Sponsors Link

25 Manfaat Petai Cina Bagi Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Adakah yang mengetahui petai cina? Di daerah Jawa, petai cina sering disebut dengan lamtoro. Tanaman yang memiliki nama latin Leucaena leucocephala L. ini sering dijadikan kudapan yang dikenal dengan nama trancam. Paduan dari berbagai sayuran seperti mentimun, kemangi, lamtoro, daun kenikir dan parutan kelapa dengan sambal membuat makanan ini sering dijadikan teman berbuka puasa. Ok kembali lagi pada bahasan sebelumnya yaitu petai cina, tanaman satu ini merupakan tanaman perdu yang dapat tumbuh baik di daerah tropis.

ads

Dilansir dari berbagai media, petai cina mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C, A, dan B1. Selain itu juga mengandung kabohidrat, lemak, zat besi, fosfor, kalsium, dan protein. Disamping nutrisi, petai cina memiliki senyawa berupa tanin, flavonoid, dan saponin. Berbagai kandungan nutrisi yang dimiliki oleh petai cina membuat makanan satu ini dapat dimanfaatkan di bidang kesehatan. Adapaun manfaat petai cina dalam kehidupan sehari-hari seperti diuraikan di bawah ini:

Baca juga:

  1. Sayuran – Petai cina baik daun maupun bijinya sering digunakan sebagai sayuran yang enak untuk dimakan.
  2. Pakan Ternak – Tanaman petai cina biasanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak terutama kambing. Bagian yang dimanfaatkan adalah ranting dan daunnya. (Baca juga: Manfaat Batang Jagung)
  3. Furniture – Batang pohon dari petai cina dapat digunakan sebagai kayu bakar atau bahkan dijadikan sebagai bahan untuk membuat furniture rumah yang cantik.
  4. Pengganti Kopi – Biji petai cina dapat dikeringkan kemudian disangrai dan digiling. Bubuk ini merupakan pengganti dari bubuk kopi. Selain sebagai pengganti kopi, terkadang petai cina juga dijadikan campuran kopi. (Baca juga: Manfaat Kopi Arang)
  5. Mencegah Osteoporosis – Penyakit ini merupakan suatu penyakit yang disebabkan hilangnya kepadatan tulang. Petai cina mengandung kalsium dan fosfor yang berperan dalam menjaga kepadatan tulang.
  6. Menguatkan Gigi – Selain menguatkan tulang, kandungan kalsium dan fosfor dalam petai cina juga mampu menjaga atau bahkan menguatkan kepadatan gigi. (Baca juga: Manfaat Bengkoang untuk Gigi)
  7. Mengurangi Insomnia – Di era modern sepersi sekarang ini insomnia menjadi salah satu penyakit yang menjadi momok bagi seseorang. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk meringankan insomnia adalah mengkonsumsi petai cina.
  8. Meningkatkan Mood – Jika tubuh seseorang kekurangan vitamin C dapat menyebabkan moodnya tidak stabil. Untuk meningkatkannya maka diperlukan asupan makanan yang mengandung vitamin C seperti petai cina. (Baca juga: Manfaat Daun Salam Bakar)
    Sponsors Link

