Sponsors Link

7 Manfaat Pisang Batu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sponsors Link

Pisang batu memiliki ukuran yang besar dibandingkan dengan pisang lainnya. Pisang batu memiliki nama latin musa brachycarpa. Pisang ini memiliki rasa ambar sehingga jarang pisang batu dapat dikonsumsi secara langsung. Kebanyakan pisang batu dikonsumsi dengan dibuatkan sebagai goreng pisang. Jadi pemanfaatan pisang batu selain digoren juga dapat direbus agar lebih sehat. Karena pisang yang digoreng mengandung lemak yang jenuh yang tidak baik untuk kesehatan. Pisang batu memiliki kandungan didalamnya seperti :

ads
  • Protein didalam pisang batu berfungsi untuk meregenerasi sel  mati diganti dengan sel yang baru. ( Baca juga : Manfaat protein )
  • Lemak yang berguna untuk melindungi tubuh dari hempasan saat terjatuh. ( Baca juga : Manfaat lemak )
  • Karbohidrat sebagai penambah energi dalam melakukan aktifitas sehari – hari. ( Baca juga : Manfaat karbohidrat)
  • Vitamin yang memberikan nutrisi dalam tubuh untuk melengkap kebutuhan tubuh dalam menjaga kesehatan. ( Baca juga : Manfaat buah – buahan)

Kandungan yang terdapat didalam pisang batu ini banyak dijadikan sebagai buah alami yang mampu mengobati penyakit ringan seperti :

1. Wasir

Wasir merupakan masalah yang terjadi dengan adanya benjolan disekitar lubang anus. Penyakit wasir ini tentu sangat menyiksa saat penderita buang air besar. Akibat dari adanya wasir ini menjadi terasa nyeri yang hebat dan menganggu jika dibiarkan dalam waktu yang lama. Untuk menggunakan pisang batu sebagai bahan alami untuk mengobati wasir dapat disipakan bahan – bahan seperti berikut ini :

  • Sediakan daun jambu yang masih muda.
  • Pisang batu beberapa buah

Cara untuk mengolahnya adalah sebagai berikut :

  • Daun jambu dan buah pisang dicuci hingga bersih. Dan kemudian parut buah pisang dan peras untuk diambil airnya.
  • Untuk daun jambu ditumbuh hingga halus.
  • Campurkan perasan dari buah pisang dan daun jambu dari air perasannya dan minum selama beberapa hari.

Karena memilih untuk mengobati dengan bahan yang alami maka pengobatan wasir ini memerlukan waktu yang lumayan lama. Langkah Anda selanjutnya harus tetap rajin minum ramuan ini secara teratur. Semoga penyakit wasir ini dapat sembuh dengan segera.

Artikel terkait :

2. Diare

Diare merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang menular melalui makanan dan minuman yang telah dihinggapi oleh virus. Diare ini dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan sehingga dapat menyebabkan penderita diare menjadi lemas. Adapun jika dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan kematian. Selain memberikan larutan oralit sebagai pertolongan pertama maka selanjutnya untuk mengobati penyakit diare bisa menggunakan pisang batu. Berikut ini langkah untuk membuat larutan untuk menghentikan diare yaitu :

  • Sediakan pisang batu yang sudah masak sebanyak tiga buah.
  • Sediakan pisang batu yang mentah sebanyak tiga buah juga.
  • Kupas kulit enam pisang tersebut baru kemudian dihaluskan dan diperas untuk mendapatkan airnya.
  • Minum air dari perasan air pisang batu tersebut sebanyak satu kali sehari.

Diare ini dapat dicegah dengan minum perasan air dari pisang batu ini dan rasakan manfaatnya secara perlahan – lahan secara alami. Sehingga pengeluaran cairan dalam tubuh Anda tidak menjadi berlarut – larut dan segera berhenti.

Artikel terkait :

ads

3. Tukak lambung

Penyakit tukak lambung juga dikenal dengan istilah maag. Maag disebabkan karena perut yang kosong dalam waktu lama sehingga zat asam yang seharusnya berfungsi untuk membantu mencerna makanan yang ada dilambung. Namun saat lambung kosong zat asam justru menjadikan lambung terluka. Inilah yang menyebabkan timbulnya rasa perih pada lambung. Maag dapat diobati jika masih menunjukkan gejala awal. Selain mengatur pola makan lebih teratur cara berikutnya untuk mengobati tukak lambung adalah dengan mengkonsumsi pisang batu. Ada baiknya mengkonsumsi pisang batu yang telah direbus terlebih dahulu. Berikut ini cara untuk merebus pisang batu :

  • Pisang batu di masukkan kedalam panci kemudian ditambahkan air kedalam panci tersebut.
  • Selanjutnya naikkan panci keatas kompor dan panaskan tunggu hingga mendidih dan pisang lunak sehingga bisa untuk dimakan.
  • Caranya untuk mengetahui pisang sudah lunak ambil lidi yang bersih kemudian tusukkan pada pisang batu yang direbus tadi. Jika pisang batu tersebut membuat lidi menancap berarti pisang batu sudah lunak dan bisa diangkat untuk didinginkan.

