Sponsors Link

15 Manfaat Pisang Susu bagi Kesehatan

Sponsors Link

Pisang merupakan buah yang umum dimakan semua orang baik anak-anak maupun orang tua, baik orang kaya maupun orang miskin. Rasanya yang enak, mengenyangkan, kaya manfaat, serta harganya yang sangat terjangkau membuat buah ini menjadi pilihan bagi banyak orang. Cara pengolahannya pun bermacam-macam, ada yang dimakan langsung, digoreng, direbus, dan jenis olahan lainnya. (Baca juga: 9 manfaat pisang bagi kesehatan dan pengobatan penyakit)

ads

Ada beragam jenis pisang di sekitar kita seperti pisang mas, pisang kepok, pisang raja, pisang barangan, pisang kapas, pisang tanduk, pisang ambon, dan pisang susu yang akan kita bahas pada artikel ini. Pisang susu merupakan salah satu jenis pisang yang memiliki ukuran cukup kecil mirip dengan pisang mas. Pisang ini dapat dikenali dari kulitnya yang tipis dan berwarna kuning berbintik-bintik hitam. Ketika dikupas akan terlihat daging buahnya yang berwarna putih agak kekuningan dengan aroma buahnya yang harum dan terasa manis.

Seperti jenis pisang lainnya pisang susu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal ini didukung oleh berbagai kandungan nutrisi yang dimilikinya seperti potassium, vitamin A, C, B6, B kompleks, magnesium, karbohidrat, zat besi, tembaga, asam folat, dan kalsium. Dengan mengonsumsi pisang susu kita akan memetik banyak manfaat diantaranya:

1. Baik untuk kesehatan otot

Bagi atlet atau olahragawan pisang merupakan makanan wajib untuk dikonsumsi. Kandungan potassium pada pisang susu sangat baik untuk membantu kontraksi otot dan mencegah otot mengalami kram. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi para atlet yang sering menggunakan dan melatih otot mereka. (Baca juga: manfaat whey protein – manfaat daun cuciwis)

2. Melancarkan peredaran darah

Kalium yang terdapat dalam pisang susu sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah sehingga dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit seperti jantung dan stroke. (Baca juga: manfaat remayung – manfaat teladak)

3. Sebagai sumber energi

Pisang susu dapat dijadikan sebagai sumber energi yang baik bagi tubuh. Kandungan karbohidratnya mudah diolah dan dapat membantu melancarkan metabolisme sehingga  dapat menjadi sumber energi untuk aktivitas sehari-hari. Selain itu pisang juga mengandung gula alami berupa glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang sangat baik untuk memulihkan stamina. Asam amino pada pisang juga dapat membantu pembakaran lemak di dalam tubuh menjadi sumber energi. (Baca juga: manfaat lemak)

4. Baik untuk pencernaan

Pisang susu juga merupakan makanan yang sangat baik untuk pencernaan. Kandungan seratnya dapat membantu kerja usus dalam menyerap nutrisi secara maksimal. Selain itu kandungan karbohidratnya juga lebih mudah diolah menjadi energi oleh tubuh dibandingkan jenis karbohidrat lain sehingga melancarkan proses penyerapan makanan.(Baca juga: manfaat yakult – manfaat vegeta)

5. Mengatasi hipertensi

Bagi anda penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi pisang susu merupakan makanan tepat untuk dikonsumsi. Kadar kaliumnya yang tinggi dan kandungan sodium yang rendah sangat cocok bagi penderita hipertensi yang membutuhkan kalium dalam jumlah cukup tinggi namun harus membatasi konsumsi sodium. (Baca juga: manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi – manfaat daun beluntas untuk hipertensi)

