Sponsors Link

6 Manfaat Plafon Rumah

Sponsors Link

Rumahku istanaku. Itulah salah satu peribahasa yang paling sering kita dengar mengenai rumah kita sebagai tempat tinggal. Rumah merupakan istana kita, dimana kita tinggal dan juga hidup selama waktu hidup kita. Karena itu, memiliki rumah yang nyaman dan juga aman untuk ditempati merupakan suatu harga mutlak yang harus dimiliki oleh setiap rumah sebagai tempat tinggal.

Namun sebelum menentukan plafon pada rumah, sebelum itu tentunya harus mengetahui apa-apa saja yang dibutuhkan untuk membangun rumah yang kokoh. Salah satunya yang terpenting adalah pondasi pada rumah, manfaat pondasi rumah ini dapat memberikan kenyamana bagi tuan rumah nantinya dan tentu saja dalam waktu yang cukup panjang. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar rumah bisa dibilang aman dan juga nyaman, yaitu:

  • Sirkulasi udara yang baik.
  • Memiliki akses dengan jalan raya.
  • Masuknya cahaya matahari.
  • Kondisi atap rumah yang baik.
  • Kelembaban yang terjaga.
  • Lokasi yang baik untuk tempat tinggal.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih rumah yang baik dan juga nyaman. Selain itu, konstruksi dari bangunan juga sangat mempengaruhi kondisi dari kenyamanan rumah anda. Konstruksi rumah antara lain adalah pondasi rumah, dinding rumah, hingga plafon rumah.

Plafon Rumah

Plafon rumah merupakan salah satu bagian kecil dari sebuah rumah yang ternyata sangat penting. Yap, plafon rumah merupakan bagian yang membatasi bagian ruangab suatu rumah dengan atap rumah. Singkatnya, plafon rumah merupakan atap yang membatasi genting rumah.

Plafon rumah sendiri terbuat dari berbagai macam bahan. Salah satunya adalah dari jenis-jenis kayu yang beragam seperti rotan, damar, aren, hingga kelapa. Kegunaan dari kayu ini dapat memberikan manfaat yang cukup berarti dalam kehidupan, terlebih untuk kebutuhan atap atau plafon sebuah rumah.  Seperti yang ada pada manfaat rotan yang dapat dijadikan kerajinan, manfaat damar sebagai penyanggah atap rumah, manfaat pohon aren sebagai salah satu bahan pembuatan lem, dan manfaat pohon kelapa yang cukup serbaguna sebagai peralatan rumah tangga lainnya selain atap.

Berikut ini adalah beberapa macam bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan plafon rumah:

  • Triplek
  • Gipsum
  • Seng
  • Asbes
  • Fiber, dll.

Plafon rumah sendiri memiliki banyak sekali manfaat bagi kita. Ada banyak sekali pemanfaatan yang bisa kita peroleh dari plafon rumah. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari plafon rumah:

  1. Pembatas Antara Genting dengan Ruangan

Manfaat plafon rumah yang pertama adalah sebagai salah satu pembatas antara uangan dengan genting dan juga atap rumah. Atap rumah yang biasanya terseusun dari konstruksi kayu ataupun baja, biasanya tidak sedap untuk dipandang. Apabila tidak ada pembatas antara genting rumah dan juga ruangan suatu rumah, maka kemungkinan kotoran dari genting rumah dapat turun dan membuat kotor ruangan.

Selain itu, plafon rumah juga sanga baik untuk membantu mempercantik ruangan, dan membatasi genting rumah dengan ruangan. Genting yang memiliki banyak variasi tentunya memberikan efek yang berbeda pada rumah, salah satunya adalah genting yang terbuat dari tanah liat. Tentunya sudah banyak orang yang tau manfaat tanah yang dapat dijadikan bahan utama dalam pembuatan genting.

  1. Dekorasi dan Memperindah Ruangan

Saat ini, plafon rumah sudah mengalami banyak perubahan. Apabila pada jaman dahulu, plafon rumah hanya sebatas kayu atau papan putih polos dan juga rata tanpa ornament apapun, maka saat ini, plafon rumah sudah berubah fungsinya menjadi dekorasi dan memilkik fungsi untuk memperindah suatu ruangan.

