14 Manfaat Pull Up Bagi Tubuh

Siapa yang tidak tahu dengan pull up pasti sekarang ini semua orang mengetahui apa itu pull up, bagaimana cara melakukan pull up, pull up sendiri merupakan salah satu latihan dari beberapa latihan dalam proses pembentukan otot agar tubuh yang dimiliki dapat terlihat atletis dan juga memiliki tubuh yang sehat karena olahraga yang dilakukan ini. Bisanya otot yang dihasilkan membentuk otot pada bagian atas sehingga hal itu yang membuat badan menjadi terlihat atletis.

Pada latihan pull up sendiri biasanya dilakukan dengan menggantungkan tubuh di palang lalu setelah itu menarik tubuh ke atas sampai tubuh dapat sejajar dengan bagian dagu atau jika bisa dilakukan dengan tubuh dapat melebihi palang yang dimana kedua tangan menumpu pada bagian palang gar dapat menarik tubuh untuk sejajar dengan dagu atau melebihi palang tersebut.

Dibawah ini merupakan manfaat dari melakukan latihan pull up agar membentuk tubuh yang atletis, diantaranya:

  1. Membentuk tubuh pada bagian lengan

Dengan melakukan latihan pull up dengan benar dan dilakukan secara aturan yang telah diaturkan dapat membentuk tubuh bagian lengan, kenapa? Karena pada latihan ini dapat membentuk otot pada bagian lengan yang membuat tubuh menjadi terlebih atletis, pada bagian ini para pria yang diidamkan yang menggambarkan bahwa pria tersebut terlihat lebih kuat dan juga terlihat keren. Apalagi dengan dibarengi makanan yang memiliki vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh, seperti pada manfaat vitamin A, manfaat Vitamin K, Manfaat vitamin B, manfaat vitamin C, manfaat vitamin E, dan manfaat vitamin D tersebut baik untuk kesehatan tubuh.

baca juga : menyehatkan otot dan saraf

  1. Membentuk tubuh bagian bahu

Biasanya dalam melakukan latihan dampak yang hasilkan membentuk bagian tubuh yang tidak hanya berbentuknya pada bagian lengan saja namun juga membentuk bagian tubuh yang lain seperti pada bagian bahu, agar terbentuknya tubuh pada bagian bahu dapat dilakukan dengan rutin melakukan latihan pull up yang menggantungkan tubuh pada palang dengan tangan yang menumpu palang.

baca juga : manfaat handstand push up

  1. Membentuk tubuh bagian dada

Selain membentuk tubuh bagian bahu dan juga lengan dampak dari melakukan latihan pull up pun dirasakan dengan adnya pembentukkan tubuh bagian dada, biasanya bagian dada ini merupakan bagian utama yang paling diinginkan oleh para pria karena bagian dada paling terlihat perubahannya. Bagian dada sendiri terlihat perubahan dari melakukan pull setiap hari yaitu bagian dada menjadi berbidang-bidang atau sering disebut dengan dada sixpack, dada ini wanita pun menyukainya yang beranggapan bahwa pria tersebut terlihat seperti olahragawan yang memiliki badan yang keren dan sedap dipandang mata.

baca juga : manfaat sit up

  1. Membentuk badan bagian punggung

Ternyata manfaat pull up bagi tubuh sendiripun membuat punggung pun ikut melakukan perubahan, sama seperti pada dada bagian punggung pun terlihat seperti berbidang. Pada latihan ini pun memiliki dampak yang cukup besar pada proses pembentukan badan bagian atas yang membuat seseorang terlihat lebih keren dan atletis.

baca juga : manfaat zumba dance

  1. Membentuk badan bagian tangan

Latihan pull up yang pada dasarnya ditumpukan pada tangan yang memegang palang untuk dapat menaik dan menurunkan tubuh sampai dagu atau sampai melebihi palang tersebut, oleh karena itu maka dengan latihan seperti itu dapat membentuk otot pada tangan menjadi terbentuk. Dengan latihan seperti ini secara teratur dan juga melakukannya secara benar sesuai dengan prosedur yang dianjurkan maka akan membentuk otot pada tangan kita. adapun untuk membentuk otot maka ada makanan pembentuk otot bagi tubuh agar membentuk otot pada tubuh kita.