  9. Mencegah Hipertensi – Vitamin C di dalam petai cina dapat membantu mengkontrol tekanan darah manusia sehingga dapat digunakan untuk mencegah hipertensi.
  10. Mencegah Stroke – Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa jika di dalam tubuh seseorang memiliki kandungan vitamin C yang cukup maka akan menekan resiko stroke pada orang tersebut. Dengan demikian petai cina dapat mencegah stroke karena terdapat vitamin C di dalamnya. (Baca juga: Manfaat Daun Ciplukan untuk Stroke)
  11. Menjaga Kesehatan Mata – Siapa yang tidak suka jika matanya sehat? Vitamin A dan vitamin C yang dikandung oleh petai cina terbukti mampu menjaga kesehatan mata.
  12. Menghindari Trombus – Petai cina mengandung flavonoid dimana zat ini membantu sel darah merah mengalir dengan lancar tanpa terjadi penggumpalan. Dengan kata lain dapat digunakan untuk menghindari trombus. (Baca juga: Manfaat Echo Jantung)
  13. ads
    Mencegah Penuaan Dini – Vitamin C dan flavonoid di dalam petai cina mampu membantu dalam meregenerasi dan mengencangkan kulit. Sedangkan zat tanin berperan dalam menghaluskan kulit . Dengan demikian petai cina mencegah terjadinya penuaan dini.
  14. Mencegah Diare – Diare membuat rasa tidak nyaman bagi penderitanya karena membuat mereka harus bolak-balik ke kamar mandi sambil menahan perut yang sakit. Kandungan flafonoid dan tanin di dalam petai cina dapat mengeraskan dinding lambung sehingga mengurangi keluar masuknya cairan dalam usus seperti diare. (Baca juga: Manfaat Oralit)
  15. Melancarkan Haid – Haid yang lancar merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh para wanita. Petai cina ini ternyata memiliki kemampuan dalam membantu melancarkan haid. Selain itu vitamin A yang dikandungnya dapat berperan dalam membersihkan darah.
  16. Meningkatkan Kecerdasan – Fungsi tubuh seperti sistem saraf membutuhkan vitamin B1 dalam nenjalankan aktivitasnya. Sistem saraf yang baik diindikasikan dengan baiknya pula kecerdasan seseorang. Dengan kata lain vitamin B1 dapat berperan unuk meningkatkan kecerdasan seseorang. Salah satu makanan yang mengandung vitamin ini adalah petai cina. (Baca juga: Manfaat Bahasa Jepang)
  17. Mencegah Diabetes – Diabetes atau tingginya kadar gula dalam darah dapat diatasi dengan mengkonsumsi petai cina dimana makanan satu ini mengandung saponin yang dapat mencegah diabetes khususnya diabetes tipe 2.
  18. Meningkatkan Kekebalan Tubuh – Ternyata, flafonoid dan vitamin A maupun C si dalam petai cina juga mampu meningkatkan sistem imum atau kekebalan tubuh sehingga tanaman ini baik dikonsumsi oleh orang yang sering menderita alergi. (Baca juga: Manfaat Fatigon Spirit)
  19. Antioksidan – Vitamin A dan C, flavonoid, saponin, dan tanin di dalam petai cina dapat bertindak sebagai antioksidan. Zat ini dapat berperan dalam menangkal radikal bebas.
  20. Penawar Racun – Tanin juga dapat digunakan sebagai penawar racun, salah satu makanan yang mengandung tanin adalah petai cina. (Baca juga: Manfaat Asam Belanda)
  21. Anti Bakteri – Tanin juga berperan sebagai anti bakteri sehingga penyakit yang disebabkan oleh bakteri dapat diringankan gejalananya dengan mengkonsumsi petai cina karena tanaman ini mengandung tanin.
  22. Anti Virus – Zat yang dikandung oleh petai cina seperti vitamin C dan flavonoid dapat mengusir virus yang hinggap di tubuh. Dengan kata lain, petai cina dapat disebut sebagai anti virus. (Baca juga: Manfaat Wedang Jeruk)
  23. Anti Kanker – Penyakit seperti kanker dan tumor banyak diakibatkan oleh radikal bebas. Oleh karena petai cina mengandung vitamin A dan C, flavonoid, saponin, serta tanin sehingga makanan ini juga dapat disebut sebagai anti kanker yang mana zat-zat tersebut dapat melawan radikal bebas.
  24. Anti Radang – Salah satu zat yang dikandung oleh petai cina adalah saponin yang bersifat sebagai anti inflamasi atau anti radang. Zat ini mampu meringankan penyakit yang diakibatkan oleh peradangan. (Baca juga: Manfaat Alga Hijau)
  25. Anti Nyeri – Penyakit yang mengalami peradangan biasanya menimbulkan rasa nyeri. Karena saponin bertindak sebagai anti radang maka zat ini tentunya bertindak juga sebagai anti nyeri.

Baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Saturday 15th, July 2017 / 04:20 Oleh :
Kategori : Sayuran