Saat ini sudah banyak sekali ruangan dan juga rumah yang mengaplikasikan cat pada plafon rumah sesuai dengan warna dari dinding rumah itu sendiri. Selain dicat dengan warna yang menarik, plafon rumah juga seringkali diberikan ukiran dan juga ornament – ornament yang tentu saja dapat meningkatkan keindahan dan juga nilai seni dari suatu ruangan atau rumah.

  1. Tempat Meletakkan Socket Lampu Ruangan

Saat ini, lampu sudah merupakan salah satu kebutuhan primer dari suatu ruangan dan juga rumah. Untuk meletakkan lampu di dalam rumah, dibutuhkan socket dan juga dudukan lampu, agar lampu bisa menerangi suatu ruangan. Dudukan atau socket lampu inilah yang memanfaatkan fungsi dari plafon rumah. Dudukan lampu diletakkan pada plafon rumah, agar lampu bisa menempel dan juga menerangi seluruh ruangan rumah.

Lampu ruangan yang memiliki spot terbaik akan memberikan pencahayaan yang baik untuk itu, penempatan socket lampu di setiap ruangan. Akan tetapi jika tidak ingin menggunakan lampu gantung di dalam ruangan dapat menggunakan lampu meja atau bahkan lampu tidur, karena disinyalir manfaat lampu tidur gelap dapat memberikan efek dan kualitas tidur yang untuk kesehatan tanpa penerangan lampu.

  1. Meminimalisir Kebocoran Atap
sponsored links

Manfaat lainnya dari plaru adalah meminimalisir kebocoran. Ya, apabila anda mengalami masalah pada genting dan juga atap rumah anda, salah satunya adalah kebocoran, maka air yang menetes akan tertampung di plafon rumah anda, dan tidak langung membanjiri ruangan anda. karena itu, plafon rumah asngat bermanfaat untuk mencegah air dari genting yang bocor langsung menetes ke ruangan di dalam rumah anda.

Untuk memberikan kesan unik dan berbeda dari yang lainnya, kayu aren dari pohon aren dapat dijadikan sebagai atap rumah. Manfaat pohon aren ini akan sangat membantu untuk pembangunan rumah yang dapat melindungi dari panas terik matahari dan juga hujan. Selain itu atap yang terbuat dari kayu akan memberikan efek sejuk dan juga ramah lingkungan.

  1. Sebagai Gudang

Beberapa rumah saat ini memang memiliki ukuran yang kecil, dan biasanya tidak menyediakan ruangan khusus untuk gudang meletakkan barang-barang yang tidak terpakai. Kerena itulah, manfaat plafon rumah lainnya adalah sebagai gudang, yang dapat dimanfaatkan untuk meletakkan barang yang tidak berguna dan juga tidak terpakai. Biasanya plafon rumah memilki konstruksi kayu yang kuat, sehingga seringkali dimanfaatkan oleh pemilik rumah dalam menyeimpan barang-barang yang tidak terpakai.

  1. Tempat Meletakkan Antena Televisi

Manfaat lainnya dari plafon rumah adalh sebagai salah satu lokasi yang sangat tepat untuk meletakkan antenna televisi. Ya, meletakkan antenna telivisi di luar rumah sangat berisko terasambar petir, karena itu, seringkali pemilik rumah meletakkan entena televisi di dalam plafon rumah, sehingga aman dari serangan petir dan juga kilat yang dapat merusak televisi

Kekurangan dari Plafon Rumah

Meskipun memilkki banyak sekali manfaat, namun demikian, plafon rumah sendiri memilki beberapa kekurangan, yang mungkin seringkali anda rasakan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari plafon rumah:

  • Bahan plafon rumah yang terbuat dari triplek biasanya rentan kebocoran, karena tidak tahan terhadap air.
  • Sering menjadi tempat tinggal dari hewan liar, seperti kucing dan juga tikus.
  • Kurang aman, karena bisa saja dimanfaatkan oleh para penjahat untuk mengintai rumah anda.
  • Berdebu an juga kotor, dapat menyebabkan bebrabgai macam gangguan keseahtan, terutama gangguan pernapasan.
  • Apabila terjadi kerusakan, membutuhkan biaya yang besar untuk memperbaikinya.

Itulah beberapa manfaat dari plafon rumah, berikut dengan kekurangan dari plafon rumah itu sendiri. Semoga artikel mengenai plafon rumah ini dapat menambah wawasan anda dan juga dapat berguna bagi anda semua. Terima kasih.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 23rd, September 2015 / 08:02 Oleh :
Kategori : Sosial