Pada latihan seperti ini atau pull up termasuk kedalam latihan pembentuk yang dikategorikan sebagai latihan CKC atau dengan kepanjangannya closed kinetic chain yang dimana latihan ini mirip dengan gerakan pada push up, sit up dan juga squat yang termasuk juga kedalam latihan yang cukup berat dan diharuskan juga dilakukan menggunakan teknik yang benar agar nantinya jika tidak memakai teknik yang tidak benar akan mengakibatkan cidera otot yang dimana cidera tersebut dapat menunda dalam proses pembentukkan otot dan untuk pemulihannya pun membutuhkan waktu yang lama agar kembali ke posisi yang semula.  cidera pada otot dapat dilakukan dengan gerakan cium lutut untuk menghilangkan cidera pada otot.

baca juga : manfaat zumba untuk orang kurus

  1. untuk menambah kekuatan genggaman tangan

selain membentuk otot pada bagian tubuh atas ternyata secara tidak langsung manfaat lain didapatkan seperti pada point itu yaitu pull up dapat dijadikan sebagai latihan untuk menambah kekuatan genggaman tangan kita. Dimana pada latihan ini menggunakan tangan dan juga jari-jari tangan kita dengan menahan berat badan kita ketika sedang menggantung pada palang yang digunakan untuk latihan pull up. Jika latihan pull ini rutin dilakukan maka secara otomotatis jari-jari tangan anda akan menjadi lebih kuat dan juga dapat digunakan dalam melakukan ilmu bela diri atau juga wrestling sekalipun.

baca juga : manfaat memiliki kekuatan otot

  1. Jantung dapat terjaga kesehatannya

Efek yang dihasilkan dari latihan pull tidak hanya dilihat dari otot saja yang menjadi terbentuk namun dalam tubuh pun mengalami manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh yang lainnya, seperti kesehatan jantung yang dimana kesehatan jantung ini dikarenakan latihan pull up yang rutin secara tidak langsung mengaktifkan gerakan otot yang lainnya seperti otot jantung. untuk menjaga kesehatan jantung pun perlu adanya asupan makanan yang mengandung asam folat, yang dimana terdapat manfaat asam folat yang memiliki peran dalam kesehatan jantung.

baca juga : manfaat lari pagi

  1. Mampu membantu dalam menghilangkan lemak dalam tubuh

Latihan pull ini bukan hanya membentuk otot dan juga menjaga kesehatan jantung kita namun sebenarnya bagi yang ingin menghilangkan lemak pun bisa, karena pada saat melakukan latihan pull ini lemak yang ada dalam tubuh itu terbakar dan melalui pembakaran tersebut  energi didapatkan untuk melakukan aktivitas. Maka dari itu menghilangkan lemak tersebut denganadanya pembakaran yang dimana pembakaran tersebut lemak dijadikan sebagai energi.

baca juga : manfaat lemak nabati

  1. Mampu menambah keseimbangan tubuh

Dengan melakukan latihan pull up secara rutin dan menggunakan teknik yang benar sesuai prosedur akan menambah keseimbangan tubuh kita, karena dimana pada saat melakukan pull up sendiri tangan menggantung pada palang yang dimana pada posisi tersebut badan dalam ikut menggantung.

Jadi, ketika saat itu kita yang sedang melakukan pull tersebut harus bisa menyeimbangkan tubuh kita dengan tangan. tangan yang menumpu pada palang sebagai pegangan kita saat melakukan pull tersebut, dan dengan melakukan latihan pull up secara rutin itu yang membuat keseimbangan itu, karena sejumlah otot yang ada dalam tubuh kita akan ikut bekerja yang akan memberikan keseimbangan pada tubuh kita.

baca juga : manfaat relaksasi otot progresif bagi tubuh

  1. Mampu membantu dalam menambah inti kekuatan

Selain menambah keseimbangan tubuh, latihan pull up ini juga mampu menambah inti kekuatan. dimana hal tersebut dikarenakan pada saat melakukan latihan pull, otot tubuh bekerja sama untuk dapat membantu kekuatan tubuh pada sejumlah otot yang terkoordinasi secara baik untuk dapat menghasilkan inti kekuatan pada tubuh kita.

