Sponsors Link

13 Manfaat Puasa Daud bagi Wanita

Sponsors Link

Puasa daud merupakan salah satu puasa sunnah yang paling utama dan disukai oleh Allah SWT. Sesuai dengan namanya puasa ini awalnya dilakukan oleh Nabi Daud as, yaitu satu hari puasa stu hari tidak ,sering disebut dengan puasa selang-seling. Memang tidak mudah untuk melaksnakan puasa yang satu ini, butuh tekad yang kuat dan kesungguhan. Namun jika kita sudah niat dan punya keinginan pasti akan mudah melaksnakannya.

ads

Puasa ini bisa dilaksanakan oleh kaum hawa taupun kaum laki-laki. Namun untuk kaum hawa mungkin agak sulit karena akan terpotong dengan masa-masa haid, tapi ini bukan alasan. Ketika haid datang kita tidak usah puasa dan melanjutkan lagi ketika sudah bersih dari haid. Apabila mampu melaksanakan puasa sunnah ini sungguh istimewa orang ini. Dalam artikel kali ini kita kan membahas manfaat puasa daud bagi wanita, antara lain :

  1. Menjadi awet muda

Semua kaum hawa pasti menginginkan dirinya selalu terlihat awet muda. Ada cara yang mudah dan praktis untuk membuat anda selalu nampak muda, yaitu dengan puasa daud. Dengan anda puasa daud, maka stres atau fikiran yang mengganggu hidup anda akan pergi dan tubuh anda mendapat pembaharuan selama melakukan puasa daud, sehingga anda akan selalu terlihat awet muda.

Artikel terkait : manfaat puasa ramadhan – manfaat melakukan dhama dan vinaya

  1. Memiliki daya tarik sendiri

Bagi anda kaum hawa yang rutin melaksanakan puasa daud, maka anda akan memiliki keistimewaan tersendiri dibanding wanita lain. Inner beauty anda akan selalu nampak dan dari tubuh anda terpancar sinar kecantikan yang mampu menjadi daya tarik bagi kaum laki-laki. Meskipun secara fisik anda kalah dengan wanita lain namun kecantikan hati anda yang bisa membuat anda lebih cantik dari wanita lainnya. (Baca juga : manfaat puasa – manfaat menggunakan jilbab)

  1. Menghemat pengeluaran

Salah satu manfaat yang kita dapat dari puasa daud yaitu pengeluaran kita sehari-hari akan terkurangi, kebutuhan yang kita butuhkan bisa diminimalisir sehingga kita masih punya uang sisa untuk di tabung.  Misalnya biasanya kita menghabiskan uang 300 ribu untuk satu minggu dengan berpuasa daud, maka uang 300 ribu itu bisa digunakan selama dua minggu. Dari sinilah kita belajar memenajemen uang kita, kita diajarkan untuk berhemat dan tidak boros. Selain itu kita juga bisa mendapatkan manfaat lain yaitu dari uang yang kita tabung. Nanti ketika sudah terkumpul anda bisa mensedekahkannya dan membuat untuk keperluan lain. (Baca juga : manfaat menabung)

  1. Terhindar dari dosa

Kita tahu sendiri sebagai seorang wanita sanagtlah sulit menghindari dosa, karena banyak aktivitas yang simple dan kecil serta tidak dianggap salah, namun sebenarnya itu bisa menimbulkan dosa baginya, seperti menggosip, ghibah dan lainnya. Setiap berkumpul dengan  temannya atau tetangga di PKK atau di pengajian pasti mereka akan ngobrol dan tidak disadari ada percakapan yang salah bisa ghibah atau yang lainnyaa. Untuk itulah dengan melakukan puasa daud diharapkan anda bisa terhindar dari perbuatan dosa yang akan merugikan kita di dunia maupun akhirat.

Baca juga amalan penghapus dosa:

  1. Memiliki akhlakul karimah

Wanita yang senantiasa melaksanakan puasa daud, maka dia akan selalu mencerminkan perilaku dan akhlaknya yang mulia, dia malu untuk berbuat salah, dia tidak bisa untuk menyakiti orang. Mereka yang senantiasa berpuasa daud hanya berfikiran untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain dengan perilaku dan akhlaknya yang luhur. Hal ini muncul dengan sendirinya, karena sudah terlatih dan terbiasa berbuat baik. Denagn puasa daud inilah akhlak baik akan tumbuh dan berkembang dalam diri wanita yang istiqomah menjalankan puasa daud.

  1. Menjadi insan yang kreatif

Tidak perlu diragukan lagi, puasa daud merupakan nutrisi yang sangat baik untuk otak kita. bagi wanita yang sering melakukan puasa daud maka dia akan diberi kecerdasan yang luar biasa, dia akan selalu bisa memcahkan suatu permasalahan atas ijin Allah. Dan dia senantiasa memiliki ide-ide baru yang memiliki nilai guna dan manfaat bagi orang banyak. Banyak hal-hal baru yang keluar dari dirinya. Untuk itulah jika anda ingin menjadi wanita cerdas maka lakukanlah puasa daud ini dengan kesungguhan dan hanya mengharap ridlo Allah. Sudah terbukti orang yang sering melakukan puasa daud memiliki kelebihan dibandingkan dengan orang lain yang tidak pernah melakukan puasa daud ini.

