15 Manfaat Pohon Pinus untuk Industri dan Kesehatan

Indonesia termasuk negara  beruntung karena memiliki hutan yang luas dan berbagai hasil hutan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Salah satunya adalah pohon pinus, tepatnya pinus merkusii atau tusam sumatera yang merupakan satu-satunya pinus asli Indonesia. Kayu dan getah pinus dapat dimanfaatkan dan diolah untuk berbagai jenis industri sehingga tumbuhan ini sangat penting untuk dibudidayakan. Baik kayu maupun getah pohonnya dapat digunakan dalam berbagai jenis industri sehingga penting sekali dalam menopang dunia industri. Mulai dari industri kertas, cat, hingga pembuatan korek api. Berikut penjelasan mengenai berbagai manfaat pohon pinus untuk industri dan kesehatan.

1. Bahan dasar pengencer cat

Batang pohon pinus memiliki kandungan getah yang dapat diekstrak sehingga menghasilkan gondorukem dan terpentin. Terpentin sendiri dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pengencer cat.

Baca juga: manfaat getah damar – manfaat kelapa sawit

2. Bahan dasar pembuatan furnitur

Kayu dari pohon pinus memiliki serat yang halus yang membuatnya mudah diolah dan diproses. Hal ini menjadikan kayu pinus sangat populer digunakan sebagai bahan pembuatan berbagai furnitur seperti lemari, kursi, meja, dan lain sebagainya. Diantara sekian banyak jenis pinus, jenis merkusii dan radiata merupakan yang paling populer digunakan sebagai bahan dasar furnitur karena dikenal memiliki kualitas yang baik.

Baca juga: manfaat kayu meranti dan jenis jenisnya – 9 manfaat kayu cendana bagi kehidupan manusia

3. Bahan dasar pembuatan barang kerajinan

Dengan seratnya yang halus menjadikan kayu pinus mudah diolah sehingga juga dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai barang kerajinan seperti mainan, miniatur, tempat lilin, aksesoris penghias meja, aksesoris dapur, dan lain sebagainya.

Baca juga: manfaat membuat kerajinan tangan – manfaat pohon kelapa

4. Bahan pembuatan kertas

Manfaat lain dari kayu pinus adalah untuk pembuatan kertas. Selain kayu mulberry dan papyrus, kayu pinus termasuk yang banyak dimanfaatkan untuk industri pembuatan kertas karena sifat serat kayunya yang halus serta tingkat kerapatan dan kepadatannya yang rendah sehingga lebih mudah dihancurkan untuk kemudian diproses menjadi kertas.

5. Bahan pembuatan batang korek api

Batang korek api yang biasa kita gunakan sebagai pemantik api baik untuk memasak atau menyalakan rokok ternyata juga dibuat dari kayu pohon pinus. Selain kayu pinus batang korek api juga dapat dibuat dari jenis kayu albasia, damar, gamelina, serta genitri.

Baca juga: manfaat damar – manfaat kayu albasia


6. Bahan baku untuk pengepakan atau pengemasan

Dalam distribusi barang salah satu hal yang penting diperhatikan adalah pengepakan atau pengemasan. Agar barang yang dikirim dapat sampai dengan selamat maka diperlukan pengemasan yang baik. Biasanya barang-barang dikemas dalam peti, palet, atau tong yang terbuat dari kayu. Jenis kayu yang biasa digunakan adalah kayu lunak seperti kayu pinus. Alasannya karena kayu ini kepadatannya lebih rendah sehingga lebih mudah dibentuk.

Baca juga: manfaat kayu agathis – manfaat daun bengang

7. Bahan pembuatan pensil

Tahukah anda bahwa pensil yang selama ini kita manfaatkan untuk menulis ternyata terbuat salah satunya dari bahan kayu pinus. Hal ini semakin melengkapi manfaat kayu pinus dalam kehidupan sehari-hari.

