Sponsors Link

17 Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Tidak terasa bulan suci ramadhan sudah di pelupuk mata dan bagi umat islam pasti sudah menyiapkan sejak jauh hari untuk melakukan Ibadah puasa wajib di bulan ramadhan. Puasa merupakan salah satu rukun iman yang ada di dalam islam yang harus dilakukan oleh umatnya yang mampu secara fisik dan juga telah memenuhi semua rukun-rukunnya. Puasa adalah kegiatan menahan lapar dan haus dari pagi subuh hingga sore hari saat maghrib tiba. Sebenarnya yang harus ditahan saat puasa bukan hanya menahan rasa lapar dan haus saja namun juga  hawa nafsu supaya kita tidak melakukan hal-hal yang buruk.

ads

Bagi anda yang sudah terbiasa melakukan puasa mungkin akan biasa saja melakukannya dan bagi anda yang tidak terbiasa melakukan puasa bisa jadi akan sedikit mengalami kesusahan. Oleh karena itulah puasa harus dilatih sejak kecil sedikit demi sedikit supaya ketika dewasa dan baligh sudah bisa melakukan puasa. Mungkin ada sebagian orang yang enggan melakukan puasa karena sedang sakit atau justru khawatir kesehatannya akan terganggu. Atau mungkin juga orang berpuasa hanya karena sebuah kewajiban saja. melakukan Ibadah puasa bukan hanya bisa mendekatkan kita kepada pencipta lho tapi juga sangat baik untuk kesehatan.

baca juga manfaat puasa lainnya :

Para ahli kesehatan baik dari kalangan muslim maupun non muslim sudah setuju bahwa puasa sangat baik bagi kesehatan. Jadi, anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin melakukan puasa dan akan menganggu kesehatan anda. Berikut ini adalah manfaat ramadhan bagi kesehatan tubuh :

  1. Menjaga keseimbangan anabolisme dan katabolisme

Berbeda dengan keadaan kelaparan yang bisa mengganggu kesehatan namun dengan melakukan puasa ini akan sangat bermanfaat pada keseimbangan anabolisme dan katabolisme tubuh. Saat melakukan puasa tubuh akan meningkatkan asam amino alami dalam tubuh sehingga akan meningkatkan peremajaan sel serta memproduksi glukosa sepanjang hari. Meskipun tidak makan dan minum sepanjang hari namun asupan dari saat sahur dan buka puasa akan menyediakan protein yang cukup bagi tubuh. fungsi hati juga akan makin membaik saat tubuh melakukan puasa.

artikel terkait: manfaat gula batu

  1. Tidak menyebabkan pengasaman dalam darah

Saat tubuh puasa peningkatan asam amino yang terjadi akan sangat pelan dengan keadaan zat keton dalam darah tidak meningkat sehingga tingkat keasaman darah tidak akan meningkat. Tentu saja hal ini akan sangat baik bagi tubuh dan untuk selalu menjaga kesehatan.

artikel terkait: manfaat pahit tanpa gula

  1. Tidak mempengaruhi sel darah tubuh

Menurut penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa puasa tidak akan membuat sel darah berkurang atau bertambah secara signifikan. Jadi anda tidak perlu takut jika ingin berpuasa karena tidak akan membuat perubahan besar pada kesehatan tubuh,

artikel terkait: manfaat daun alpukat untuk hipertensi

  1. Tidak mempengaruhi penderita diabetes tipe 2

Para penderita penyakit diabetes tipe 2 juga tidak perlu khawatir jika ingin melakukan puasa, hal ini karena tingkat produksi glukosa, protein gula dan protein glikosilat tidak akan mengalami perubahan yang berarti jadi aman saja jika ingin berpuasa. Namun untuk penderita penyakit diabetes tipe lainnya sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter begitu juga pada penderita penyakit lainnya yang cukup berbahaya seperti jantung, gagal ginjal, keadaan hamil dan anak usia dini.

artikel terkait: manfaat puasa ngrowot

  1. Meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah

Penyakit jantung merupakan salah satu dari jenis penyakit yang paling banyak merenggut nyawa dan bisa menyerang siapa saja. nah bagi anda yang berpuasa justru akan meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini telah dilakukan penelitian dan menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Hal tersebut juga secara otomatis akan membuat kesehatan pembuluh darah meningkat dan lebih sehat.

artikel terkait: manfaat berpuasa

  1. Membuat psikis menjadi tenang

Puasa bukan hanya menahan lapar dan haus namun juga menahan hawa nafsu untuk berbuat tidak baik salah satunya adalah menahan amarah. Hal ini ternyata akan berpengaruh pada keadaan psikis yang menjadi lebih tenang karena hormone adrenalin menjadi menurun. Penurunan hormone adrenalin ini juga akan membuat penurunan kolesterol dan bisa mencegah penyakit serangan jantung, stroke serta tekanan darah tinggi.

artikel terkait: manfaat puasa

  1. Membuat pikiran menjadi tajam

Puasa membuat hormone adrenalin menurun dan membuat pikiran menjadi lambat serta tenang. Namun hal ini ternyata dapat membuat pikiran menjadi lebih tajam. Hal ini sebenarnya alamiah karena saat tubuh lapar justru akan membuat pikiran menjadi tajam dan agresif. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada mahasiswa di university of Chicago  dimana mahasiswa ini harus berpuasa selama 7 hari. Hasil dari penelitian tersebut sangatlah bagus dimana dengan puasa ini meningkatkan konsentrasi dan membuat nilai mahasiwa mengalami peningkatan.

