7 Manfaat Perencanaan SDM dalam Organisasi

Dalam menjalankan sebuah organisasi baik itu organisasi bisnis maupun non bisnis keberadaan sdm atau sumber daya manusia sangatlah penting selain faktor lainnya seperti tanah, bangunan dan biaya produksi. SDM merupakan kunci utama dalam keberhasilan sebuah organisasi. Sebesar apapun perusahaan tidak akan dapat bertahan lama dengan adanya SDM yang tidak baik dan tidak bisa mengolah sumber daya lainnya yang ada. Oleh karena itu sangatlah penting membuat perencanaan pada sumber daya manusia.

Perencanaan sumber daya manusia di dalam organisasi dilakukan oleh para pejabat organisasi misalnya seperti pihak manajemen dimana tujuannya adalah untuk memperkirakan apa saja kebutuhan organisasi di masa yang akan datang dan bagaimana cara mengatasi  masalah dengan tepat pada organisasi tersebut.

artikel terkait:

Tujuan perencanaan SDM

Lalu apakah sebenarnya tujuan dari dibentuknya perencanaan SDM ini? secara garis besar tujuan perencanaan sumber daya manusia terbagi menjadi dua yaitu tujuan umum dan tujuan khusus, untuk lebih lengkapnya dapat anda simak berikut ini:

  1. Tujuan umum

Tujuan umum dari adanya perencanaan sumber daya manusia ini secara keseluruhan adalah untuk mempertahankan dan melanjutkan keberadaan atau eksistensi organisasi. Pada bidang organisasi bisnis atau perusahaan tujuan ini ditandai dengan adanya perolehan laba secara terus menerus sehingga perusahaan dapat menjalankan operasinya dengan baik dan tanpa ada hambatan. Sedangkan untuk organisasi non bisnis sendiri tujuannya akan tergantung pada jenis organisasinya jadi satu organisasi bisa saja berbeda dengan lainnya. perencanaan SDM ini bisa meliputi jumlah dan kualifikasi dari sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk kepentingan kelanjutkan organisasi atau perusahaan.

  1. Tujuan khusus

Karena perencanaan SDM ini berkaitan dengan sumber daya manusia yang akan digunakan dalam masa yang akan datang di dalam organisasi atau perusahaan, maka ada juga tujuan khusus yang berkaitan dengan waktu, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Tujuan perencanaan SDM jangka pendek

Tujuan ini berkisar untuk waktu tahunan atau satu tahun saja. jadi organisasi atau perusahaan paling tidak sudah membuat perencanaan SDM yang akann digunakan dalam masa satu tahun yang akan datang apakah SDM yang ada saat ini sudah mumpuni apakah perlu mengganti SDM atau bahkan menambahnya. Jumlah dan kualifikasi harus sesuai dengan yang dibutuhkan oleh organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan itu sendiri.

  • Tujuan perencanaan SDM jangka panjang

Perencanaan SDM jangka panjang ini dilakukan untuk masa 2 sampai 3 tahun mendatang atau paling maksimal adalah 5 tahun mendatang. Ini sangat penting dilakukan untuk merencanakan apa yang akan dilakukan oleh perusahaan dan organisasi selama masa tersebut guna mencapai lapa atau tujuan lainnya secara berkelanjutan dan menjamin perusahaan dapat bertahan dalam waktu tersebut.

Untuk bisa mencapai kedua tujuan di atas haruslah dibarengi dengan pemilihan SDM yang mumpuni dan sesuai dengan kualifikasi perusahaan. Memang hal ini cukup sulit dilakukan mengingat karakter satu orang dengan yang lainnya bisa saja berbeda namun paling tidak ini harus mendapat perhatian khusus dan direncanakan lebih matang.

artikel terkait: manfaat jembatanmanfaat mempelajari olmu pengetahuan sosial

Manfaat perencanaan SDM

Manfaat dari adanya perencanaan SDM ini tentunya sangat penting bagi organisasi atau perusahaan. Apa saja itu? Simak selengkapnya berikut ini:

  1. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi pendayagunaan SDM

Pada saat tahun berjalan mungkin sudah terjadi kasak kusuk di belakang mengenai kinerja salah satu karyawan perusahaan yang kurang maksimal dan sebaiknya diganti dengan orang lain saja. jika anda sebagai pihak manajer perusahaan maka jangan abaikan hal ini karena anda memang harus mengevaluasi lagi SDM yang anda gunakan tersebut. Inilah yang dimaksud dengan efektivitas dan efisiens pendayagunaan SDM supaya SDM dapat ditempatkan pada jabatan dan posisi yang sesuai dengan kemampunannya supaya tidak menimbulkan konflik atau penurunan kinerja dalam perusahaan. Dengan adanya perencanaan SDM ini perusahaan dapat mencapai tujuannya dengan lebih optimal da maksimal.

