Sponsors Link

12 Manfaat Pohon Pisang Bagi Kehidupan Manusia

Sponsors Link

Pohon pisang merupakan salah satu jenis pohon yang hidup pada daerah tropis. Pohon ini biasanya memiliki tinggi hingga 2 meteran, dengan daun yang sangat lebar dan juga buah yang manis. Buahnya memang sangat populer dengan warna kuning dan juga hijau. Pohon pisang memiliki batang yang lunak dan tidak berkayu. Pisang ditanam dengan cara ditanam umbinya. Pohon pisang banyak sekali ditemui di daerah Indonesia, mulai dai ujung barat hingga ke ujung timur dari negara Indonesia. Selain itu, di beberapa hutan hujan tropis di berbagai negara, pohon pisang juga merupakan salah satu jenis pohon yang tumbuh dengan subur, seperti di daerah amerika selatan dan juga asia selatan dan tenggara, begitu pula dengan daerah afrika.

ads

Pohon pisang memiliki banyak sekali manfaat. Tidak hanya dari buahnya, bahkan daun dan juga batang pisang pun memiliki manfaat yang penting untuk kehidupan manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat pohon pisang, disetiap bagiannya :

A. Buah Pisang

Bagian dari pohon pisang yang pertama dan paling sering dirasakan manfaatnya adalah buah pisang. Ya, buah dengan bentuk yang melengkung dan berwarna uning serta hijau ini memiliki banyak sekali manfaat penting untuk kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat pisang :

1. Sebagai bahan olahan pada makanan

Manfaat pertama dari buah pisang adalah sebagai salah satu bahan utama dari makanan. Biasanya pisang dimanfaatkan untuk dibuat sebagai menu dessert, seperti kue, es krim, minuman, dan masih banyak lagi. Selain itu, buah pisang juga sering dimanfaatkan sebagai salah satu camilan untuk menemani waktu santai anda, seperti pisang goreng dan juga pisang bakar. Saat ini, pengolahan pisang juga sudah mulai berkembang, menjadi keripik pisang, yang dapat dengan mudah kita temui di pasar-pasar tradisional maupun modern.

Sejumlah bahan lain yang bisa menjadi olahan makanan yaitu :

2. Kaya akan zat gizi dan juga mineral

Manfaat lainnya yang penting dari pisang adalah kandungan mineral dan juga vitaminnya yang tinggi. Buah pisang diketahui memiliki kandngan manfaat kalsium, fosfor, manfaat vitamin A, manfaat vitamin C, Vitamin D dan potasium serta masih banyak lagi vitamin dan juga mineral yang terkandung dalam buah pisang keseluruhan. Vitamin dan juga mineral pada buah pisang ini mampu untuk membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan mineral dan vit min setiap harinya.

3. Dapat mebantu menahan rasa lapar

Anda merasa lapar, namun belum saatnya untuk makan berat? cobalah untuk mengkonsumsi pisang, baik dimakan begitu saja atau diolah menjadi jus pisang. Pisang memiliki kandungan potassium yang mampu untuk memberikan rasa kenyang pada tubuh anda. tentu saja, rasa kenyang yang dihasilkan oleh pisang dapat membantu mengurangi rasa lapar dan juga mencegah anda untuk mengkonsumsi camilan yang tidak sehat.

Jenis makanan yang mampu menahan lapar lainnya yaitu :

4. Makanan balita, bagi orang yang sedang sakit dan ibu hamil

Buah pisang memiliki tekstur yang lembut dan sangat mudah untuk dicerna. Karena itulah buah pisang seringkali dimanfaatkan sebagai salah satu sumber makanan utama dari mereka yang sedang mengalami kesulitan dalam mencerna makanan, seperti balita, orang yang sedang sakit dan dalam masa penyembuhan dan juga ibu hamil. Teksturnya yang lembut dan sifatnya yang dapat membuat tubuh merasa lebih kenyang membuat buah pisang menjadi salah satu pilihan bagi mereka.

Sejumlah makanan dengan tekstur lembut lainnya, seperti :

5. Baik untuk menjaga kesehatan tubuh

Dengan kandungan vitamin dan juga mineral yang begitu tinggi, maka tidak heran bahwa buah pisang menjadi salah satu jenis buah-buahan yang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh anda. Manfaat pohon pisang ini menghasilkan buah yang bisa menjaga daya tahan tubuh dengan baik, sehingga akan mengurangi resiko terserang berbagai macam penyakit.

