Sponsors Link

5 Manfaat Puasa Untuk Anak dan Cara Mengajarkannya

Sponsors Link

Puasa adalah menahan lapar, haus dan segala perbuatan buruk yang dapat membatalkan pahala puasa dan puasa selama batas waktu yang ditentukan. Puasa diwajibkan bagi orang yang beriman. Macam-macam puasa di dalam islam sangat banyak ada yang hukumnya wajib seperti puasa pada bulan Ramadhan dan ada yang hukumnya sunnah seperti puasa pada hari senin dan hari kamis beserta manfaat puasa senin kamis dan juga manfaat puasa Daud, yang mana puasa dilakukan untuk satu hari dan pada hari berikutnya tidak menjalankan puasa begitu caranya seterusnya.

Puasa memiliki banyak manfaat berpuasa khususnya bagi anak. Bagi anak – anak yang sudah menginjak remaja maka hukum puasa adalah wajib. Tapi tidak sedikit juga anak yang menjalankan puasa setengah hari sebagai latihan pertama. Umunya mereka berusia 4 tahun sampai 8 tahun. Sebagai orang tua tugas orang tua adalah menanamkan pengertian anak tentang puasa dan lakukan pendekatan kepada anak dengan cara yang baik dan menyenangkan. Katakan kalimat motivasi sehingga mereka menjadi bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa. Contohnya adalah dengan berpuasa menjadikan kita sehat selalu, tubuh yang sehat merupakan impian setiap orang. Menjalankan puasa dan rasakan manfaat taat kepada Allah SWT dan disayangi oleh Allah SWT.

Berikut ini adalah manfaat puasa untuk anak :

1. Puasa mendekatkan anak pada agama

Puasa adalah perintah dari Allah SWT. Sedari dini lakukan pendekatan kepada anak mengenai keindahan puasa untuk mendekatkan diri kepada Sang pencipta. Manfaat agama Allah menciptakan manusia untuk beribadah kepadaNya. Sesuai dengan isi surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.

Ayat ini menjelaskan tentang hukum puasa yang diwajibkan bagi orang yang beriman. Sebagaimana orang-orang beriman yang terdahulu telah menjalankan puasa. Puasa mengajarkan banyak hal tentang kehidupan dan kesyukuran bagi anak. Latih anak sedari kecil untuk mengetahui apa pengertian puasa, ayat – ayat yang mewajibkan puasa dan bagaimana cara yang benar dalam menjalankan puasa mulai dari sahur niatnya sampai dengan berbuka puasa saat azan maghrib berkumandang di mesjid.

Anak diajarkan berpuasa agar melatih mereka menyadari keberadaan Sang pencipta pada diri mereka. Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

2. Puasa mengajarkan kedisiplinan bagi anak

Dengan berpuasa anak akan diajarkan kedisiplinan soal waktu. Dalam berpuasa setiap hari anak  juga akan diajarkan bangun pagi untuk makan sahur. Ajarkan juga anak untuk berdoa sebelum sahur sebagai niat menjalankan ibadah puasa. Bangun pagi ini akan menjadi kebiasaan bagi anak di pagi hari. Manfaat olahraga juga baik dilakukan pada pagi hari.

Begitu juga saat berbuka puasa ajarkan anak doa berbuka puasa. Berbuka puasa baiknya dengan manfaat sari kurma karena dianjurkan berbuka dengan rasa manis. Ajarkan juga anak untuk bersyukur bahwa mereka telah menyelesaikan puasa mereka dengan sungguh-sungguh. Kedisiplinan sangat penting diajarkan mulai  sedini mungkin karena akan melatih anak  disiplin dalam segala hal yang dikerjakannya saat sudah besar nanti.

