Sponsors Link

11 Manfaat Pohon Akasia Bagi Lingkungan dan Kesehatan

Sponsors Link

Pohon akasia merupakan pohon yang berasal dari Afrika. Pohon ini sejenis semak – semak yang hidup subur di daerah tropis. Pohon ini memiliki 1.300 jenis spesies yang beredar di seluruh dunia. Manfaat kayu akasia banyak digunakan untuk membuat perabotan rumah. Dan manfaat daun akasia berguna untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

ads

Pohon akasia memiliki banyak manfaat seperti berikut ini :

1. Parfum

Pohon akasia banyak dijadikan orname dalam industri sejenis minyak wangi. Ini karena akasia memiliki aroma yang sangat khas dan bernilai jual tinggi saat dijadikan parfum. Banyak orang yang lebih tertarik untuk menggunakan farpum dari pohon ini karena berasal dari bahan alami.

Artikel terkait :

2. Tanaman hias

Spesies akasia yaitu Acacia dealbata, Acacia retinodes, Acacia xanthophloea, dan Acacia baileyana banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias yang bernilai jual tinggi. Spesies ini di jadikan tanaman hias karena memiliki ciri yang indah untuk di pandang. Baca juga : (Manfaat tanaman hias secara umum)

3. Astrigen

Kandungan tanin pada manfaat pohon akasia dapat di ekstrasi  dengan cara menguapkan kayu akasia dan digunakan untuk astrigen. Astrigen adalah sejenis zat yang menyebabkan jaringan biologis melakukan kontraksi. Astrigen banyak di gunakan di bidang kecantikan.

Artikel terkait :

4. Mengatasi ejakulasi dini

Untuk mengatasi ejakulasi dini dapat dilakukan dengan merebus daun akasia kemudian saring airnya untuk diminum secara teratur. Lakukan dengan konsisten untuk mendpatkan hasil yang bagus.

5. Diabetes

Bagi anda yang memiliki kadar gula yang tinggi dapat mencoba meminum rebusan daun akasia. Daun akasia bermanfaat untuk menormalkan kembalu kadar gula dalam darah. Berikut ini cara merebusnya :

  • Ambil beberapa lembar daun akasia
  • Rebus dengan 5 gelas air sampai tersisa untuk 3 gelas air
  • Saring airnya
  • Minum sebanyak 3 gelas perhari

Rutinkan minum rebusan daun akasia ini selama satu minggu kemudia anda dapat mengecek kembali kadar gula dalam darah untuk memastikan apakah kadar gula sudah normal kembali.

Artikel terkait :

6. Menghambat longsor

Pohon akasia yang di tanam di lereng – lereng gunung mempunyai fungsi untuk menghambat longsor. Longsor yang terjadi bisa disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi, bisa juga longsor disebabkan karena sudah banyaknya pohon yang di tebang di lereng gunung. Untuk itu melakukan penanaman kembali pohon di lereng gunung sangat di haruskan demi keselamatan bersama. Baca juga : (Manfaat erosi)

7. Peneduh jalan

Pohon indah ini juga bisa dimanfaatkan sebagai peneduh jalan karena bentukknya yang rindang. Hanya jika di jadikan peneduh jalan harus hati – hati saat melaluinya karena pohon akasia memiliki ranting yang mudah sekali berguguran di tepi jalan.

8. Mencegah hipertensi

Daun akasia juga banyak digunakan untuk mencegah hipertensi. Hipertensi adalah tekanan darah yang jauh melampaui tekanan darah normal. Tekanan darah tinggi banyak penyebabnya salah satunya adalah karena lemak yang tedapat di saluran darah.

Artikel terkait :

9. Perabot rumah tangga

Kayu dari pohon ini banyak di gunakan untuk membuat perabot seperti lemari, meja dan kursi. Kayu pohon ini memiliki tesktur yang sangat kuat seperti pohon jati.

10. Kontruksi rumah

Konstruksi rumah juga banyak digunakan dari kayu pohon akasia. Hanya saja karena berasal dari kayu yang berkualitas tentu harga dari kayu pohon ini sangat mahal. Namun kontruksi rumah dari kayu akasia dijamin kuat dan aman.

11. Serat akasia

Manfaat serat akasia berasal dari getah pohon akasia. Serat ini mudah larut didalam air dan dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit seperti penyakit kolesterol, memberi kesehatan pada sistem pencernaan dan memberi kesehatan pada organ hati.

