Sponsors Link

17 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani Tubuh

Sponsors Link

Puasa adalah salah satu kewajiban umat islam yang tercantum dalam Al-Qur’an dan masuk ke dalam rukun islam. Puasa pada dasarnya merupakan aktivitas yang dilakukan untuk menahan makan dan minum dari terbitnya fajar sampai adzan magrib berkumandang, tidak hanya itu selain menahan makan dan minum, manusia diharapkan mampu menahan diri dari perbuat jelek atau dosa dengan berpuasa. Rasanya tak lengkap bila kita membahas puasa tanpa pembahasan manfaat yang kita dapat dari puasa itu apa.

ads

Tidak perlu diragukan bahwa puasa memiliki banyak manfaat dalam hidup kita, dan hal ini telah dibuktikan dengan beberapa penelitian atau pengamatan tentang manfaat puasa baik dari segi fisik maupun mental orang yang berpuasa. Orang yang terbiasa berpuasa akan terlihat lebih unggul dari berbagi sisi dengan orang yang tidak mengenal puasa. Untuk itulah sungguh merugi orang-orang yang tidak mau melaksanakan puasa baik puasa yang sifatnya wajib maupun sunnah.

Artikel terkait puasa wajib : manfaat puasa ramadhan

Artikel terkait puasa sunnah : manfaat puasa senin kamismanfaat puasa daud

Berikut ini adalah ulasan tentang manfaat puasa untuk kesehatan jasmani dan rohani, diantaranya sebagai berikut :

1. Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam hidup kita. ketika jantung kita bermasalah maka kehidupan kitapun akan bermasalah. Untuk itu anda harus selalu menjaga kesehatan jantung anda, salah satu caranya adalah dengan berpuasa. Ketika anda berpuasa produksi kolesterol baik (HDL) dalam tubuh akan meningkat dan sebaliknya kandungan kolesterol jahat (LDL) akan ditekan dan diminimalisir, sehingga pembulu darah anda selalu dalam keadaan yang fit dan normal dan otomatis anda akan terhindar dari penyakit jantung ataupun stroke.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Berpuasa bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun kita. hal ini dikarenakan dalam kondisi berpuasa produksi limfosit dalam tubuh kita meningkat hingga 10 kali lipat dari biasanya ketika kita tidak berpuasa. Hal ini memberikan dampak baik yang signifikan pada sistem kekbalan tubuh kita, sehingga kita akan terbebas dari ancaman ataupun serangan penyakit.

3. Menyehatkan ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai penyaring berbagai zat berbahaya bagi tubuh kita, oleh sebab itu kita harus selalu menjaga kesehatan ginjal kita. salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan ginjal adalah puasa, karena dengan berpuasa konsumsi air akan meningkatkan konsentrasi urin pada ginjal dan meningkatkan kekuatan osmosis pada urin. Hal ini tentu berdampak baik bagi fungsi ginjal kita

4. Menetralisir racun (detoksifikasi)

Bukan rahasia umum lagi, puasa merupakan proses detoksifikasi dari kuman dan bakteri yang ada dalam tubuh. Ketika kita berpuasa kuman atau bakteri yang ada dalam tubuh akan diminimalisir bahkan dihilangkan. Sehingga tubuh kita kan tetap sehat dan terbebas dari penyakit.

5. Mengontrol berat badan

anda yang memiliki masalah obesitas atau ingin diet, cara yang paling mudah dan efektif adalah berpuasa, karena pada dasarnya puasa adalah aktivitas yang menahan makan dan minum selama terbit fajar hingga magrib datang. Hal ini tentu akabn mengurangi pasokan makanan dan minuman dalam tubuh kita, sehingga kama-kelamaan berat badan kita kan turun dan badan menjadi lebih sehat.  

Artikel terkait menurunkan berat badan :

6. Mencegah diabetes

Kebanyakan makanan dan minuman yang kita konsumsi memiliki kandungan glukosa, jadi tingkat glukosa dalam tubuh kita senantiasa akan naik. Hal ini jika diteruskan maka akan menimbulkan diabetes. Untuk mengontrol pasukan glukosa agar tidak berlebih kita bisa melakukan puasa.           

7. Mengatasi nyeri sendi

Dengan berpuasa kita akan mencetak zat penetral atau pembasmi bakteri penyebab nyeri pada sendi atau sering disebut dengan rematik. Namun perlu diingat dalam berpuasa anda hrus memnuhi kadar manfaat air putih dalam tubuh agar tidak mudah lelah dan dehidrasi caranya dnegan minum air cukup saat sahur dan berbuka puasa serta sebelum tidur.    