  1. Menjadi wanita sholehah

Dengan berpuasa daud kita kan selalu berlatih menjadi wanita sholehah yang memberikan kebaikan dimanapun ia berada, yang mampu membuat nyaman dan tenang orang di sekitarnya dengan akhlak dan perilaku yang mulia. Salah satu contohnya ketika anda menjadi seorang istri dan anada senantiasa berpuasa daud, maka anda akan mampu membuat keluarga anda menjadi tenang dan nyaman di rumah anda, anda juga bisa menjadikan keluarga anda harmonis dan mencapi tujuannya yaitu sakinah, mawaddah, warrahma.

  1. Menambah pengetahauan

Banyak pengethauan dan pengalaman yang kita dapatkan ketika kita melakukan puasadaud. Kita akan mendapatkan pengetahuan sosial berupa kondisi masyarakat sekitar kita, bagaimana kita bersikap dan berinteraksi dengan orang lain. Bisa juga mendapat ilmu pengethauan alam, berupa bagaiamana kondisi tubuh kita saat berpuasa, apa yang kita dapatkan saat berpuasa dan lain sebagainya.

Artikel terkait pengetahuan :

ads
  1. Melangsingkan badan

Pasti semua wanita menginginkan bentuk tubuh yang sempurna yaitu langsing dan ideal. Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang langsing perlu usaha yang ekstra mulai dari menjaga pola makan, berolahraga, bahkan juga ada yang rela mengeluarkan uang banyak untuk membeli produk pelangsing. Namun perlu anda ketahui ada cara yang mudah dan hemat yaitu dengan manfaat puasa daud bagi wanita. Dengan melakukan puasa sunnah ini lemak yang ada dalam tubuh kita akan terkuras secara lamiah dan otomatis berat badan kita turun dan badan kita langsing. Enaknya lagi selain kita mendapatkan bentuk tubuh yang ideal kita juga mendapatkan balasan dari allah berupa pahala dan kebahagiaan.

Artikel Terkait :

  1. Menjadi orang-orang yang sabar

Marah pada dasarnya adalah godaan syetan, ketika kita marah berarti kita telah menjadi teman syetan. Memang sulit bagi kita untuk mengendalikan emosi kita, apalagi bagi para remaja, emosi mereka masih labil gampang tersulut amarah. Untuk mengendalikan emosi kita terutama bagi kaum hawa yang emosinya tinggi, bisa diatasi dengan berpuasa daud. Dalam keadaan berpuasa pastinya kita memiliki benteng untuk menahan emosi kita meluap kita selalu ingat Allah dan ingat bahwa kita puasa harus menahan emosi. Jadi dengan rutin berpuasa kita akan berlatih untuk sabar dalam keadaan apapun, baik ketika diuji atau digoda.

  1. Menimbulkan ketentraman jiwa

Wanita yang senantiasa melakukan puasa daud maka akan terjaga dan mendapatkan ketentraman jiwa. Allah akan cukupkan bagi mereka, Alalah senantiasa memberikan kemudahan dan perlindungan dalam setiap langkah mereka. Dengan begitu kita akan selalu mendekatkan diri pada Allah dan mendapatkan suasana hati dan jiwa yanag tenang dan tentram. (Baca juga : manfaat meditasi – manfaat liburan)

  1. Senantiasa bersyukur

Dengan berpuasa daud,  anda akan merasakan bagaimana orang-orang yang di luar sana yang tidak seberuntung kita. yang mengalami kelaparan, dan lain sebagainya. Kita ikut merasakan penderitaan mereka dengan berpuasa. Selain itu kita juga sadar dan akan selalu bersyukur kepada Allah, ternyata masih banyak orang di luaran sana yang tidak seberuntung anda.

  1. Memiliki kepedulian sosial yang tinggi

Dengan berpuasa kita akan merasakan bagaimana orang-orang yang tidak bisa makan, kekuranagn gizi dan lainnya. Mereka yang sulit dan harus bekerja keras untuk mendapatkan sesuap nasi. Bagi para wanita yang melakukan pusa daud, mereka pasti akan memiliki sifat sosial yang tinggi, hidupnya didedikasikan untuk berbagi dengan orang lain yang membutuhkan. (Baca juga : manfaat sedekah dan manfaat zakat fitrah)

Tunggu apalagi, anda sudah tahu betapa besarnya manfaat puasa daud bagi anda, khususnya kaum hawa. Dengan berpuasa daud secara istiqomah kita memiliki kelebihan dibandingkan dengan wanita lain. Selain itu dengan puasa daud ini anda akan mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. (Artikel terkait puasa daud : manfaat puasa daud)

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 18th, June 2016 / 03:04 Oleh :
Kategori : Kebiasaan