Sponsors Link

11 Manfaat Pisang Kepok Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Anda pastinya sudah mengenal buah pisang bukan? Ya , buah yang hidup di iklim tropis ini memang sangat banyak ditemukan di Indonesia. hampir semua daerah di Indonesia bisa ditanami buah pisang ini. ada banyak jenis buah pisang yang ditemukan di Indonesia. buah pisang memiliki banyak penggemar dan juga bisa diolah menjadi berbagai jenis olahan enak dan sehat. salah satu jenis buah pisang yang banyak penggemarnya adalah pisang kepok. Pisang kepok atau ada juga beberapa daerah yang menyebutnya dengan sebutan pisang gepeng.

ads

artikel terkait manfaat pisang:

Pisang kepok ini memiliki tekstur keras namun tetap lembut sehingga lebih enak dimakan selain itu rasanya juga manis. Bentuk dari pisang kepok ini adalah buntal dan tidak terlalu lonjong seperti pisang lainnya. buah pisang kepok ini bisa ditemukan di sepanjang tahun karena tidak mengenal musim.

Kandungan pisang kepok

Salah satu jenis pisang yang banyak disukai oleh orang ini tidak hanya memiliki rasa enak saja namun ternyata manfaatnya juga sangat baik bagi tubuh. berikut ini adalah kandungan gizi yang terdapat di dalam pisang kepok.

Dalam setiap 118 gram buah pisang mengandung:

  • 105,2 gram kalori
  • 21,5 gram vitamin B6
  • Vitamin C sebesar 17.1
  • Zat mangan sebesar 16
  • Serat sebanyak 12,3
  • 12,1 kalium

Kandungan tersebut sangatlah baik bagi tubuh sehingga anda tidak perlu lagi ragu untuk mengkonsumsi pisang kepok ya. anda bisa mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan yang anda sukai sesuai dengan selera anda masing-masing.

Manfaat buah pisang kepok untuk kesehatan

Jika anda adalah penyuka pisang dan tidak bisa hidup tanpa makan pisang setiap harinya maka anda adalah orang yang beruntung. Hal ini dikarenakan buah pisang kepok sangatlah bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah untuk mengatasi berbagai jenis gangguan kesehatan seperti berikut ini:

  1. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat di dalam manfaat pisang kepok cukup tinggi sehingga sangat baik untuk mengatasi gangguan kesehatan terutama pada organ pencernaan. Serat akan membuat makanan dalam lambung menjadi seperti gel sehingga lebih mudah dicerna dan diserap vitamin dan gizinya oleh tubuh. selain itu hasil feses yang dihasilkan juga akan lebih lunak namun tidak terlalu encer sehingga sangat baik bagi anda yang memiliki masalah pencernaan.

artikel terkait: manfaat jantung pisang

  1. Mencegah sembelit

Dalam buah pisang kepok mengandung zat pectin dimana zat ini juga sangat baik untuk kesehatan. Bagi anda yang saat ini sedang melakukan program penurunan berat badan.

artikel terkait: manfaat daun pisang

  1. Mengatasi maag

Bagi anda yang saat ini sedang mengalami gangguan pada lambung karena maag juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang kepok. Buah pisang kepok ini mengandung efek antacid sehingga bisa menetralkan kadar produksi asam lambung berlebihan. Selain itu buah pisang kepok ini sangatlah baik untuk lambung karena mudah dicerna. Buah pisang kepok dapat anda konsumsi dengan berbagai cara sesuai dengan selera anda masing-masing.

artikel terkait: manfaat kulit pisang

  1. Sebagai sumber potasium

Pisang merupakan sumber makanan yang mengandung zat potassium terbesar dari pada sumber makanan lainnya. jadi bagi anda yang mengalami gejala kekurangan potassium sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang ini ya. potassium merupakan zat yang penting bagi tubuh dan  harus selalu terpenuhi kebutuhannya.

artikel terkait: manfaat pisang bagi kesehatan

ads
  1. Mengatasi stress

Stress, depresi, kecemasan berlebih dapat mengurangi kadar potassium dalam tubuh. jika ini terjadi maka pikiran anda akan terpecah dan tidak bisa konsentrasi. Jika anda saat ini sedang mengalami kepenatan karena masalah pekerjaan, hubungan dengan pasangan dan masalah lainnya, cobalah untuk segera mengonsumsi pisang karena dengan itu rasa stress dan depresi yang anda rasakan akan dapat dihilangkan dengan mudah.

artikel terkait: manfaat daun pandan wangi

  1. Menyehatkan ginjal

Lagi-lagi kandungan potassium dalam pisang memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh salah satunya adalah untuk menyehatkan fungsi ginjal. Ginjal membutuhkan potassium untuk bisa membuat kinerja ginjal dalam menyaring sisa metabolisme menjadi urin lebih optimal. Kondisi ini tentunya sangat baik karena proses penyaringan racun dan kotoran bisa maksimal sehingga tidak menimbulkan resiko untuk terjadi penumpukan kotoran yang bisa menyebabkan penyakit batu ginjal dan kencing batu. Selain itu di dalam pisang juga mengandung zat antioksidan fenolik dimana fungsinya sangat baik untuk melindungi ginjal.