Artikel terkait :

Kayu Akasia

Kayu akasia memiliki warna coklat muda dan coklat tua untuk warna ini banyak di sebut sebagai kayu teras. Untuk kayu Gubal memiliki warna krem dan putih. Waktu yang diperlukan untuk pengeringan adalah satu bulan atau dua bulan lebih yang di sesuaikan dengan ketebalan kayu akasia. Kayu akasia merupakan kayu yang tahan lama terhadap berbagai cuaca seperti hujan dan terik matahari. Hanya saja dalam perawatan tetap harus diperhatikan untuk tidak meletakkan kayu ini pada tempat yang terlalu basah karena akan mudah ditumbuhi jamur. Kayu akasia ini juga tidak bagus untuk pemakaianyang diletakkan langsung di atas tanah.

ads

Kayu akasia memiliki harga yang tidak semahal harga kayu jati. Banyak yang beralih untuk menggunakan kayu akasia saat harga kayu jati melambung tinggi. Kayu akasia dijadikan pilihan karena memiliki kualitas yang hampir sama dengan kayu jati hnaya saja kayu jati tetap yang terbaik.

Berikut ini harga kayu akasia di lihat dari ketebalan kayunya  dan panjang kayu akasia yang banyak di jual di pasaran :

Diameter Kayu

10 – 13 cm
16 – 19 cm
22, 25 dan 28 cm
30 – 39 cm

10 – 13 cm
16 – 19 cm
22, 25 dan 28 cm
30 – 39 cm

10 – 13 cm
16 – 19 cm
22, 25 dan 28 cm
30 – 39 cm

10 – 13 cm
16 – 19 cm
22, 25 dan 28 cm
30 – 39 cm

Panjang Kayu

1-1,9 meter
1-1,9 meter
1-1,9 meter
1-1,9 meter

2-2,9 meter
2-2,9 meter
2-2,9 meter
2-2,9 meter

3-3,9 meter
3-3,9 meter
3-3,9 meter
3-3,9 meter

4 meter up
4 meter up
4 meter up
4 meter up

Harga Kayu akasia per Kubik

Rp 628.000
Rp 733.000
Rp 880.000

Rp 1.113.000

Rp 653.000
Rp 774.000
Rp 959.000

Rp 1.212.000

Rp 684.000
Rp 823.000
Rp 1.033.000

Rp 1.325.000

Rp 715.000
Rp 877.000
Rp 1.121.000
Rp 1.455.000

Cara Membudidayakan Pohon Akasia

Pohon akasia banyak dibudidayakan karena manfaatnya tidak hanya pada pohon tapi juga daun, kayu dan akar akasia memiliki banyak manfaat di bidang kecantikkan, kesehatan dan rumah tangga. Nah, untuk membudidayakan pohon akasia dapat dilakukan dengan cara berikut :

  • Pilih biji akasia yang tuadan sempurna bentuknya.
  • Biji akasia di jemur dibawah sinar matahari selama kurang lebih enam jam.
  • Gunakan polybag untuk menanam biji akasia yang telah di jemur tadi.
  • Polybag di beri campuran tanah, pasi dan pupuk biarkan selama satu hari penuh sebelum ditanami biji. Sambil juga merendam biji akasia di wadah lain satu hari penuh.
  • Biji yang direndam pilihlah biji yang berkualitas. Biji yang berkualitas saat direndam akan tenggelam di dalam wadah dan bukan mengapung.
  • Semaikan biji akasia terseut di dalam polybag. Selama di dalam polybag berikan perawatan untuk pertumbuhannya.
  • Bibit akasia baru dapat di pindahkan ke lahan penanaman saat berusia enam bulan.

Saat akan dipindahkan ke lahan penanaman buatkan lubang dengan ukuran 40 cm x 40 cm dengan kedalaman lubangnya 40 cm. Berikan jarak yang cukup antara bibit yang satu dengan bibit lainnya saat pohon ini tumbuh besar. Saat penanaman paling bagus menanam bibit pohon akasia pada aal musim penghujan ini karena akan memudahkan untuk tidak selalu menyirap bibit pohon ini selalu. Tapi jika di tanam bukan di musim penghujan maka bibit pohon ini harus selalu disiram pagi dan petang.

Pohon akasia ini tidak memiliki perawatan yang harus mahal karena pohon ini dapat menyesuaikan dirinya dengan lingkungannya. Jika pohon akasia terserang penyakit dapat di obati dengan memberikan inteksida untuk mengobati dan mencegah terserang penyakit kembali.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 16th, June 2016 / 06:01 Oleh :
Kategori : Tumbuhan