Sponsors Link

10 Manfaat Pisang Barangan Untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Pisang buah satu ini sangat tumbuh subur di Indonesia. Pisang sangat cocok tumbuh di daerah yang beriklim tropis. Buah pisang mengandung banyak manfaat dan kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Pisang memiliki banyak jenis antara lain pisang ambon, pisang raja dan pisang barangan. Pisang barangan ini merupakan pisang yang paling banyak diminati dan dicari. Rasa pisang barangan ini lembut dan manis.

ads

Nutrisi dari pisang barangan

Pisang barangan memiliki nutrisi sebagai berikut :

  • Karbohidrat – Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh yang didapat dari makanan yang mengandung manfaat karbohidrat.
  • Asam folat – Asam folat adalah senyawa yang berguna untuk perkembangan otak. Manfaat asam folat baik untuk janin dan anak dalam masa pertumbuhan untuk kecerdasan otaknya.
  • Serat – Serat sangat berkaitan dengan sistem pencernaan. Serat banyak bersumber pada buah – buahan dan sayur sayuran. Baca juga : (Manfaat buah – buahan dan manfaat sayur – sayuran)
  • Kalsium – Kalsium baik untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Manfaat kalsium banyak terdapat pada pisang kandungan kalsium dalam pisang adalah 5 mg
  • Zat besi – Kandungan zat besi dalam pisang sebanyak 0,3 mg. Manfaat zat besi baik untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.
  • Vitamin C – Vitamin C ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Vitamin c banyak terdapat pada manfaat jeruk dan manfaat pepaya.
  • Vitamin B – Manfaat vitamin B bagi kesehatan tubuh sangat baik karena manfaat vitamin B telah terbukti sejak dulu untuk berbagai penyakit.

Berikut ini manfaat pisang barangan untuk kesehatan tubuh :

1. Sumber energi

Pisang mengandung karbohidrat sebanyak 25,8 mg. Karbohidrat merupakan sumber energi tubuh yang utama. Selain terdapat pada pisang jumlah karbohidrat juga terdapat pada manfaat nasi, manfaat gandum dan manfaat roti gandum yang dapat membantu melengkapi kebutuhan energi harian.

2. Kesehatan sistem pencernaan

Sistem pencernaan yang sehat mampu menyerap nutrisi dari makanan dengan baik untuk tubuh. Sementara sistem pencernaan yang tidak sehat bisa menyebabkan sembelit. Pisang sama seperti buah – buahan yang lain kaya akan serat. Pisang mengandung 0,7 gram serat. Manfaat serat untuk melancarkan sistem pencernaan dan kesehatan sistem pencernaan pada tubuh.

3. Untuk penderita anemia

Anemia adalah jumlah hemoglobin yang berada dibawah normal dalam sel darah merah. Penderita anemia biasanya merasakan :

  • Kepala terasa pusing dan ringan
  • Penderita anemia menjadi pucat
  • Kekebalan tubuh menurun

Pisang mengandung manfaat zat besi yang dapat menaikkan kadar jumlah hemoglobin di dalam darah.

4. Baik untuk diet

Bagi anda yang ingi diet tidak perlu menghabiskan uang banyak untuk membeli obat diet. Buah pisang barangan yang banyak dijumpai dapat membantu anda. Pisang banyak digunakan untuk membantu penurunan berat badan. Banyak yang telah mencoba pisang baik untuk penurunan berat badan dengan cara mengkonsumsi pisang sebagai ganti nasi putih. Empat buah pisang barangan dan segelas susu dapat mencukupi kebutuhan sarapan pagi.

5. Meningkatkan konsentrasi

Buah pisang barangan membantu meningkatkan konsentrasi. Bagi anda yang bekerja dan membutuhkan banyak kosentrasi dapat mencoba untuk mengonsumsi buah pisang. Pisang dapat meningkatkan konsentrasi karena kandungan kalsium yang ada pada pisang.

