Sponsors Link
     Sponsors Link

13 Manfaat Pilates Bagi Tubuh

Sponsors Link

Pilates merupakan salah satu olahraga bidang kebugaran yang cukup popular di tahun awal abad 20. Jenis olahraga yang di kembangkan oleh fisikawan, Joseph Pilates. Menurut beliau ada hubungan yang cukup erat antara mental dan fisik. Namun seiring perkembangan waktu, olahraga ini mengalami sedikit kemerosotan penggemar.

Siapa sangka, di beberapa tahun terakhir ini, pilates kembali menemukan penggemarnya lagi. Olahraga kebugaran satu ini memang sedang naik daun akhir akhir ini. Bahkan di beberapa tempat pusat kebugaran, pilates sudah memeliki instruktur yang cukup berpengalaman. Menarik bukan?

Olah raga pilates membutuhkan beberapa peralatan khusus yang sifatnya menunjang gerakan gerakan tertentu. Meski anda belum memiliki peralatan tersebut, anda tetap bisa memulai dengan peralatan ringan lainnya. Misal memanfaatkan meja, kursi, serta bola elastic.

Jenis Olahraga Pilates

Pilates atau di kenal pula dengan nama Contrology ini lebih menekankan pada pilator untuk mampu mengontrol kebugaran fisik yang di lakukannya. Menurut jenisnya, pilates terbagi atas dua jenis, yakni:

  • Mat Based Pilates

Pilates jenis ini lebih menekankan pada aktifitas yang di lakukan di atas lantai secara langsung. Orientasinya lebih pada kombinasi antara gravitasi bumi yang mengarah ke bawah dengan berat tubuh anda dalam melakukan gerakannya.

  • Equipment Based Pilates

Sedangkan pada equipment based pilates, metode jenis ini lebih banyak menggunakan peralatan penunjang untuk melakukan pilates itu sendiri.

Olahraga pilates juga merupakan olahraga yang cukup simple untuk dilakukan, sama halnya dengan melenturkan badan seperti pada manfaat latihan kelenturan tubuh yang dapat merenggangkan otot-otot pada tubuh, berikut adalah manfaat pilates bagi tubuh:

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Konsentrasi sangat di perlukan saat anda melakukan olahraga pilates. Memang dalam melakukan gerakan, anda tidak sekedar menggerakan anggota badan seperti tangan dan kaki. Ada metode metode tertentu yang harus anda kuasai sebelum melakukan pilates. Jadi sebaiknya anda mencari dahulu referensi dan seputar informasi mengenai pilates, sebelum melakukan pilates. Hal ini berkaitan dengan terlaksananya sasaran penggunaan pilates itu sendiri.

Tak berbeda dengan olahraga lainnya, konsentrasi adalah fokus utama dalam olahraga jenis ini. Seperti pada bulutangkis, manfaat bermain bulu tangkis yang tak banyak disadari oleh banyak orang adalah dapat meningkatkan tingkat konsentrasi pada otak. Selain itu, tambahan meminum air putih atau air mineral juga dapat membuat otak berfikir lebih spesifik seperti pada manfaat banyak minum air putih.

2. Pengendalian Otot Punggung

Melakukan pilates termasuk jenis olahraga yang mampu meningkatkan pengendalian otot otot punggung anda. Hal ini membuat punggung anda lebih rileks, menghindari ketegangan yang menyebabkan anda merasa kelelahan. Sangat cocok untuk anda yang biasanya bekerja terlalu lama di meja kantor. Melakukan relaksasi terhadap tubuh sangat diperlukan, seperti yang ada pada manfaat relaksasi otot progresif yang dapat melatih otot punggung menjadi lebih santai saat mengalami pegal-pegal.

3. Menguatkan Otot Perut

Anda merasa memiliki peurt yang buncit? Pilates solusinya. Olah raga kebugaran pilates ternyata cukup mampu untuk membuat otot perut anda lebih kuat dan kencang kembali. Hal ini sangat membantu penampilan anda lebih menarik. Wanita dengan perut rata akan terlihat sempurna mengenakan busana apapun. Bahkan juga sangat menguntungkan ketika anda hendak melahirkan. Sama halnya melakukan sit up, manfaat sit up juga sangat ampuh mengecilkan lemak pada bagian perut dan membentuk otot yang kuat.

4. Menghilangkan Stress

Melakukan olah raga kebugaran pilates juga mampu mengatasi rasa stress yang menghantui anda. Mengapa bisa? Hal ini sangat erat berkaitan dengan intonasi gerakan yang lambat. Dengan begitu, anda akan merasa lebih rileks dari biasanya. Otot juga terasa lebih ringan. Sejenak anda mampu melupakan masalah yang selama ini melingkupi kehidupan anda.