artikel terkait: manfaat daun binahong untuk jantung

  1. Menguatkan tulang

Di dalam buah pisang kepok juga mengandung zat prebiotik dimana zat ini berperan sebagai pemaksimal penyerapan nutrisi dalam tubuh. salah satu nutrisi yang bisa dibantu penyerapannya oleh zat prebiotik adalah vitamin D dan kalsium sehingga tulang pun akan menjadi lebih kuat. Bagi anda yang saat ini sedang mengalami masalah gangguan pada tulang misalnya saja keroposan tulang atau osteoporosis dan juga masalah tulang lainnya bisa dibantu diatasi dengan mengonsumsi pisang setiap harinya.

artikel terkait: manfaat apel hijau untuk diet

  1. Mengendalikan tekanan darah

Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi sebaiknya melakukan diet namun menambah asupan pisang kepok. Hal ini disebabkan karena kandungan kalium dan sodiumnya yang tinggi sehingga bisa mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah secara ekstrim.

artikel terkait: manfaat vitamin B6

  1. Meningkatkan energi

Jika anda saat ini sedang merasa lemas, lunglai dan mudah lelah, cobalah untuk mengonsumsi buah pisang. Hal ini disebabkan karena buah pisang mengandung karbohidrat tinggi sehingga langsung bisa meningkatkan energi dan stamina. Bagi anda juga yang kurang bisa menahan lapar, bisa menjadikan buah pisang sebagai persediaan sebagai penahan lapar karena efektif mencegah lapar dan membuat efek kenyang lebih lama.

artikel terkait: manfaat vitamin b12

  1. Menyehatkan mata

Manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari buah pisang kepok adalah mampu membuat penglihatan anda menjadi lebih jelas dan cerah. Hal ini disebabkan karena biasanya seiring dengan berjalannya usia mata akan mengalami apa yang dinamakan dengan degerasi macula. Terjadinya degerasi macula membuat sel mata bekerja tidak optimal sehingga pandangan pun akan menjadi lebih kabur. Tentunya anda tidak ingin demikian bukan?

Oleh karena itu konsumsilah buah pisang kepok tiga kali sehari untuk bisa membuat mata anda lebih awas dan lebih sehat. orang yang mengonsumsi buah pisang kepok secara rutin memiliki resiko terkena degerasi macula 35 persen lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi buah pisang kepok.

artikel terkait: manfaat bunga cempaka

Itulah manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengonsumsi buah pisang kepok. Anda tentunya bisa mengonsumsi dengan berbagai cara sesuai dengan selera anda masing-masing.

Cara mengonsumsi pisang kepok dengan benar

Untuk bisa mengonsumsi buah pisang anda bisa langsung mengonsumsinya dalam keadaan segar dan yang sudah matang. Namun selain itu anda juga bisa mengolahnya menjadi aneka camilan sehat. menurut pakar kesehatan, mengonsumsi camilan yang terbuat dari pisang lebih sehat bagi tubuh dibandingkan dengan mengonsumsi biscuit.

Namun yang perlu anda perhatikan dari cara mengolah buah pisang kepok ini adalah untuk tidak mengolahnya dengan cara digoreng seperti menjadi pisang goreng, pisang cokelat, pisang meler, atau pisang molen dan lainnya. mengolah pisang kepok dengan cara digoreng justru tidak baik karena bisa menghilangkan kadar nutrisi yang ada di dalam buah pisang kepok dan sangat berpotensi menaikan kadar lemak jenuh atau lemak trans dalam buah pisang kepok. Hal tersebut tentu saja tidak baik karena akan beresiko menyebabkan berbagai jenis penyakit seperti koleseterol, serangan jantung, obesitas, diabetes, dan juga tekanan darah tinggi serta stroke.

Lalu bagaimana cara mengolah buah pisang kepok yang baik dan sehat? berikut ini adalah beberapa alternatif menu dari pisang kepok yang bisa anda gunakan.

  • Membuat buah pisang kepok menjadi jus atau banana smoothies. Minuman yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi anda bukan? Selain enak, banana smoothie dan jus pisang kepok sangatlah bermanfaat bagi tubuh. anda bisa menambahkan madu, susu rendah lemak dan juga buah-buahan lainnya sebagai pelengkap.
  • Mencampurkan irisan pisang kepok ke dalam oatmeal. Oatmeal akan lebih lengkap nutrisinya dengan menambahkan irisan pisang kepok jika perlu anda juga bisa menambahkan buah lainya supaya lebih enak.
  • Membuat kue bolu dengan dicampur buah pisang yang telah dihaluskan. Kue bolu dari buah pisang ini tentunya akan memiliki cita rasa yang lebih enak dan unik serta membuat bolu menjadi lebih bergizi.
  • Alternatif menu lainnya adalah anda bisa mengoleskan selai kacang pada buah pisang kepok karena rasa pisang akan menjadi lebih enak dank has.

Tips memilih pisang kepok

Jika anda ingin mengonsumsi buah pisang maka sebaiknya anda bisa memilihnya dengan baik. jika anda ingin mengonsumsi saat itu juga maka sebaiknya pilih yang sudah benar-benar matang dan kulitnya berwarna kuning. Sedangkan jika anda tidak ingin mengonsumsinya saat ini juga atau untuk besok-besok maka sebaiknya anda pilih yang masih belum cukup matang saja supaya nantinya tidak busuk dan tetap enak dimakan.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat buah pisang kepok yang perlu anda ketahui. Buah pisang kepok ini bisa anda dapatkan dengan mudah di toko buah terdekat karena ada banyak penjual yang mejajakan buah pisang kepok.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 27th, August 2016 / 14:30 Oleh :
Kategori : Buah Buahan