Sponsors Link

4 Manfaat Rambutan Binjai untuk Kesehatan

Sponsors Link

Rambutan merupakan buah asli dari Indonesia dan sangat cocok untuk tumbuh di wilayah tropis. Buah ini dinamai dengan rambutan karena memiliki rambut pada buahnya. Rambutan sendiri terdiri dari beberapa jenis dan yang akan dibahas pada artikel ini adalah mengenai rambutan binjai. Ciri-ciri dari rambutan binjai adalah buahnya yang berwarna merah tua dan rambut pada buah rambutan ini tipis- tipis namun keras. Untuk rasanya sendiri rambutan binjai banyak di cari karena rasa buahnya yang manis. Saat kulit dari rambutan ini di kupas maka daging buah juga mudah ikut terkelupas dengan bijinya.

ads

Buah rambutan ini kadang juga dijadikan sebagai es buah oleh para pedagang. Namun tahukah Anda bahwa kandungan gizi yang terdapat pada buah rambutan binjai ini tidak kalah dari apel dan jeruk. Berikut ini kandungan yang terdapat pada rambutan binjai :

  • Vitamin c diperlukan oleh tubuh untuk mengatasi sariawan secara alami. (Baca juga : Manfaat vitamin c)
  • Serat buah yang kaya akan serat diperlukan untuk melancarkan sistem pencernaan. (Baca juga : Manfaat serat)
  • Karbohidrat diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi. (Baca juga : Manfaat karbohidrat)
  • Zat besi berguna untuk memproduksi sel darah merah didalam tubuh. (Baca juga : Manfaat zat besi)
  • Vitamin a yang bertujuan untuk menjaga kesehatan mata. (Baca juga : Manfaat vitamin a)

Itulah beberapa kandungan yang terdapat didalam rambutan binjai. Dibalik kandungannya yang kaya akan vitamin rambutan binjai juga bermanfaat di bidang kesehatan. Berikut ini manfaat dari rambutan binjai bagi kesehatan :

1.Kesehatan mata

Mata merupakan salah satu indera yang berguna untuk melihat. Mata disebut juga dengan jendela dunia dimana kita dapat melihat dan memperhatikan keadaan sekitar dengan menggunakan mata. Kesehatan mata tentu begitu penting terkait dengan kegunaan mata dalam kehidupan. Mata bisa saja mengalami gangguan seperti rabuh jauh, rabun dekat dan rabu senja. Adapun cara untuk mencegah penyakit mata tersebut adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin untuk mata. Mata memerlukan vitamin a untuk dapat menutrisi mata. Jadi jika Anda ingin memiliki mata yang sehat maka konsumsi rambutan binjai bisa menjadi pilihan. Ini karena rambutan binjai kaya akan vitamin a didalamnya.

Artikel terkait :

2. Sariawan

Sariawan dan bibir pecah-pecah merupakan indikasi oleh tubuh bahwa kita kekurangan asupan vitamin c. Sariawan memang bukan penyakit yang serius namun saat sariawam penderita akan kesulitan untuk makan karena perih yang dirasakan. Penderita sariawan dapat disembuhkan dengan pemberian obat tetes. Sedangkan untuk pencegahan dari sariawan dapat dilakukan dengan cara konsumsi buah yang kaya akan kandungan vitamin c. Salah satu buah yang kaya akan vitamin c adalah rambutan binjai.

Artikel terkait :

3. Diare

Diare bisa disebabkan karena virus yang mengakibatkan tubuh menjadi lemah karena kekurangan cairan secara berlebihan. Diare dapat diatasi dengan pemberian oralit sebagai langkah awal penanganan. Sedangkan untuk pencegahan secara alami atau tambahan alternatif pengobatan secara alami dapat mengonsumsi rambutan binjai. Kandungan karbohidrat didalamnya dapat membantu menambah energi didalam tubuh.

Artikel terkait :

Sponsors Link

4. Anemia

Anemia merupakan indikasi dari berkurangnya kadar hemoglobin didalam sel darah merah. Hemoglobin memiliki fungsi untuk mengikat oksigen didalam darah yang kemudian dialirkan melalui jantung untuk disebarkan keseluruh anggota tubuh. Penderita anemia memiliki ciri-ciri mudah lelah dan terlihat pucat. Dalam kondisi yang lanjut anemia kadang dapat mengakibatkan hilang kesadaran. Anemia dapat dicegah dan diatasi dengan mengonsumsi rambutan binjai. Jika Anda merupakan penggemar rambutan maka manfaat yang Anda rasakan akan banyak sekali untuk kesehatan. Karena selain rasanya yang manis rambutan binjai juga dapat memberikan dampak yang positif bagi kesehatan.

Artikel terkait :

Itulah beberapa manfaat yang didapat dari rambutan binjai untuk kesehatan. Namun yang perlu diperhatikan adalah tetap mengonsumsi rambutan ini secukupnya saja jangan mengonsumsi secara berlebihan. Dan baiknya konsumsi setelah makan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 25th, February 2017 / 03:28 Oleh :
Kategori : Buah Buahan