artikel terkait: 15 manfaat olahraga capoeira bagi tubuh, kepribadian dan sosial

  1. Meningkatkan penghematan biaya

Biaya merupakan salah satu komponen penting yang ada di dalam perusahaan dan harus diperhatikan dengan betul karena jika ada yang salah mengenai biaya atau beban ini bisa membuat perusahaan mengalami masalah keuangan serius. Hal ini juga berkaitan dengan perencanaan SDM. Jadi ketika hendak berencana merekrut pegawai baru maka sebaiknya terlebih dahulu dilakukan promosi kenaikan jabatan dan penghentikan jabatan pada beberapa posisi supaya tidak terlalu banyak SDM yang ada di dalam perusahaan. Hal ini juga akan membuat penghematan biaya gaji pada perushaan tersebut.

artikel terkait: 11 manfaat bermain gitar bagi otak, kesehatan dan sosial

  1. Meningkatkan perilaku proaktif

Dengan adanya perencanaan SDM ini tentunya akan membuat pegawai perusahaan menjadi proaktif dikarenakan para pegawai ini akan melakukan hal yang semaksimal mungkin dalam kinerjanya supaya dirinya tidak diganti atau supaya bisa mendapatkan promosi jabatan. Hal ini juga akan membuat pegawai menjadi proaktif namun tidak reaktif sehingga suasana dalam perusahaan akan menjadi lebih sehat dan kondusif.

artikel terkait: 10 manfaat sosial media di berbagai bidang

  1. Memastikan kebutuhan SDM yang kompeten

Melalui perencanaan SDM akan membuat proses penempatan pegawai menjadi lebih tepat pada kemampuannya sehingga perusahaan dapat menjalankan kemampuannya dengan baik untuk mencapai tujuan bersama. Ini juga diperlukan bagi pihak manajemen supaya bisa mengenali pegawainya dengan baik.

artikel terkait: manfaat zakat dari segi keagamaan, akhlak dan sosial

  1. Mendorong terbangunnya sistem informasi SDM yang akurat

Perencanaan SDM ini juga akan memberikan sistem informasi yang akurat dan tepat bagi perusahaan sehingga setiap pegawai yang memiliki masalah atau kekurangan dapat di atasi dengan baik. begitu pula dengan pegawai yang memiliki kompetensi lebih baik dari yang lain juga bisa diberikan bagian yang lebih baik.

artikel terkait: manfaat pengelolan wakaf bagi umat

  1. Meningkatkan koordinasi antar SDM

Ini juga merupakan salah satu manfaat yang sangat penting dari adanya perencanaan SDM ini. ya karena dengan ini masing-masing atasan paling tidak selevel supervisor mampu mengenal pegawai lain dari divisi yang berbeda dan ini akan lebih mudah untuk mengkoordinasikan antar divisi dengan baik sehingga tujuan perusahaan bisa tercapai lebih optimal tanpa adanya miss komunikasi antar divisi. Meskipun terlihat sepele namun ini kerap kali menjadi masalah dimana ada miss komunikasi antar divisi dalam peruhsaan.

artikel terkait: manfaat negosiasi dalam bisnis resmi

  1. Menciptakan suasana kebersamaan

Dalam pelaksanaan perencanaan SDM juga menuntut adanya kematangan emosi, sikap dan nilai antar masing-masing SDM sehingga perlu adanya toleransi di dalamnya. ini akan membantu mencciptakan suasana kebersamaan yang lebih kondusif dalam pekerjaan.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa sebaiknya menggunakan SDM yang sesuai dengan kemampuan dan kualifikasi untuk menempati jabatannya masing-masing. dengan ini tujuan perusahaan dapat dicapai lebih mudah bersama-sama.

artikel terkait: manfaat akuntansi

Hambatan perencanaan SDM

Tentu saja dalam praktiknya kerap kali ditemukan hambatan dapat menerapkan perencanaan SDM. Perencanaan SDM ini kerap kali menemui hambatan seperti berikut ini:

  1. Biaya

Kerap kali perusahaan mendapatkan masalah dalam mencapai tujuannya dan dalam rapat sudah diputuskan ternyata masalahnya adalah karena SDM yang tidak mumpuni dengan tanggung jawabnya. Oleh karena itu sebaiknya diganti dengan SDM baru yang telah professional dan berpengalaman sebelumnya. namun terkadang untuk menerapkan hal tersebut cukup sulit karena faktor biaya yang tidak mendukung seperti pendapatan perusahaan tidak mampu membayar gaji para professional.

  1. Hubungan kekerabatan

Ini merupakan masalah klasik yang ada baik di negara berkembang ataupun negara maju. Terkadang ada kerabat dari pemilik perusahaan yang bekerja dalam perusahaan tersebut namun dirinya tidak memberikan hasil yang baik setelah sekian lama. Solusi dari masalah ini adalah harusnya segera menggantinya dengan orang baru yang lebih sesuai kualifikasinya namun jika itu adalah kerabat pemilik perusahan maka itu bisa menjadi masalah yang lebih berat lagi.

Itulah ulasan mengenai manfaat perencanaan SDM. Semoga bermanfaat.

, ,
Post Date: Wednesday 29th, June 2016 / 08:40 Oleh :
Kategori : Sosial