6. Menyehatkan kulit

Kulit yang sehat akam membuat siapapun cantik. Ini benar adanya karena kulit yang terawat akan indah dipandang oleh mata. Beda dengan kulit yang tidak sehat dan kering. Kurang indah di pandang. Jika anda ingin kulit yang sehat seringlah mengkonsumsi pisang karena pisang mengandung vitamin c yang tinggi. Baca juga : (Manfaat vitamin c).

7. Untuk ibu hamil

Pisang mengandung nutrisi asam folat. Manfat asam folat salah satunya bagi janin adalah membantu pertumbuhan sel-sel otak pada janin. Pembentukkan otak telah di lakukan sejak dalam kandungan. Sehingga penting bagi ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan asam folat bagi janinnya. Cukup konsumsi dua buah pisang sehari. Jangan berlebihan karena kalori yang tinggi pada buah pisang berkisar antara 85 sampai dengan 100 kalori satu buah pisang.

Baca juga : (Manfaat asam folat bagi ibu dan bayi)

ads

8. Untuk penderita liver

Untuk penderita liver ada aturan makan buah pisang untuk menambah nafsu makan dan sebagai penambah energi. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Sediakan dua buah pisang barangan yang dengan ukuran sedang.
  • Sediakan madu

Pengolahannya adalah dengan cara :

  • Dua buah pisang dikupas kulitnya dan letakkan kedalam blender untuk dihaluskan. Kalau tidak ingin dihaluskan tidak perlu di blender.
  • Setelah diblender campurkan dengan satu sendok madu. Baca juga : (Manfaat madu)

Komsumsilah sebagai selingan saat lapar sebelum jam makan. Jadi konsumsi nasi tetap berlanjut seperti biasanya.

9. Menyehatkan otak

Pisang sangat baik untuk otak. Tidak hanya dari semasa janin tapi saat masa pertumbuhan pisang juga dibutuhkan. Pisang menyehatkan otak karena mengandung asam folat yang bisa meningkatkan konsentrasi otak. Asam folat penting untuk otak yang banyak terdapat pada manfaat pisang, manfaat buah jeruk dan manfaat apel.

10. Mepengaruhi mood

Jika anda sedang tidak nyaman dalam mengerjakan tugas harian karena merasa bosan. Atau anda sedang sedih karena tidak jadi pergi liburan karena teman anda membatalkan janjinya. Percayalah pisang dapat mengatasi perasaan anda itu. Ini karena pisang mengandung senyawa bernama neurontransmiter. Senyawa ini memiliki fungsi untuk mempengaruhi mood saat mengkonsumsinya.

Aneka Kue Dari Pisang Barangan

Pisang barangan dapat di konsumsi secara langsung karena rasanya yang manis dan lembut di lidah. Tapi ada juga yang menjadikan pisang barangan menjadi kue panggang yang lezat setelah dicampur dengan beberapa bahan alami. Salah satu resep dari pisang barangan adalah Pisang barangan panggang manis. Berikut ini bahan-bahan yang harus disediakan :

  • Pisang barangan sebanyak empat buah. Jika lebih dibolehkan sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga.
  • Margarine
  • Susu kental
  • Keju
  • Coklat

Cara mengolahnya adalah sebagai berikut :

  • Kupas kulit pisang kemudian oleskan margarine untuk dipanggang diatas bara api yang telah disiapkan.
  • Pangganglah sebentar pisang yang telah diolesi margarine  sekitar satu menit. Balik – Balikkan agar matangnya merata. Kemudian angkat keatas piring.
  • Setelah itu taburkan coklat cair keatasnya, tambahkan juga keju yang telah diparut dan susu kental secukupnya.

Pisang barangan panggang manis sudah siap disajikan. Dapat di makan diwaktu pisang barangan panggang manis masih panas akan terasa lebih lezat bersama orang terkasih.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 09th, June 2016 / 08:15 Oleh :
Kategori : Buah Buahan