Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Manfaat Pulang Kampung Bagi Keluarga

Sponsors Link

Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang sangat besar. Begitu banyak pulau, berarti banyak pula suku bangsa dan juga daerah-daerah yang bisa kita kunjungi. Dan, sudah bukan hal yang aneh apabila di dalam suatu negara yang besar, akan terjadi proses transmigrasi, urbanisasi, dan juga perantauan. Ya, tinggal di suatu daerah pedesaan yang mungkin biasa-biasa saja akan menyebabkan siapapun untuk mencari kehidupan yang lebih baik, yang biasanya tertuju pada kota-kota besar dan sudah tergolong maju. Dengan adanya perantauan ini, maka para perantau diharapkan bisa memiliki kualitas hidup yang lebih baik, dari segi material dan juga pendidikan.

Fenomena Pulang Kampung di Indonesia

Maka dari itu, terdapat suatu fenomena yang sudah lama terjadi di dalam masyarakat indonesia, yaitu pulang kampung. Pulang kampung merupakan salah satu fenomena yang terjadi dan sering dilakukan oleh masyarakat, 1 atau 2 kali dalam setahun, yakni pulang dari perantaunnya dan kembali ke kampung halaman. Di Indonesia para perantauan akan kembali ke kampung halaman yang berasal dari pulau Jawa, Sumatera, hingga ujung timur Papua sana. Fenomena ini biasa terjadi pada saat libur panjang, seperti lebaran, natal, dan juga tahun baru.

Pulang kampung atau yang biasa kita kenal dengan istilah mudik ini memiliki banyak manfaat loh. Apa saja manfaat pulang kampung? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Melepas rasa rindu bertemu dengan keluarga

Manfaat pertama dan yang paling sering dirasakan oleh mereka yang pulang kampung adalah untuk melepas rasa rindu dengan keluarga besar dan juga kampung halaman. Biasanya, pulang kampung dilakukan sekali atau dua kali dalam setahun, sehingga sudah pasti hal ini akan menyebabkan siapapun merasa rindu dengan keluarga besarnya di kampung halaman.

Maka dari itu, dengan melakukan pulang kampung ini, layaknya manfaat liburan keluarga rasa rindu kita terhadap keluarga besar dan juga kampung halaman kita pun akan terpuaskan. Kita pastinya akan merasa sangat senang apabila bisa bertemu dengan keluarga besar dan juga bisa kembali ke kampung halaman kita.

2. Melepas rasa penat setelah bekerja di kota besar

Manfaat pulang kampung lainnya yang bisa kita rasakan adalah sebagai pelepas rasa penat setelah berbulan bulan menjalani kehidupan dan juga aktivitas bekerja yang itu itu saja. Sudah pasti kita akan merasa bosan dan juga jenuh dengan kegiatan dan juga aktivitas kita sehari hari. Karena itu, dengan melakukan tradisi pulang kampung ini, kita bisa melepas rasa penat kita dan juga dapat melepaskan sejenak beban beban kerja yang sudah kita alami selama beberapa bulan bekerja di kota besar.

Dengan bertemu keluarga besar dan juga kampung halaman yang dirindukan, maka hal ini akan sangat baik untuk melepas rasa penat anda, dan anda pun akan merasa rileks dan juga tenang karena tidak harus memikirkan beban pekerjaan selama beberapa hari.

Untuk mengusir rasa penat, kita bisa juga mendapatkannya dari :

3. Sebagai media rekreasi

Pulang kampung adalah sebagai salah satu media rekreasi. Ya, setelah pusing dan juga penat akan kegiatan kita sehari-hari, maka saatnya kita melakukan pulang kampung sebagai salah satu media rekreasi yang dapat membantu menyegarkan pikiran. Kunjungilah tempat wisata pada lokasi kampung halaman anda, atau anda juga dapat menikmati suasana kampung halaman anda yang kondisinya akan jauh lebih menenangkan anda daripada di kota.

Bagi anak anak, pulang kampung juga merupakan salah satu kegiatan yang amat menyenangkan, karena dapat membantu mereka untuk mengenal lokasi rekreasi, dan membantu mereka menjadi lebih dekat dengan alam kampung halaman. Hal ini akan membuat anak anak akan lebih cinta terhadap alam, dan membuat anak-anak memiliki pengalaman baru yang berbeda. Wisata alam ini bisa diperoleh dari :

4. Meningkatkan silaturahmi dengan banyak orang

Pastinya, dengan melakukan tradisi pulang kampung , hal ini akan meningkatkan silaturahmi anda dengan keluarga, tetangga dan juga orang lain. Ya, paling tidak selama perjalanan pulang kampung anda akan bertemu dengan banyak orang yang bisa anda ajak mengobrol dan bertukar cerita. Hal ini sudah pasti akan meningkatkan kualitas silaturahmi anda dan juga dapat menambah pertemanan serta relasi anda, dan sudah pastinya, banyaknya relasi bisa bermanfaat.

