Sponsors Link

20 Manfaat Pisang Raja Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Pisang raja memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan agak melengkung dengan pangkal buah yang sedikit membulat dan gemuk. Dalam satu pohon maka bisa menghasilkan hingga 90 buah. Pisang raja tidak hanya nikmat untuk disantap langsung, namun juga bisa diolah menjadi berbagai makanan seperti keripik, tepung, cuka dan juga bir, sementara bagian daunnya bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan dan juga menggosok lantai.

ads

Baca Juga:

Manfaat pisang raja mengandung banyak nutrisi seperti serat, protein, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, niacin, mangan, magnesium, riboflavin, filat serta besi. Kandungan mineral dan vitamin ini akan sangat berguna untuk melawan berbagai penyakit, termasuk penyakit menular dan juga kronis pada manusia dan sumber tenaga untuk hewan seperti burung dan ayam.

1. Meningkatkan Imun Tubuh

Pisang raja mengandung vitamin C, vitamin A dan juga vitamin B6 yang berguna agar kekebalan tubuh bisa lebih meningkat. Dengan meningkatkan sistem imun tubuh, maka berbagai jenis penyakit bisa dihindari seperti bakteri dan infeksi virus yang menjangkiti tubuh. Caranya adalah dengan mengkonsumsi 1 buah pisang raja setiap hari.

Artikel terkait:

2. Meningkatkan energi Tubuh

Dalam pisang raja mempunyai sekitar 32 gram karbohidrat yang berguna untuk meningkatkan energi dalam tubuh khususnya saat memulai aktivitas yang berat. Dengan makan 1 buah pisang raja setiap hari, maka anda tidak lagi perlu mengkonsumsi minuman manis untuk mencukupi kebutuhan energi per harinya.

3. Menguatkan Tulang

Zat prebiotic atau disebut dengan fructooligosaccharide yang ada pada buah ini sangat baik dalam mempermudah penyerapan nutrisi. Mengkonsumsi 1 pisang raja setiap hari akan membantu tubuh saat menyerap kalsium dimana kalsium ini sangat baik untuk membuat tulang menjadi lebih kuat. Potassium yang terkandung pada buah ini juga akan mencegah kalsium yang sudah diserap tubuh hilang kembali.

Artikel terkait:

4. Mengurangi Gangguan Penglihatan

Vitamin A tinggi yang ada pada pisang raja juga bermanfaat untuk mengurangi gangguan penglihatan, sehingga untuk anda yang berusia diatas 40 tahun sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah ini sebanyak 3 buah per hari.

5. Menurunkan Hipertensi

Hipertensi bisa terjadi karena kadar garam yang cukup tinggi dan juga kegemukan atau obesitas. Kalium tinggi dan sodium rendah pada pisang raja sangat baik untuk menurunkan berat badan dan mencegah beberapa penyakit seperti darah tinggi dan juga stroke. Caranya adalah dengan makan 1 buah pisang raja sebelum makan dan lakukan secara teratur setiap hari.

Artikel terkait:

6. Mengurangi Resiko Batu Ginjal

Senyawa fenolik antioksidan juga terkandung dalam pisang raja yang berguna untuk pelindung terhadap ginjal. Apabila kadar potassium dalam tubuh tercukupi maka pembuangan kalsium dalam urin bisa lebih dikontrol dan mengurangi resiko dari batu ginjal tersebut.

7. Menyembuhkan Maag

Mengkonsumsi pisang raja juga membuat pergerakan usus bisa lebih teratur sehingga tidak akan menderita sembelit atau sulit buah air besar dan juga mengatasi maag sebab pisang raja juga mengandung zat antiasid. Resiko kanker lambung juga bisa menurun serta sebagai sumber makanan bakteri baik yang akan mencegah diare.

Artikel terkait:

ads

8. Makanan Bayi

Para dokter juga menyarankan agar para balita mengkonsumsi pisang raja sebagai salah satu asupan gizi penting bagi bayi, sebab sangat lembut sehingga lebih mudah untuk dicerna. Dengan begitu, nutrisi yang terkandung dalam buah ini bisa diserap tubuh bayi secara optimal. Caranya adalah dengan menghaluskan pisang raja sampai benar-benar sempurna dan langsung diberikan pada bayi.