8. Bahan sumpit

Produk lain yang juga bisa dihasilkan dari pengolahan kayu pinus adalah sumpit. Ya, sumpit yang biasanya digunakan sebagai peralatan makanan dapat dibuat dari kayu pinus.

Baca juga: manfaat makan menggunakan sumpit – manfaat bambu

9. Kayu laminasi

Kayu pinus juga dapat diolah menjadi kayu laminasi sehingga dapat digunakan untuk konstruksi bangunan. Kayu laminasi sendiri merupakan penyatuan beberapa lembar kayu yang diberi tekanan pada kedua sisinya sehingga menyatu dengan kuat.

Baca juga: manfaat gipsum – manfaat batu granit

10. Bahan bakar

Kulit pinus dapat diolah menjadi bahan bakar sehingga dapat menjadi sumber energi alternatif yang sangat berguna pada zaman sekarang dimana ketersediaan sumber energi fosil sudah mulai menipis.

11. Bahan campuran pupuk

Pinus juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran pembuatan pupuk. Hal ini didukung oleh kandungan kalium pada abunya yang sangat baik bagi tanaman. Ekstrak daun pinus juga dapat diolah menjadi bioherbisida sehingga bisa membantu para petani menanggulangi pertumbuhan gulma yang berlebihan.

Tidak hanya untuk industri, pohon pinus ternyata juga memiliki manfaat dalam bidang kesehatan sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan obat dan suplemen serta meringankan stres. Berikut beberapa manfaat pohon pinus untuk kesehatan:

1. Sumber vitamin C dan antioksidan

Bagian kulit dan daun pinus memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan yaitu vitamin C dan senyawa antioksidan berupa flavonoid yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Mulai dari mencegah penuaan dini hingga mencegah timbulnya penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan alzheimer. Kulit dan daun pinus diekstrak sehingga menghasilkan senyawa pycnogenol yang dapat dimanfaatkan sebagai suplemen diet, meringankan aliran darah, kram saat menstruasi, mengatasi jet lag, hingga mengatasi nyeri lutut.

Baca juga: manfaat vitamin c – manfaat antioksidan


2. Mengurangi stres

Berdasarkan hasil penelitian di Universitas Kyoto Jepang, aroma dari pohon pinus ternyata juga memiliki efek terapi yaitu mengurangi stres. Efek terapi ini bisa didapatkan dengan menghirup aroma pinus dengan berjalan-jalan di hutan pinus selama kurang lebih 15 menit. Namun jika di daerah anda tidak memiliki hutan pinus maka anda dapat memanfaatkan minyak esensial dari pohon pinus.

Baca juga: 18 manfaat tertawa bagi kesehatan – 18 manfaat teriak untuk kesehatan

3. Mengobati berbagai gangguan pernapasan

Jika anda menderita gangguan pernapasan seperti sinus, pilek, bronchitis, dan sesak napas maka anda juga bisa memanfaatkan minyak essensial dari pinus untuk mengatasinya. Caranya dengan menghirup aroma minyak esensial pinus yang telah dicampur air panas lewat mulut dan hidung.

4. Meredakan nyeri otot

Selain untuk mengatasi gangguan pernapasan minyak esensial pinus juga dapat dimanfaat untuk meredakan nyeri otot. Caranya dengan memijat bagian otot yang nyeri dengan minyak pinus yang telah dicampur dengan minyak sayur. Khusus untuk obat oles sebaiknya gunakan minak pinus jenis P. Pinaster dan bukan Scotch Pinus karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Baca juga: manfaat asam mefenamat – manfaat parasetamol

Sangat bermanfaat bukan? Berbagai jenis industri mulai dari cat, kertas, hingga konstruksi bangunan menggunakan kayu pinus sebagai bahan pembuatan. Belum lagi manfaat kayu pinus untuk kesehatan. Dengan berbagai manfaat ini sudah seharusnya kita melestarikan dan membudidayakan pohon pinus sehingga lahan semakin produktif sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat.

, ,
Post Date: Wednesday 16th, August 2017 / 04:35 Oleh :
Kategori : Tumbuhan