8. Mencerdaskan otak

Puasa merupakan salah satu nutrisi yang baik untuk otak kita. selama berpuasa otak kita akan selalu mengalami refereshing yaitu keadaan dimana otak selalu mengalami penyegaran sehingga kinerjanya akan semakin meningkat. Berbeda dengan orang yang tidak berpuasa, kinerja otak semakin berat dan cepat lelah karena kurangnya proses penyegaran. Otomatis orang yang sering berpuasa akan mampu meningkatkan kecerdasan otaknya dengan baik. (Baca juga : manfaat membaca asmaul husna)

9. Mengganti sel-sel kulit yang mati

Mungkin dalam kondisi berpuasa kulit anda menjadi kusam dan kering, hal ini bukan masalah bagi anda, malah menjadi kabar gembira untuk anda. Karena ketika kulit anda kusam dan kering saat puasa, itu menandakan terjadinya regenerasi sel-sel kulit yang mati. Sehingga setelah berpuasa nanti anda terlihat cerah dan lebih muda tentunya. (Baca juga : manfaat puasa daud bagi wanita)       

10. Mengatasi jerawat

Mungkin ada masih bertanya-tanya, seperti apa peranan puasa dalam mengatasi jerawat. Perlu anda ketahui jerawat disebabkan oleh bakteri jahat yang menempel pada kulit anda, bisa karena makanan ataupun polusi. Ketika anda berpuasa terjadi proses detoksifikasi, dengan proses ini bakteri atau kuman penyebab jerawat akan dimusnahkan, sehingga anda terlihat cantik seperti semula.

11. Mencegah iritasi kulit

Sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan berpuasa kita akan terbebas dari iritasi kulit. Tidak bisa dipungkiri lagi kita banyak menghabiskan waktu di luar rumah tentu kontak dengan zat berbahaya tidak bisa dipungkiri. Namun hal ini bisa diminimalisir dengan berpuasa, karena zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh akan hilang hanya dalam waktu 48 jam saja saat kita berpuasa.

12. Mengatasi gatal

Bagi anda yang sering merasakan gatal, cara mudah dan praktis untuk mengatasinya adalah dengan berpuasa. Ada sebuah penelitian yang melakukan eksperimen puasa selama 28 hari, ternyata hasilnya dengan melakukan puasa kulit kita akan mendapatkan perlindungan ekstra dalam melawan bakteri atau virus yang bisa menyebabkan rasa gatal pada kulit anda.

ads

13. Menenangkan jiwa dan fikiran

Dengan berpuasa kita kan mendapatkan ketenangan jiwa dan fikiran. Kita akan selalu merasa nyaman dan tenag karena Allah senantiasa memberikan kemudahan dan perlindungan di setiap aktivitas kita saat berpuasa. Hal ini pastinya akan menghindarkan anda dari stres atau fikiran yang berlebih. (Baca juga : manfaat meditasi dan manfaat dzikir)

14. Memiliki jiwa sosial tinggi

Dengan berpuasa kita akan mengerti dan faham bagaimana keadaan orang disekitar kita yang kekurangan, dengan berpuasa kita kan senantiasa termotivasi untuk saling berbagi. Dengan begini selain mampu menjalin silaturahmi yang baik, kita juga mendapatkan pahala dan balasan yang baik dari Allah.

Artikel terkait sosial :

15. Selalu merasa cukup

Orang yang berpuasa pasti selalu bersyukur karena salah satu tujuan berpuasa adalah menengok orang-orang yang tidak seberuntung kita. dengan berpuasa kita akan menginstropeksi diri kita dan kita senantiasa akan bersyjur dan merasa cukup dengan apa yang diberikan oleh Allah.

16. Mampu menahan nafsu

Memang sulit untuk menahan hawa nafsu yang kita miliki, hal ini memang manusiawi. Namun jangan sampai nafsu kita membawa kita kepada kejelekan atau jalan yang salah. Kita bisa mengatasi hal ini dengan berpuasa. Karena dengan puasa kita akan mampu mengendalikan dan mengontrol hawa nafsu kita.

17. Melatih kesabaran

Dalam kondisi puasa kita dilarang untuk marah dan balas dendam karena hal ini dilarang dalam puasa. Sehingga semakin sering kita berpuasa, maka kita akan melatih kesabaran kita dan kita akan jauh dari godaan syetan. Tentunya hal ini akan bermanfaat bagi kita.

Itulah manfaat yang kita dapatkan ketika melakukan puasa, baik dari sisi fisik maupun mental. Tidak hanya itu kita dengan berpuasa kita memenuhi kewajiban kita sebagi umat islam dan kitapun mendapat feedback atau balsan dari Allah berupa pahal yang berlimpah. Tunggu apalagi ayo kita biasakan berpuasa untuk memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 21st, June 2016 / 02:54 Oleh :
Kategori : Kebiasaan