baca juga: manfaat memiliki kekuatan otot

  1. Mampu membantu dalam memperbaiki bentuk tubuh

Siapa yang tidak ingin memiliki bentuk dan juga postur tubuh yang ideal serta sedap dipandang mata. Hal itu dapat dilakukan dengan melakukan latihan pull up yang dimana pull up sendiri mampu membantu dalam perbaikan bentuk dan postur tubuh. Sebenarnya tubuh yang kurang baik karena pada saat itu tubuh kita mengalami perubahan dari segi otot dan yang lainnya serta lemak pun akan hilang karena lemak tersebut mengalami pembakaran.

Tulang belakang manusia pun mengalami seperti tidak meregang seperti itu sebelum melakukan latihan pull up, jadi ketika melakukan latihan pull up tubuh kita akan mengalami peregang. Secara otomatis pun dapat memperbaiki bentuk tubuh kita dan bentuk tubuh menjadi lebih berotot dengan disertai lemak yang menghilang akibat pembakaran.

baca juga: manfaat lemak jenuh dan tak jenuh

  1. Mampu membantu dalam memperbaiki postur tubuh

Sama seperti halnya bentuk tubuh kita yang dapat diperbaiki, pada postur tubuh kita pun dapat diperbaiki dengan cara nya dapat dilakukan dengan secara rutin melakukan latihan pull up. Karena pada saat kita melakukan latihan pull up tubuh kita akan mengalami peregangan juga seperti halnya pada saat memperbaiki bentuk tubuh kita.

Pada saat itu tulang belakang setelah melakukan latihan pull up dengan cara melakukannya tubuh menggantung pada palang, dengan tumpuan tangan yang menggantung pada palang tersebut tubuh akan mengalami peregang tulang belakang. Dimana secara otomatis dapat memperbaiki postur tubuh kita yang tubuh terlihat lebih baik lagi.

baca juga: manfaat kalsium bagi tubuh di segala usia

  1. Mampu membantu dalam proses peninggian tubuh

Hal tersebut terjadi karena pada saat setelah melakukan latihan pull up tersebut mengalami peregangan pada tulang belakang. Pada saat melakukan latihan pull up tersebut yang dimana melakukannya tersebut dengan cara tubuh menggantung pada palang lalu tubuh tersebut. Bukan hanya menggantung tubuh saja namun tubuh dinaikkan sampai dagu sejajar dengan palang atau melebih palang.

Lalu tubuh diturunkan sampai tangan menjadi lurus itu, maka tulang belakang akan secara otomatis mengalami peregangan yang dimana tulang belakang seperti itu akan menambah tinggi badan kita. Tulang belakang seringkali ada yang mengalami cidera tulang belakang mampu diatasi dengan mengkonsumsi ceker ayam, dimana terdapat manfaat ceker ayam memiliki manfaat dalam mengatasi cidera tulang belakang.

baca juga: manfaat susu untuk kesehatan tubuh

  1. Mampu membantu dalam menguatkan otot tubuh

Alasan yang menjadi otot tubuh menjadi lebih kuat karena pada saat melakukan latihan pull up ini sejumlah otot dilatih agar lebih kuat, otot yang dilatih ini seperti rhomboid, otot bisep dan triseo yang ada di tangan manusia, otot dada yang membuat dada menjadi terlihat sixpack dan juga berbidang atau otot tersebut disebut pectoralis, otot brachioraddialis, otot latissimus dorsi dan juga otot trapezoid.

baca juga: manfaat push up secara rutin

Diatas merupakan beberapa manfaat pull up bagi tubuh yang dilakukan dengan cara menggantung tubuh, agar mendapatkan manfaat yang terasa oleh tubuh diperlukan teknik yang benar dan jika tidak dilakukan dengan teknik yang tidak benar nantinya apabila mengalami kelelahan tidak akan menimbulkan cidera otot. Lakukan lah secara teknik yang benar agar tubuh menjadi lebih optimal perubahannya dan tidak terjadi cidera otot pada tubuh anda.

, ,
Post Date: Wednesday 15th, June 2016 / 02:58 Oleh :
Kategori : Olahraga