa sari sari makanan yang akan diedarkan ke seluruh tubuh. Eritrosit ini hanya memiliki batas waktu untuk hidup, sehingga keberadaanya sel tersebut harus selalu di produksi.

Pembentuk utamanya adalah manfaat zat besi, yakni salah satu mineral. Sedangkan tempat pembuatanya berada di hati, limfa, dan sumsum tulang belakang. Keberadaan rangka diafragma inilah yang menegakan untuk membantu melindungi hati dan limfa. Sedangkan keberadaan vertebrae membantu penegakan sumsum tulang belakang.

Pembentukan sel darah merah bisa dioptimalkan dengan :

7. Rangka merupakan alat gerak pasif

Rangka merupakan salah satu alat gerak yang membantu segala aktifitas manusia. Dengan adanya kontraksi otot, rangka tersebut bisa bergerak. Misalnya anda menulis, membaca, mendengarkan. Semua itu adalah salah satu bentuk gerakan yang menjadikan aktifitas bermanfaat. Lalu siapakah yang menggerakan? Kerja otot. Siapakah yang menyuruh untuk menggerakan? Otak.

8. Memberi kekuatan

Keberadaan rangka memberi kekuatan tubuh. Ia berdiri, melakukan kegianatan, menopang tubuh, untuk duduk, semua jika di lakukan hanya oleh otot dan daging tentu tidak mampu dan tidak bisa. Namun dengan keberadaan rangka, semua bisa di lakukan.

Konsumsi makanan berikut ini sebagai sumber tenaga yakni :

Itulah fungsi rangka bagi tubuh manusia. Semoga membantu belajar anda..

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 26th, September 2015 / 04:14 Oleh :
Kategori : Pendidikan