3. Puasa mengajarkan rasa empati

Rasa empati dapat timbul dari kebiasaan salah satunya dengan berpuasa. Menjalankan puasa mengajarkan anak berempati menghargai setiap hal yang di dapatnya dalam skala kecil mulai dari makanan dan minuman. Berbagi manfaat air putih bersama temannya mengajarkan pada mereka bahwa di luar sana banyak anak yang mengalami nasib tidak seberuntung mereka. Rasa empati menjadikan anak peduli pada lingkungan sekitar.

4. Puasa menjadikan tubuh anak lebih sehat.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia. Puasa membantu pola makan anak menjadi teratur. Waktu makan dengan puasa sudah ditentukan yakni pada saat sahur dan berbuka puasa. Dalam berpuasa orang tua dapat memilihkan makanan yang mengandung gizi dan nutrisi manfaat buah-buahan yang diperlukan anak untuk masa pertumbuhannya.

sponsored links

Jadi orang tua tetap dapat memberikan makanan yang mencukupi gizi anak dalam masa pertumbuhan contohya  manfaat nasi, manfaat ikan dorimanfaat susu, manfaat air kelapa muda dan manfaat teh hangat. Anak jadi sehat karena jarang jajan diluar tapi lebih sering  berbuka puasa dirumah dengan kedua orang tua. Berbuka puasa bersama juga membuat kedekatan antara orang tua dan anak semakin baik. Komunikasi yang terjalin saat berbuka bersama menjadikan orang tua lebih peka akan kemauan sang anak.

5. Puasa megajarkan kejujuran bagi anak

Sikap jujur sudah sangat langka pada zaman sekarang ini. Dengan berpuasa sikap jujur sudah ditanamkan pada anak. Anak berpuasa melatih mereka untuk jujur pada orang tua, teman – teman dan juga diri mereka sendiri. Jujur pada diri sendiri didapat dengan mereka menyadari harus menahan rasa lapar, rasa haus dan sikap mereka. Ini karena anak sadar bahwa mereka sedang berpuasa. Puasa mengajarkan untuk menahan segala sesuatu yang dapat membatalkan pahala puasa. Anak akan menyadari itu sehingga membuat mereka cenderung menjauhi segala hal yang dapat membatalkan pahala puasa mereka.

Cara Mengajarkan Anak Berpuasa

  • Diusia anak 4 tahun sampai 8 tahun  mereka masih dalam masa tumbuh dan sedang asik – asiknya bermain. ajarkan pengertian puasa pada mereka. Kemudian ajak mereka untuk lansung latihan puasa.
  • Melatih puasa bagi anak pada awal – awal latihan tidak harus sampai sehari penuh. Pastikan anak latihan puasa setengah hari dulu dan mereka berhasil. Beri motivasi terus sampai mereka dapat menyelesaikan puasa satu hari penuh. Beri anak pujian jika mereka dapat melakukannya ini akan menjadikan mereka bersemangat dalam menjalankan puasanya.
  • Temani anak dalam menjalankan puasa. Ajarkan juga mereka manfaat sholat dan manfaat zikir. Dengan adanya orang tua disamping mereka ini akan membuat anak tambah bersemangat dan termotivasi karena melihat orang tuanya yang juga berpuasa. Anak akan berpikir bagaimana orang tua mereka tetap dapat melakukan segala macam pekerjaan rumah dengan tetap menjalankan puasa.
  • Ajarkan anak tentang pahala puasa dan manfaat puasa. Anak – anak sangat senang mendengarkan cerita – cerita tentang puasa dari orang tua mereka. Ini menuntut orang tua untuk aktif dalam memberikan manfaat pendidikan karakter bagi  anak berpuasa. Anak juga akan semakin kreatif karena sering mengajukan pertanyaan tentang puasa yang ingin mereka ketahui.

Dengan mengajarkan anak berpuasa sedari kecil sangat baik untuk kesehatan anak. Anak menjadi disiplin dan memiliki rasa empati terhadap teman – teman dan lingkungannya. Dan manfaat dari segi agama mereka akan tumbuh menjadi anak yang sholeh bagi orang tuanya.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 02nd, June 2016 / 04:00 Oleh :
Kategori : Sosial