Inilah mengapa pilates menjadi lebih popular sekarang ini. Hal-hal yang dapat menghilangkan stres juga terdapat pada:

5. Meningkatkan Kekuatan Mental

Pilates juga di anggap cukup baik pula di lakukan oleh orang orang yang sedang di lingkupi masalah hidup. Mengapa? Sebab pilates akan meningkatkan hormone endorphin di dalam tubuh. Hormone ini sangat baik bekerja untuk meningkatkan kebahagiaan hidup anda. Untuk itulah mengapa pilates bisa menambah mental anda semakin kuat dan siap menjalani hidup.

6. Cocok Untuk Diet

Pilates juga salah satu program kebugaran yang baik di lakukan oleh orang orang yang sedang menjalani program diet. Sebab melakukan pilates sesuai dengan ketentuan dan dengan benar, cukup membantu untuk membakar kalori. Hal ini berimbas pada penurunan berat badan baik sedikit demi sedikit namun cukup signifcan. Dengan begitu lemak yang berlabih pada tubuh anda akan hilang.

Dapat juga melakukan diet sehat dan benar sesuai pada:

7. Meningkatkan Fleksibelitas Tubuh

Pilates memang tidak terlalu terkenal dan banyak peminatnya di Indonesia. Namun di Negara yang sangat mengunggulkan olah tubuh seperti tarian, pilates cukup booming juga. Siapa sangka, ternyata olah raga kebugaran ini cukup membantu anda untuk meningkatkan fleksibelitas tubuh. Seperti melakukan stretching dan beberpa gerakan yang membutuhkan keluwesan. Tarian yang cukup berpengaruh lainnya adalah ballerina.

8. Mengencangkan Otot Panggul

Otot panggul pada wanita memang paling sering sekali kendur. Biasanya mereka paling malas untuk menggerakan bagian tubuh satu itu. Anda dapat menandainya pada bagian peutnya. Apa bila perut mereka cenderung rata, biasanya otot pada panggul juga kencang. Ini menandakan bahwa ia sering kali melakukan olah raga. Berbeda dengan wanita yang memiliki perut buncit. Tentu saja otot pinggulnya kendur pula.

9. Membentuk Postur Tubuh Ideal

sponsored links

Melakukan kegiatan olah raga kebugaran cukup membantu anda untuk tampil sempurna. Mengapa? Melakukan pilates akan membantu mengencangkan bagian tubuh anda yang paling menonjol dan menarik. Misalnya pada panggul, perut dan tulang belakang. Orang yang sering melakukan pilates, tubuhnya cenderung fleksibel. Ia terlihat ringan dan wajahnya segar. Sebab ketika melakukan pilates, mereka cenderung berbahagia.

Melakukan jogging juga dapat membuat tubuh ideal, manfaat jogging dapat membakar lemak dalam tubuh. Baik jogging yang dilakukan di pagi hari maupun di sore hari atau bahkan malam hari, namun dengan kadar yang cukup tidak kurang atau bahkan lebih agar tidak membahakan kesehatan.

10. Dilakukan Bersama Sahabat

Olah raga sendirian memanglah tidak mengasyikan. Namun berbeda jika anda melakukannya bersama orang orang terdekat anda, sahabat anda. Mereka akan berbagi tawa bersama anda ketika melakukan. Anda akan sama sama saling bantu membantu ketika melakukan gerakan satu dan lainnya. Pasti kenangan manis dapat anda bentuk di sini.

11. Keseimbangan Tubuh Naik

Melakukan pilates juga mampu meningkatkan keseimbangan tubuh anda. Mengapa? Hal ini berkaitan dengan otot perut yang sedang anda bentuk. Sasaran utama orang melakukan pilates adalah untuk mengencangkan otot perutnya. Hal ini sangat erat kaitanya untuk meningkatkan keseimbangan tubuh anda agar baik. Biasanya di pakai pula oleh para atlet.

12. Energy Bertambah

Pilates di lakukan dalam keadaan tubuh yang rileks. Caranya agar tubuh mendapatkan ke rileksan adalah dengan pelan pelan agar oksigen masuk ke dalam tubuh. Dengan meningkatnya suplay oksigen di dalam tubuh membuat energy anda semakin bertambah. Sebagai tambahan ada juga hal-hal yang dapat menambah energi untuk stamina dengan mengkonsumsi makanan sehat, seperti pada:

13. Sangat Mudah Dipelajari

Pilates tergolong olah raga yang harus memiliki instruktur ketika hendak melakukannya. Namun sebenarnya syarat itu tidak mutlak harus di perlukan. Asalkan anda melihat video mengenai petunjuk melakukan pilates, saya rasa anda sudah cukup mampu melakukan pilates sendirian. Paling penting adalah pengetahuan anda melakukan gerakan pilates sesuai dengan metodenya. Supaya sasaran pilates ini tepat.

Semoga artikel mengenai olah raga pilates ini bermanfaat! Selamat berolahraga. J

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 28th, September 2015 / 09:32 Oleh :
Kategori : Olahraga