6. Mengatasi diare

Diare dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan dan elektrolit. Untuk itu diperlukan asupan cairan dan elektrolit serta makanan-makanan yang mudah dicerna dan membantu mengentalkan feses. Salah satunya adalah pisang susu. Kandungan potassium yang tinggi pada pisang susu dapat membantu mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang. Selain itu pisang juga mudah dicerna dan menjadi sumber tenaga. (Baca juga: manfaat daun jambu biji)

ads

7. Mengatasi gejala anemia

Salah satu nutrisi penting pada manfaat pisang susu adalah kandungan zat besi yang bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah. Hal ini menjadikan pisang sebagai makanan tepat untuk mencegah dan mengatasi anemia atau kekurangan sel darah merah. (Baca juga: manfaat jambu biji untuk anemia – manfaat kurma untuk anemia)

8. Sebagai makanan bayi

Bayi usia 6 bulan ke atas sudah mulai diajari mengonsumsi makanan lain selain ASI. Untuk itu salah satu makanan yang tepat diberikan adalah pisang susu. Teksturnya yang lembut sangat cocok bagi bayi yang belum memiliki gigi dan organ pencernaannya masih belum sempurna. Ditambah lagi rasa manisnya yang alami cocok diberikan kepada bayi untuk mengenalkan rasa-rasa baru pada bayi. (Baca juga: manfaat labu kuning)

9. Baik untuk tumbuh kembang bayi

Selain memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis yang alami, kandungan gizi pada pisang baik vitamin, mineral, maupun seratnya sangat baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi seperti sumber energi, pencernaan bayi, tulang, penglihatan, serta mencegah bayi terkena diare. (Baca juga: manfaat ikan dori)

10. Membantu perkembangan janin

Pisang susu merupakan salah satu buah yang banyak dicari oleh ibu hamil. Kandungan asam folat yang dimilikinya sangat baik untuk perkembangan janin di dalam rahim. Namun konsumsinya juga tidak boleh berlebihan karena kandungan kalori yang cukup tinggi pada pisang susu. Sebaiknya disesuaikan dengan usia kandungan dan kebutuhan kalori ibu hamil. (Baca juga: manfaat kacang hijau)

11. Mengatasi rasa mual pada ibu hamil

Sebagian wanita hamil terutama hamil muda mengalami mual dan muntah, ada yang ringan dan ada yang parah. Untuk mengatasi hal ini kita juga dapat memanfaatkan buah pisang susu. Caranya dengan membuat milshake pisang dicampur dengan madu yang dapat mengurangi rasa mual. (Baca juga: manfaat melon kuning)

12. Meningkatkan kadar gula darah

Dengan tambahan madu pada minuman milshake pisang juga dapat membantu meningkatkan kadar gula darah. Ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil yang mengalami mual parah dan kurang selera makan.

13. Mengatur berat badan

Jika anda sedang dalam program diet maka pisang adalah makanan yang tepat sebagai salah satu menu harian. Dengan porsi yang tepat pisang dapat dijadikan sumber tenaga dan kalori yang lebih sehat. Kandungan seratnya yang tinggi membuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga dapat menekan nafsu makan. (Baca juga: manfaat apel – manfaat beras merah)

14. Mengatasi asam lambung atau maag

Penderita asam lambung atau maag diharuskan berhati-hati untuk menjaga makanan baik waktu makan maupun jenis makanan yang dikonsumsi. Salah satu makanan yang tepat untuk penderita penyakit ini adalah pisang susu. Hal ini disebabkan oleh teksturnya yang lembut serta kemampuannya untuk menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi pada usus. Yang harus diperhatikan konsumsilah pisang susu yang sudah matang dan rasanya tidak asam. (Baca juga: manfaat timun untuk asam lambung)

15. Baik untuk kesehatan kulit wajah

Selain menyehatkan pisang juga kerap dijadikan sebagai masker wajah. Penggunaan masker pisang secara teratur dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah sehingga wajah terlihat lebih bersinar. Selain itu juga dapat menjadikan wajah lebih halus, kencang, dan cerah. (Baca juga: manfaat natur e)

Ternyata ada begitu banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari mengonsumsi pisang susu. Untuk mendapatkan semua manfaat di atas ada baiknya pisang susu dikonsumsi secara langsung dan dipilih yang sudah matang sempurna serta dalam kondisi baik.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 23rd, May 2017 / 22:51 Oleh :
Kategori : Buah Buahan