Selain itu, pulang kampung juga sangat baik untuk membantu meningkatkan tali silaturahmi kepada keluarga besar dan juga penduduk lokal di kampung halaman anda. Silaturahmi merupakan salah satu hal yang penting, karena dapat membantu menambah relasin dan sebagai makhluk sosial, kita sebagai manusia pasti sangat membutuhkan interaksi satu sama lain.

Dengan meningkatnya interaksi silaturahmi ini, maka kita tentunya akan merasa senang dan juga puas karena sudah bisa bertemu dengan banyak orang, dan bisa berinteraksi dengan banyak orang. Manfaat silahturahmi ini bisa kita rasakan pada :

5. Menjalankan roda ekonomi dan perputaran uang di daerah

Siapa sangka, ternyata pulang kampung juga memiliki manfaat hang sangat baik untuk membantu menjalankan roda ekonomi dan juga menjalankan perputaran uang di suatu daerah. Contohnya saja, apabila anda berkunjung pada suatu kota, maka paling tidak anda akan melakukan beberapa transaksi di kota tersebut. Transaksi inilah yang kemudian dapat meningkatkan perputaran roda ekonomi dari suath daerah. Dengan begitu, perputaran uang akab menjadi semakin tinggi dan cepat, dan hal ini juga akan sangat berdampak bagi pendapatan individu maupun pendapatan daerah.

Dengan demikian, pulang kampung tidak hanya bermanfaat bagi individu saja, namun juga bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi pendapatan daerah dan juga penduduk sekitar. Hal ini juga terjadi, terutama ketika kita pulang kampung biasanya kita juga akan membeli oleh oleh dari kampung halaman kita, yang tentu saja dapat menguntungkan para pedagang, dan juga para penjual dari kampung halaman kita, yang merupakan rejeki tersendiri bagi mereka.

Bagi negara, perputaran ekonomi ini juga dipengaruhi oleh :

6. Meningkatkan pariwisata di daerah tertentu

sponsored links

Dari sektor pariwisata sudah pasti kegiatan pulang kampung ini memiliki manfaat yang baik bagi sektor pariwisata. Ya, fenomena pulang kampung ini merupakan salah satu momen terbaik bagi pemerintah daerah untuk mempromosikan dan juga memperkenalkan potensi pariwisata di daerahnya. Ketika pulang kampung , biasangya yang dituju adalah lokasi wisata daerah lokal. Hal ini tentu saja akan menjadi manfaat tersendiri bagi pemerintah lokal, dimana akan meningkatkan pendapatan daerah dari segi pariwisata. Apabila pendapatan daerah meningkat, maka hal ini tentu saja akan sangat baik bagi kelangsungan pembangunan suatu daerah menjadi lebih baik lagi.

Selain itu, dengan pulang kampung , potensi pariwisata dari suatu daerah juga akan meningkat, dimana mereka yang melakukan tradisi pulang kampung akan membantu mempromosikan potensi pariwisata di daerahnya, sehingga akan membantu ‘menjual’ potensi potensi pariwisata yang ada pada daerah tersebut. Peningkatan pariwisata suatu daerah juga dipengaruhi oleh :

7. Menambah pengalaman

Manfaat pulang kampung lainnya adalah dapat membantu untuk menambah pengalaman. Ya, perjalanan jauh merupakan salah satu hal yang harus dipersiapkan dengan sangat baik. Karena itu, dengan melakukan tradisi pulang kampung , seseorang bisa menambah pengalamannya dalam berpergian ke daerah tertentu, seperti hal – hal apa saja yang harus diantisipasi pada saat melakukan perjalanan, serta barang apa saja yang penting dan juga tidak penting ketika dibawa ketika berpergian jauh.

pengalaman hidup juga bisa kita dapati dengan :

Itulah manfaat dari pulang kampung yang sering tidak disadari. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan anda semua, dan berhati-hatilah saat melakukan perjalanan pulang kampung.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 17th, September 2015 / 06:42 Oleh :
Kategori : Sosial