Setelah dingin baru kemudian pisang batu dapat dikonsumsi untuk mengobati tukak lambung. Cara untuk menjadikan pisang batu mengobati tukak lambung adalah dengan memakannya selama seminggu setiap hari sebanyak dua kali. Baiknya dimakan pada waktu sarapan jadi sekaligus sebagai pengganti sarapan pagi ANda.

Artikel terkait :

4. Sistem pencernaan

Sistem pencernaan berfungsi untuk menyerap nutrisi dari makanan yang diperlukan oleh tubuh dan mengeluarkan sisa makanan yang tidak digunakan oleh tubuh. Sistem pencernaan yang baik ditandai dengan rutinnya melakukan buang air besat setiap hari. Karena untuk mendapatkan sistem pencernaan yang baik diperlukan serat. Kehadiran serat didalam tubuh berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Manfaat pisang batu berikutnya adalah untuk menyehatkan sekaligus melancarkan sistem pencernaan. Ini karena didalam pisang batu terdapat senyawa bernama serat yang baik untuk pencernaan tubuh manusia. Pisang batu yang dikonsumsi baiknya adalah pisang batu yang direbus terlebih dahulu.

Artikel terkait :

5. Demam

Demam merupakan gejala yang ditandai dengan flu, batuk dan panas tubuh yang meninggi. Panas tubuh yang tinggi ini kadang dapat menyebabkan sakit kepala dan letih pada badan. Jadi cara terbaik menurunkan panas demam adalah dengan mengkonsumsi pisang batu. Adapun pisang yang dikonsumsi untuk mengatasi demam dalah pisang batu yang direbus terlebih dahulu.

Artikel terkait :

Itulah beberapa manfaat dari pisang batu saat dikonsumsi untuk mengatasi beberapa penyakit ringan yang biasa Anda rasakan.

Manfaat Pisang Batu bagi Kecantikan

Wanita mana yang tidak ingin dipuji dengan kata cantik. Demi mendapatkan pujian cantik ini banyak yang dilakukan wanita agar mereka merasa percaya diri. Dengan predikat cantik membuat wanita lebih merasa bermilai dibandingkan dengan sesama wanita namun tidak pernah dipuji cantik. Untuk kata ini banyak yang dilakukan mulai dari membeli produk – produk endorse yang banyak dijual secara online hingga toko – toko. Yang harganya tentu sangat mahal karena mangklaim dapat menjadikan wanita cantik secara instant.

Namun pernahkan kita berpikir bahwa untuk menjadi cantik hanya diperlukan perawatan yang tepat. Dan perawatan yang tepat tidak bisa di dapat secara instant. Melainkan membutuhkan waktu yang lama dan berkala. Dan sebenarnya yang dikatakan cantik itu bukan hanya putih namun memiliki kulit yang sehat. Jika kulit Anda sehat siapapun yang memandang pasti akan mengatakan bahwa Anda cantik. Kulit sehat tidak selalu putih ada juga kulit yang sehat namun tidak putih yang paling penting dari kulit itu adalah terhindar dari jerawat, komedo, pori – pori besar, flek hitam dan warnanya yang merata. Kulit harus telihat bersih dan bersinar.

Berikut ini pisang batu dapat dimanfaatkan untuk kencatikan kulit berupa :

1. Menghilangkan jerawat

Jerawat adalah masalah yang umum dijumpai pada usia remaja. Produksi kelenjar minyak yang berlebih ini dapat menimbulkan bintik merah dan terasa sakit jika disentuk. Untuk menghilangkan jerawat dengan cara yang alami langkah yang dapat anda lakukan adalah dengan menyediakan dua buah pisang batu kemduian kupas kulitnya. Pisang tersebut lalu ditumbuk hingga halus dan tempelkan pada wajah secara merata. Sesudahnya diamkan selama 30 menit baru kemudian dibilas. ( Baca juga : Manfaat acnol )

2. Menghitamkan rambut

Untuk mendapatkan rambut yang hitam caranya pisang batu ditumbuh kemudian diperas untuk mendapatkan airnya. Air perasan dari pisang batu oleskan pada rambut dan tunggu hingga 30 menit. Jika Anda rutin melakukannya maka rambut hitam panjang dan terawat akan mejadi milik Anda segera. ( Baca juga : Manfaat daun kemangi untuk kesehatan kulit dan rambut )

Itulah manfaat pisang batu untuk kecantikan secara alami. Aman, mudah dan murah pastinya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 09th, December 2016 / 04:28 Oleh :
Kategori : Kesehatan