Sponsors Link

4 Manfaat Puasa Untuk Pendertia Maag

Sponsors Link

Maag merupakan penyakit yang menyerang bagian organ tubuh lambung. Ini bisa terjadi karena luka yang ada pada lambung yang akan menyebabkan rasa mulas, perih diperut dan juga rasa sakit. Sakit maag biasanya dikenal dengan dispepsia yaitu masalah pada kesehatan lambung yang dimana kondisi ini terjadi karena sering mengkonsumsi cemilan, minum soda yang berlebih, mengkonsumsi makanan yang mengandung asam amino. Kebanyakan penderita maag terjadi pada orang perokok dan orang yang mudah stress.

Lalu apa benar dengan melakukan puasa akan mempunyai manfaat untuk penderita penyakit maag ?

Jawabanya benar karena puasa selain mendapatkan pahala dari tuhan yang masa esa. Juga mendapatkan manfaat dari kegiatan berpuasanya. Karena dengan menjalankan ibadah puasa akan menjadikan pola makan akan teratur yang dimana pada saat melakukan puasa akan ada saat sahur dan berbuka. Sebenarnya penderita maag hanya perlu mengkonsumsi obat yang menekan asam lambung seperti obat yang ada komposisi reseptor H2 (ranitidine, famotidine, simetidine, nizatidine) atau juga yang memiliki komposisi proton (omeprazole, lansoprazole, rabeprazole, esomeprazole, pantoprazole) anda tidak perlu menghafal atau memahami hanya dengan tinggal tanyakan kepada dokter tentang resepnya.

Jadi manfaat puasa untuk penderita maag antara lain ?

1. Maag akan terbiasa dengan makan yang teratur dan terjadwal

Ini sudah pasti akan terjadi pada penderita maag, dengan melakukan puasa tentunya pola makan akan menjadi teratur dan terjadwal. Jadi tidak akan ada lagi mengkonsumsi makanan yang berlebihan. Atau makan belum pada waktunya.

Baca juga artikel tentang pola makan lainnya :

2. Asam lambung akan kembali menjadi normal

Asam lambung bagi penderita maag menjadi problema yang sangat mengganggu dan menjengkelkan. Dengan asam lambung yang dideritanya pasti akan membuat perut akan menjadi sakit seakan-akan ada yang melilit perutnya. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk melakukan puasa untuk menjaga keseimbangan asam lambung.

Baca juga artikel tentang asam lambung lainya :

3. Menyehatkan asam lambung melainkan menyehatkan semua organ tubuh

Pernyataa diatas tentunya sangat benar, karena dengan berpuasa semua organ tubuh kita pada jam tertentu tidak akan mendapatkan asupan nutrisi dan makanan. Dimana ini berfungsi untuk membersihkan racun dalam tubuh.

Baca juga artikel tentang menyehatkan organ tubuh lainya :

4. Lambung tidak akan kaget ketika mengkonsumsi makanan yang kaya asam aminonya

Dengan melakukan puasa tentunya akan membuat lambung kita tidak akan bekerja terus. Dan tentunya jarang mencerna makanan yang kaya akan asam amino. Biasanya asam amino dalam makanan dapat membuat lambung kita akan merasa sakit karena tidak terbiasa mengkonsumsinya.

Baca juga artikel tentang makanan kaya akan asam amino lainya :

sponsored links

Lalu bagaimana jika orang yang penyakit maag harus berpuasa pada bulan Ramadhan ?

Mungkin cara berpuasa orang yang terkena maag memang harus diperhatikan. Maag ada yang kronis ada juga yang tidak kronis. Asalkan sakit maag yang diderita tidak terlalu kronis, penderita maag tetap boleh menjalankan puasa. Namun balik lagi jika dipenderita merasa tertekan atau tidak kuat saat menjalankan puasa. Sebaiknya berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu agar bisa mendapat saran yang tepat selama puasa.

