Sponsors Link

9 Manfaat Pohon Damar – Kesehatan dan Industri

Sponsors Link

Damar adalah salah satu jenis getah yang didapatkan dari jenis pohon damar. Damar didapatkan dengan memanen dari getah tanaman damar yang masih segar. Proses untuk mendapatkan damar seperti proses untuk menyadap getah pada pohon karet. Damar menjadi sisa buangan yang sering disebut dengan istilah resin. Damar sendiri dapat tumbuh dari berbagai jenis kayu yang telah mengalami kerusakan. Salah satu potensi damar paling besar banyak didapatkan dari daerah Maluku.

ads

Karakteristik Pohon Damar

damarDamar termasuk dalam kelompok tanaman Gymnospermae. Ini adalah salah satu tanaman asli Indonesia. tanaman ini menghasilkan getah khusus yang sering disebut dengan nama damar. Karakter pohon damar memiliki batang pohon dengan ukuran bisa mencapai lebih dari 50 meter. Ukuran diamates pohon damar bisa mencapai lebih dari 1 meter.

Bagian luar kayu akan ditumbuhi oleh berbagai jenis pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar memiliki karakter bentuk lonjong dan meruncing pada bagian ujung kecil dengan ukuran sekitar 2 sampai 8 cm. pohon ini juga menghasilkan biji dengan ukuran sekitar 7-9 cm untuk diameter.

Kandungan Kimiawi Damar

Damar juga mengandung berbagai senyawa unsur kimiawi yang memiliki peran penting dalam fungsinya. Jenis senyawa yang ditemukan dalam damar adalah seperti kandungan asam resinat, alkohol kompleks, balsam dan resen. Semua kandungan kimiawi ini akan keluar selama proses pengolahan. Damar memiliki bentuk yang keras, bening seperti plastik, mudah meleleh dan lengket. Selain itu damar juga mudah mengalami penguapan, tidak mengandung asam lemak, dan banyak mengandung zat karbon atau zat buangan. Damar dalam industri sering dikelompokkan sesuai jenisnya seperti lateks, resin, oleoresin, gumresin dan balsem.

Manfaat Damar

Damar atau resin bagi sebagian orang adalah salah satu zat asing yang mungkin pemakaiannya tidak bisa disadari secara langsung. Pada dasarnya ada dua jenis resin yang dihasilkan dari pohon damar, yaitu jenis resin yang padat dan cair. Resin padat sebenarnya berasal dari resin cair yang telah menguap. Resin padat tidak memiliki aroma yang khas seperti jenis resin cair. Dibawah ini adalah beberapa manfaat damar.

1. Menjadi Bahan Kertas dan Kontruksi Rumah

Kayu yang dihasilkan oleh pohon damar bisa digunakan sebagai salah satu bahan untuk menghasilkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar memiliki sifat dan karakter yang bisa menghasilkan bubuk kertas berkualitas. Bahkan jenis bubuk kertas yang dihasilkan dari pohon damar memiliki tingkat ketahanan yang tinggi. kayu damar juga banyak dimanfaat untuk bahan membuat kontruksi rumah.

2. Menjadi Produk Industri

Damar juga banyak dijadikan tanamam pertanian untuk diambil getahnya. Getah damar akan diambil seperti proses penyadapan getah karet. Getah akan dibiarkan menumpuk dan mengering pada tempat khusus. Luka sayatan untuk mengeluarkan getah akan dibuat setiap pagi hari setelah pohon siap panen getahnya. Setelah itu getah yang telah mengering akan diambil dari tempatnya secara berkala. Resin yang dihasilkan dari pengolahan getah banyak digunakan untuk membuat berbagai produk lapisan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester dan korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar juga banyak dijadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata dan Bogor. Pohon damar memiliki karakter pohon yang mudah ditemukan dan bisa ditanam dimana saja. Selain itu ukuran pohon yang sudah besar biasanya bisa melindungi kerusakan tanah dan mencegah kelangkaan air tanah.

4. Menjadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang didapatkan dari getah yang sudah mengeras juga dikembangkan menjadi obat untuk penyakit gangguan memori. Amerika menjadi salah satu peneliti yang mengambil subjek pengobatan dengan damar. Getah damar memiliki salah satu jenis enzim yang bisa menjadi perantara untuk memperbaiki memori dan meningkatkan rasa nyaman untuk penderita penyakit gangguan memori.

5. Obat untuk HIV

ads

Getah dari pohon damar juga mengandung salah satu senyawa aktif yang disebut dengan amentoflavon. Senyawa ini memberikan pengaruh yang sangat besar bagi penyakit HIV. Infeksi virus ini bisa dikendalikan dengan konsumsi obat yang mengandung amentoflavon. Senyawa ini hanya bisa ditemukan dalam pohon damar sehingga getah damar bisa menjadi obat yang sangat ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada jaman dahulu getah damar juga bisa menjadi salah satu bahan bakar pengganti. Getah damar bisa menghasilkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti jenis bahan bakar lain. Bukan tidak mungkin suatu saat bisa tercipta bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

Jenis recin cair banyak digunakan sebagai salah satu komponen resin aromatik. Produk ini bisa dijadikan untuk membuat obat khusus untuk mencegah nyamuk, obat – obatan untuk jamur dan berbagai jenis produk lain.

8. Obat Tradisional

Pada jaman dahulu orang tua sering memakai damar sebagai tanaman obat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, masalah pada telinga dan juga sakit mata. Hingga sekarang komponen senyawa aromatik yang khas dari damar masih dikembangkan sebagai obat-obatan termasuk obat untuk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar juga banyak digunakan sebagai salah satu bahan pewarna alami. Batik tradisional sering memakai bahan damar untuk obat warna atau memperkuat garis warna. Resin atau damar juga banyak diserap industri untuk membuat cat, lilin dan berbagai bahan pewarna lain.

Keuntungan Memakai Damar

Damar atau resin yang didapatkan dari pohon damar memang memiliki manfaat yang sangat besar untuk industri. Resin atau damar banyak digunakan sebagai bahan industri termasuk zat pewarna dan berbagai jenis obat-obatan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

  1. Pada dasarnya resin adalah bahan yang sangat aman untuk lingkungan. Zat buangan dari hasil pengolahan resin tidak berdampak pada lingkungan dan mudah dikendalikan.
  2. Biaya industri untuk pengolahan damar atau resin termasuk dalam biaya yang rendah sehingga bisa mendukung perkembangan industri.
  3. Sifat kimia dan mekanik yang ditemukan pada bahan damar juga sangat menguntungkan untuk lingkungan sehingga bisa dikembangkan.
  4. Resin atau damar masih bisa dikembangkan menjadi berbagai jenis obat-obatan yang bermanfaat untuk manusia.

Manfaat pohon damar cukup terkenal di Indonesia, ada banyak yang dapat digunakan dalam menyikapi pohon ini. Namun tentu kita harus ingat akan kelestarian hutan yah.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Saturday 30th, May 2015 / 17:27 Oleh :
Kategori : Tumbuhan