Sponsors Link

Manfaat Pisang Untuk Penderita Maag

Sponsors Link

Pernahkah kamu merasakan rasa nyeri pada bagian lambung? Kalau kamu anak kos yang sering menunda jadwal makan, pasti pernah merasakan hal ini. Inilah yang disebut dengan penyakit maag. Penjelasan tentang maag dan makanan yang baik dikonsumsi penderita maag akan diuraikan dibawah ini.

ads

Mengenai Maag

Maag atau sering disebut penyakit asam lambung, tukak lambung, dan gastritis, adalah penyakit akibat terjadinya peradangan pada mukosa lambung. Penyebab maag bermacam macam mulai dari adanya bakteri pathogen H. plyori, konsumsi minuman beralkohol, autoimun, kebiasaan tidak mengunyah makanan hingga lembut, makan terlalu banyak, atau makan yang tidak teratur. Dari berbagai penyebab penyakit maag, pola makan yang tidak baik dan sehat adalah penyebab utamanya.
Baca juga:

Makanan yang Baik Untuk Maag

Penderita maag disarankan menghindari konsumsi minuman beralkohol dan obat obatan tertentu seperti ibuprofen dan aspirin. Penderita maag juga biasanya menghindari makanan pedas dan terlalu asam karena sering menyebabkan nyeri lambung kambuh. Beberapa penelitian menyarankan untuk konsumsi buah secara teratur untuk mengurangi rasa nyeri dan mual akibat maag, namun beberapa buah perlu untuk dihindari. Buah yang mengandung asam sitrat seperti jeruk, anggur,nanas dan sebagainya tidak baik untuk lambung. Sebaliknya buah dengan kandungan serat dan flavonoid sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, contohnya pisang.
Artikel terkait:

Deskripsi dan Kandungan Nutrisi Pisang

Pisang (Musa paradica) adalah tumbuhan berdaun besar dan berkembangbiak menggunakan tunasnya. Pisang juga merupakan sebutan bagi buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Buah pisang ditemukan bergerombol dalam bentuk tandan. Dalam satu sisir pisang, ada sekitar 10 – 12 buah pisang. Beberapa jenis pisang yang ada di Indonesia antara lain pisang ambon, pisang raja, pisang susu, pisang kepok, pisang tanduk dan sebagainya. Beberapa pisang dapat dimakan secara langsung namun ada juga yang harus diolah terlebih dahulu seperti pisang kapok dan tanduk.

Baca juga: manfaat pisang barangan manfaat pisang emasmanfaat pisang bagi kesehatan dan pengobatan penyakit

Di Indonesia sendiri banyak sekali bentuk olahan pisang. Kolak pisang adalah jajanan utama yang mudah ditemukan saat bulan puasa. Pisang juga diolah dalam bentuk sale, pisang goreng, campuran es buah, sup buah, pisang coklat dan sebagainya. Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi pada pisang dapat digunakan untuk diet pengganti nasi. Selain karbohidrat, pisang juga merupakan buah yang tinggi kandungan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, zat besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin yaitu vitamin C, B kompleks, B6, dan serotonin. Pisang juga mengandung flavonoid dan serat yang dibutuhkan tubuh.

Artikel terkait: manfaat magnesiummanfaat fosformanfaat vitamin Cmanfaat riboflavin

Sponsors Link

Manfaat Pisang untuk Maag

Salah satu ejala maag adalah muntah – muntah. Pada dasarnya, memakan makanan padat setelah muntah kurang baik bagi lambung. Namun ini tidak berlaku bagi pisang. Tekstur pisang yang lembut membuat pisang mudah dicerna dan baik bagi lambung, khususnya setelah muntah. Pisang mengandung banyak mineral potassium (kalium) yang berperan layaknya obat antasida dengan menetralkan pH dalam lambung. Pisang juga mengembalikan elektrolit dan keseimbangan pH tubuh setelah mual dan muntah. Oleh karena itu konsumsi pisang pada penderita maag sangat dianjurkan.

Artikel terkait: manfaat potassiummanfaat antasidamanfaat senyawa flavonoid

Demikian uraian manfaat pisang untuk maag. Membiasakan konsumsi pisang dapat meredakan gejala maag sekaligus menyediakan energi untuk aktivitas tubuh. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 14th, November 2016 / 03:12 Oleh :
Kategori : Buah Buahan