Hal yang harus dihindari penderita maag ketika berpuasa

  • Jangan memaksakan untuk tetap berpuasa ketika maag sedang kambuh. Karena ini buka memberi manfaat yang baik bagi tubuh melainkan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.
  • Konsumsi obat penyakit maag secara rutin dengan meminta resep dan dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.
  • Jaga makanan yang dikonsumsi baik sahur maupun berbuka. Jangan langsung makan makanan yang berat, mengandung banyak lemak dan juga yang mengandung asam amino. Karena kita tahu bahwa penderita maag tidak akan kuat lambungnya jika harus mencerna makanan yang terkandung asam amino yang tinggi.
  • Hindari makanan yang pedas saat sahur maupun berbuka. Karena makanan pedas bisa menyebabkan gangguan pada perut dan meningkatkan asam lambung sehingga sakit maag bisa kambuh kembali. Jika sudah kambuh tentunya puasa kalian akan distop terlebih dahulu nantinya. namun bisa mengkonsumsi madu karena Manfaat Madu bagi Penderita Asam Lambung sangat bagus untuk tubuh.
  • Jangan terlalu sering memakan makanan yang manis dan memiliki karbohidrat yang tinggi seperti roti, nasi, jagung. Itu kan makanan pokok. Lalu bagaimana jika ingin tetap mengkonsumsinya ? tetap boleh mengkonsumsinya namun dianjurkan tidak terlalu sering diatur jadwal makannya ingin makan karbohidrat pada saat berbuka atau waktu sahur
  • Pada saat berbuka atau sahur.Jangan sekali-kali mengkonsumsi makanan dan juga minuman yang berkafein, kopi atau soda. Aktivitas seperti ini sangat sulit dilakukan bagi kaum pria. Karena dengan seharian berpuasa tentunya ketika berbuka atau waktu sahur ingin mengkonsumsi minuman kopi ataupun soda. Bahkan tidak hanya pendertia maag saja untuk orang yang tidak menderita maag, makanan dan minuman seperti ini juga harus dipikir pikir dulu jika ingin tetap dikonsumsi. Lebih baik mengkonsumsi makanan jagung karena Manfaat Jagung bagi Penderita Asam Lambung itu sangat baik untuk tubuh.
  • Jangan menjalankan aktvitas negatif selama berpuasa seperti merokok, rokok bisa memperparah sakit maag menurut para dokter.
  • Jika ingin tetap berpuasa lebih baik konsultasikan dulu kepada dokter. Dan mungkin dokter akan mengajurkan untuk menghindari penggunaan obat yang bisa menyebabkan peradangan pada lambung semakin memburuk obat yang baik untuk asam lambung adalah obat ranitidin yang mempunyai Manfaat Obat Ranitidin

Hal yang harus diikuti penderita maag ketika berpuasa

  • Makan makanan yang bisa dicerna dengan cepat. Dan juga jangan lupa makan buah – buahan untuk bisa membantu mencerna makanan yang berat masuk kedalam pencernaan kita. Dengan mengkonsumsi buah – buahan selain membantu pencernaan juga bisa membuat perut kenyang dan terhindar dari kelaparan saat puasa.
  • Mengkonsumsi buah kurma dan pisang. Buah yang satu ini sangat baik untuk dikonsumsi ketika berbuka atau sahur. Karena buah ini kaya akan serat, karbohidrat, kalium, dan magnesium.
  • Kalau bisa mengkonsumsi makan – makanan yang mengandung kacang didalamnya seperti kacang almond yang dapat dikonsumsi baik pada saat berbuka maupun sahur. Karena kita tahu bahwa almond mengandung protein dan serat yang baik untuk tubuh saat berpuasa.
  • Lebih baik memilih makanan yang direbus atau dipanggang daripada yang digoreng. Makanan yang digoreng pastinya akan sulit dicerna dan juga dapat menyebabkan sakit maag kambuh. Berbeda dengan makanan yang dimasak rebus jauh lebih baik untuk kesehatan, terlebih bagi orang yang terkena sakit maag.
  • Untuk mencegah sakit maag kambuh, jangan pernah lewatkan makan sahur. Dengan sahur tentunya lambung kita akan siap untuk seharian tidak mendapatkan asupan makanan dan nutrisi.

Dengan artikel ini membuktikan bahwa penderita maag tetap bisa melakukan kewajiban puasa dan tentunya akan mendapatkan manfaat dari kegiatan berpuasanya. Semoga dengan berpuasa penyakit maag kita bisa dapat dilatih dan dapat sembuh dari penyakitnya.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 03rd, June 2016 / 09:02 Oleh :
Kategori : Sosial