Untuk menjaga daya tahan tubuh secara keseluruhan juga didapat dari :

B. Jantung Pisang

Jantung pisang mengacu pada sebuah biji besar yang tumbuh pada bgian tandan pisang. Manfaat pohon pisang ini menghasilkan jantung pisang, dengan bentuk bulat lonjong dengan warna merah marun dan gelap. Manfaat jantung pisang ini seringkali juga dimanfaatkan sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan makanan. Salah satunya adalah tumis jantung piasng, dengan rasa yang lezat dan juga nikmat.

C. Daun pisang

Manfaat daun pisang sepertinya sudah merupakan salah satu jenis daun yang paling sering digunakan oleh manusia. Daun yang dihasilkan dari pohon pisang ini memang sangat berguna, apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Sebagai pembungkus makanan

Semua orang pasti sudah mengetahui manfaat dari daun pisang yang satu ini. ya, sejak jaman dahulu kala, daun pisang merupakan primadona dalam hal membungkus makanan. Dengan struktur daunnya yang kuat dan berserat, serta memiliki wangi yang khas, membuat daun pisang menjadi salah satu jenis daun pembungkus yang paing banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Sejumlah bahan alami lain yang sering digunakan sebagai pembungkus makanan :

2. Bahan tambahan pada pembuatan masakan

ads

Tidak hanya sebagai alat pembungkus, daun pisang sendiri juga sering kali menjadi bahan campuran dari suatu makanan. Biasanya, daun pisang dirajang dan dicampurkan ke dalam beberapa jenis makanan. Untuk menambah aroma dan juga cita rasa dari masakan tersebut, sehingga menjadi lebih nikmat untuk disantap.

Bahan lain yang sering menjadi tambahan makanan yakni :

3. Pengganti payung untuk melindungi diri dari hujan dan panas matahari

Daun pisang dapat dimanfaatkan sebagai payung darurat. Ya, dengan struktur daunnya yang cenderung lebar dan kokoh, menyebabkan daun pisang seringkali menjadi pilihan darurat untuk melindungi tubuh kita dari terpaan panasnya matahari dan juga hujan. Selain itu, daunnya yang tidak mudah hancur apabila terkena air merupakan salah satu kelebihan dari daun pisang.

4. Untuk sarana bermain anak

Mungkin saat ini sudah jarang ada anak-anak yang bermain menggnakan daun pisang. Ya, pada jaman dahulu, daun pisang merupakan salah satu permainan yang disenangi oleh anak-anak. Beberapa anak duduk pada daun pisang, lalu anak lainnya menarik daun pisang tersebut, sambil balapan dengan teman-temannya.

Sejumlah bahan lain yang bisa digunakan untuk mainan anak yaitu :

D. Batang / gedebong pisang

Tidak hanya buah dan daunnya saja bahkan manfaat pohon pisang pada bagian batangnya atau yang sering juga dikenal dengan nama gedebong pisang pun, memiliki banyak kegunaan. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Sebagai rakit

Gedebong pisang merupakan jenis batang pohon yang dapat mengapung di air. Karena itu, gedebong pisang seringkali dimanfaatkan untuk dijadikan rakit, yang dapat menjadi alat transportasi antar desa yang dipisahkan dengan perairan, seperti sungai dan juga danau.

2. Sebagai bahan makanan

Beberapa masyarakat Indonesia juga sering memanfaatkan batang atau gedebong pisang sebagai salah satu bahan utama dari suatu masakan. Mungkin memang agak jarang dilakukan, namun demikian, ternyata sayur dari gedebong pisang ini memiliki rasa yang cukup menarik juga untuk dicoba.

Bahan makanan unik lainnya juga bisa didapatkan dari :

Nah, itulah beberapa manfaat pohon pisang bagi manusia, mulai dari buah hingga batangnya. Semoga artikel mengenai manfaat dari pohon pisang ini dapat menambah wawasan anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 24th, August 2015 / 03:31 Oleh :
Kategori : Tumbuhan