9. Masker Kesehatan Kulit

Tidak hanya dikonsumsi, pisang raja juga bisa dijadikan masker yang akan berguna supaya kulit lebih sehat dan juga mengencangkan kulit. Gosokkan secara merata pisang raja pada seluruh permukaan kulit termasuk wajah dan leher, sehingga kandungan kalium yang ada didalamnya bisa terserap kulit dengan sempurna.

Artikel terkait:

10. Menyembuhkan Kutil

Penyakit kutil juga bisa disembuhkan dengan menggunakan pisang raja. Selain itu, bagian kulitnya bisa dibalurkan langsung pada kulit sehingga kulit menjadi lembab dan tekstur kulit terlihat lebih baik.

11. Memperbaiki Mood

Kandungan asam amino pada pisang raja juga sangat baik untuk memproduksi zat serotin yang memiliki pera sebagai neurotransmitter, sehingga akan membuat anda semakin rileks, tenang dan suasana hati menjadi stabil tanpa adanya efek samping yang ditimbulkan.

Artikel terkait:

12. Mengatasi Anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah juga bisa didapatkan dari pisang raja yang tinggi akan kandungan zat besi. Zat besi ini nantinya akan bekerja supaya sel darah merah bisa di produksi lebih banyak lagi.

13. Menyembuhkan Asma

Untuk anda yang memiliki salah satu penyakit pernapasan yakni asma, maka bisa mengkonsumsi pisang raja secara rutin pada saat asma tersebut sedang kambuh.

Artikel terkait:

14. Menyembuhkan Jerawat

Salah satu masalah kulit yaitu jerawat memang sangat mengganggu penampilan seseorang. Untuk mengatasinya, gosok daing pisang raja pada bagian kulit yang berjerawat secara rutin sampai jerawat mengempis dan sembuh.

15. Membuat Denyut Jantung Pleci Menjadi Stabil

Tidak hanya bermanfaat untuk manusia, namun pisang raja juga baik untuk menstabilkan denyut jantung burung pleci disaat lomba dan stress. Berbagai gangguan disekitar burung ini akan membuat denyut jantung menjadi naik turun. Kandungan kalium yang terdapat pada pisang raja bisa membuat detak jantung menjadi lebih teratur.

Artikel terkait:

16. Meningkatkan Konsentrasi Burung

Pisang raja kaya akan energi yang sangat bermanfaat saat burung sedang beraktivitas seperti lomba, karena burung merupakan salah satu hewan yang cukup aktif, maka ia memerlukan makanan penghasil energi seperti yang bisa ditemukan pada pisang raja ini.

17. Sumber Kalori Ayam Aduan

Dalam pisang raja memiliki banyak kalori dan juga kandungan gula alami. Ini akan sangat bermanfaat untuk ayam aduan sehingga tenaga bisa pulih dengan lebih cepat.

Artikel terkait:

18. Mengatur Tekanan Darah Ayam Aduan

Kadar potasium yang terkandung di dalam buah pisang raja, juga sangat baik untuk mengatur tekanan darah pada ayam aduan dan juga membuat mata lebih fokus dan juga mengirimkan oksigen ke otak.

19. Mengatasi Disfungsi Ereksi

Salah satu masalah pria yakni disfungsi ereksi juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi pisang raja. Dalam pisang raja mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bisa mengalirkan darah dengan lancar menuju alat kelamin pria sehingga masalah disfungsi ereksi bisa teratasi.

Artikel terkait:

20. Menyuburkan Rambut

Kandungan vitamin B6 yang juga dikenal dengan nama prydoxine dalam pisang raja juga sangat baik untuk kesehatan rambut anda. Dengan mengkonsumsi pisang raja secara teratur, maka rambut akan tumbuh dengan subur, tidak bercabang dan juga mengurangi rontok rambut berlebihan.

Berbagai kandungan bermanfaat dalam pisang raja ini bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi pisang raja secara rutin, namun tetap dalam batas normal atau dengan kata lain tidak berlebihan. Sementara untuk mengolahnya bisa disesuaikan dengan selera, bisa langsung dimakan, dibuat keripik atau berbagai olahan makanan lainnya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 19th, May 2017 / 00:42 Oleh :
Kategori : Buah Buahan