artikel terkait: manfaat puasa daud

  1. Meningkatkan peforma seksual

Pada sebuah penelitian yang dilakukan dengan menghubungkan antara hormone kejantanan dan puasa memang mendapatkan hasil menurun pada beberapa hari pertama puasa namun setelahnya justru akan meningkatkan hormone testoteron yang kemudian dapat membuat gairah seks meningkat.

artikel terkait: manfaat puasa mutih

  1. Mencegah kegemukan

Salah satu manfaat dari puasa yang cukup terkenal adalah mampu mencegah kegemukan. Hal ini bukan semata karena menahan tidak makan dan minum saja namun selama sehari puasa, usus akan membersihkan dirinya dengan lebih bersih dari biasanya sehingga tidak terjadi penumpukan makanan yang mampu menjadi lemak di tubuh dan menyebabkan kegemukan. Puasa juga bisa menjadi sarana bagi anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan atau diet.

artikel terkait: 10 manfaat puasa senin kamis

  1. Mencegah penyakit mental

Di dalam sel otak terdapat dua jenis sel yaitu sel baik dan sel jahat. Pada saat puasa sel-sel jahat dan sel mati akan dimakan oleh sel baik sehingga membuat kesehatan mental menjadi lebih baik. menurut para ahli jiwa sangat menyarankan untuk melakukan puasa bagi mereka yang sedang mengalami masalah kejiwaan paling tidak selama 21 hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

artikel terkait: manfaat jeruk nipis untuk asam urat

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Puasa memang terkadang dapat membuat tubuh menjadi lemas, namun lemas ini bukan berarti anda akan mudah sakit ya. dengan melakukan puasa justru akan meningkatkan kadar limfosit sebanyak 10 kali lipat sehingga sangat baik untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh. jadi puasa justru menjauhkan tubuh dari berbagai jenis virus, bakteri dna penyakit penyebab sakit ya.

artikel terkait: manfaat hair tonic

ads
  1. Meningkatkan kesehatan ginjal

Ginjal merupakan organ yang sangatt vital bagi tubuh dimana fungsinya adalah sebagai penyaring tubuh dari berbagai zat berbahaya yang ada di dalam tubuh. kinerja dari ginjal ini adalah dengan menyaring zat berbahaya menggunakan air yang masuk ke dalam tubuh. namun ginjal sendiri memiliki kapasitas untuk menggunakan air supaya tidak sedikit dan kurang. Dengan melakukan puasa justru akan membuat asupan air menjadi pas di tubuh dan sangat baik untuk ginjal.

artikel terkait: manfaat knee chest position

  1. Mencegah diabetes dan kelebihan nutrisi

Diabetes merupakan penyakit dimana terjadi kelebihan kadar gula. Dengan melakukan puasa kadar gula dalam darah ini bisa ditekan dan meredakan penyakit diabetes. Begitu juga beberapa penyakit lainnya yang kelebihan nutrisi dalam tubuh seperti obesitas, hiperkolesterol serta penyakit lainnya. keseimbangan nutrisi dalam tubuh akan lebih terkendali karena tidak akan berlebihan.

artikel terkait: manfaat minuman lemon madu

  1. Penawar nyeri sendi

Manfaat lainnya dengan melakukan puasa adalah mampu meningkatkan zat penetral alami dalam tubuh yang akan membuat rasa sakit dan nyeri pada bagian sendi dan encok akan mereda. Jadi bagi anda yang sudah lanjut usia jika masih sanggup untuk melakukan puasa secara fisik sebaiknya lakukanlah puasa karena bisa meredakan nyeri sendi dan encok yang biasanya melanda para lanjut usia.

artikel terkait: manfaat nanas untuk wanita

  1. Awet muda

Menurut penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil bahwa dengan melakukan puasa ini dapat membuat sel-sel jahat hilang digantikan dengan sel-sel yang lebih baik dan hal ini berlaku untuk semua sel yang ada di dalam tubuh. hal ini tentu saja dapat membuat kesehatan sel meningkat dan merupakan salah satu hal yang bisa menjadikan tubuh menjadi lebih awet muda. Jadi bagi anda yang ingin terlihat awet muda selalu lakukan puasa ya terutama puasa wajib saat bulan ramadhan ini.

artikel terkait: manfaat melaksanakan dhamma dan vinaya

  1. Membuat sperma lebih sehat

Sebuah penelitian yang dilakukan pada puasa dan hasilnya mengejutkan adalah dapat membuat sel sperma menjai lebih sehat. hal ini disebabkan karena puasa dapat meningkatkan beberapa jenis hormone tertentu yang sangat baik untuk kaum laki-laki dan hal ini akan berpengaruh pada kualitas sperma yang dihasilkan.

artikel terkait: manfaat buah naga bagi asam lambung

  1. Meningkatkan hubungan antar sesame umat manusia

Manfaat besar dari puasa adalah bisa meningkatkan hubungan antar sesame manusia. Hal ini dikarenakan dengan puasa, orang akan menjadi lebih sadar bagaimana rasanya menjadi orang lapar dan tidak mampu namun kemudian dapat berbuka puasa. Hal ini akan meningkatkan rasa syukur dan membuat rasa kebersamaan dengan umat manusia akan meningkat. Hal in tentu saja akan sangat baik untuk kesehatan mental juga kesehatan fisik karena lebih seimbang.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 08th, June 2016 / 04:35 Oleh :
Kategori : Kesehatan