5 Manfaat Rambut Bayi di Cukur

Bayi yang baru lahir memiliki rambut meskipun belum terlalu banyak. Namun seiring dengan pertambahan usianya bayi tersebut rambut yang dimiliki menjadi lebih panjang dan lebat. Rambut bayi masih tipis dan halus sehingga untuk perawatannya sendiri memerlukan shampo yang memang di khususkan untuk bayi. Baik bayi laki-laki dan perempuan. Biasanya ibu bayi akan membersihkan rambut bayi dengan shampo saat akan mandi.

Artikel terkait :

Tapi ada juga ibu yang memotong rambut bayinya dengan tujuan lebih praktis dan tidak membuat bayi rewel. Berikut ini penjelasan mengenai manfaat dari mencukur rambut pada bayi antara lain :

1. Membersihkan rambut bayi

Rambut bayi memerlukan perawatan dan shampo yang cocok untuk rambut bayi. Ini karena kulit kepala bayi masih bersifat lunak dan sensitif. Kadang saat dalam kandungan rambut bayi yang kaya akan minyak juga memicu timbulnya kerak pada kepalanya. Untuk menghilangkan lemak yang menempel tersebut ibu harus memotong rambut bayi terlebih dahulu. Karena tidak memungkinkan untuk membersihkannya satu per satu. Jadi mencukur rambut bayi bermanfaat untuk membersihkan rambut bayi sekaligus.

Artikel terkait :

2. Mencegah iritasi

Manfaat dari mencukur rambut bayi berikutnya adalah untuk mencegah iritasi. Iritasi adalah timbulnya rasa perih da merah pada kulit kepala bayi. Penyebab iritasi banyak sekalisalah satunya adalah tidak cocoknya produk shampo yang digunakan. Namun bisa juga iritasi terjadi akibat biang keringat yang ada disekitar kepala. Jika rambut bayu tidak dicukur maka rambut akan tumbuh menjadi panjang. Rambut yang panjang lebih mudah untuk mengakibatkan iritasi pada kulit kepala bayi daripada rambut yang pendek. Itu kenapa para ibu yang masih memiliki bayi lebih senang untuk mencukur kulit kepala bayinya dan menjaga kesehatan kulit kepala bayi secara alami.

Artikel terkait :

3. Rambut tumbuh lebih sehat

Rambut bayi yang dicukur juga menimbulkan rambut yang lebih sehat dan lebat untuk kedua kalinya. Untuk bayi yang punya rambut tipis biasanya para orang tua terdahulu menyarankan untuk mencukur habis rambut di kelapanya. Tujuan dari mencukur habis rambut dikepala bayi adalah untuk menumbuhkan rambut yang lebih sehat dan lebih lebat. Jadi jika sebelumnya rambut bayi tipis setelah dicukur akan merubah menjadi lebih lebat dari pada sebelumnya.


4. Mempercantik penampilan bayi

Bayi pada dasarnya semua memang cantik. Tanpa melakukan hal yang menarikpun setiap bayi pasti sangat disukai oleh banyakorang. Terutama bayi yang penampilannya lebih lucu dan imut sekali. Namun tidak sedikit sekarang ibu-ibu yang peduli akan bayinya. Sehingga saat akan keluar rumah untuk jalan-jalan sore didandani dengan baik termasuk masalah rambut bayi. Rambut bayi baiknya memang dicukur jika sudah mulai panjang. Rambut yang panjang pada bayi kadang bisa membuat bayi gatal-gatal sehingga menggaruk kulit kepalanya yang gatal. Jika kulit kepala digaruk maka bisa menimbulkan korengan dan kelanjutannya kulit kepala bayi jadi tidak cantik lagi. Namun bagi bayi yang masih kecil jika gatal mereka cenderung akan menangis saja. Jika bayi menangis tentu membuat ibu sulit untuk melakukan aktifitas lainnya.

5. Bayi tidak merasakan kegerahan

Rambut yang panjang juga tidak hanya menimbulkan rasa gatal namun juga kegerahan pada bayi. Saat rambut bayi panjang bayi jadi mudah merasa kegerahan. Terlebih saat itu hari panas yang ada bayi jadi menangis karena kepanasan. Itu sebabnya penting bagi ibu untuk mencukur rambut bayi. Rambut bayi yang dipotong tersebut kemudian ditanam. Dengan tampilan rambut pendek bayi akan merasa lebih tenang dan tidak kegerahan lagi.

Artikel terkait :

Rambut bayi tetap harus menjadi perhatian bagi para ibu untuk mencegah iritasi dan juga gatal-gatal pada kulit rambut bayi. Karena kulit rambut bayi khususnya pada rambut masih sensitif dan lembut. Jadi perawatan untuk kulit bayi terutama rambut tetap harus dirawat dengan shampo yang cocok dan mencukur rambut bayi yang mulai tumbuh panjang.

, , , ,
Post Date: Saturday 25th, February 2017 / 07:54 Oleh :
Kategori : Kesehatan