Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Manfaat Perencanaan Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar

Sponsors Link

Perencanaan pembelajaran sangat penting bagi setiap orang dalam melakukan kegiatan. Perencanaan penting untuk mencapai suatu keinginan dalam belajar. Dalam hal dunia kerja terdapat banyak perencanaan yang di lakukan seperti perencanaan pendidikan, perencanaan penjualan termasuk juga perencanaan pembelajaran. Manfaat perencanaan memiliki fungsi yang banyak digunakan agar semua berjalan sesuai dengan rencana yang di inginkan.

Pada zaman sekarang perencanaan pembelajaran banyak di lakukandan dipraktekkan untuk efesiensi dari proses belajar itu sendiri. Karena itu belajar sangat banyak di gunakan dalam kehidupan sehari – hari bagi para pelajar dan pengusaha. Ternyata manfaat perencanaan antara lain adalah sebagai berikut :

1. Melihat prediksi

Salah satu manfaat perencanaan adalah untuk melihat prediksi dengan melakukan rencana terlebih dahulu. Rencana yang di lakukan antara lain adalah perencanaan yang telah di ambil kesimpulannya secara akurat dan matang. Sehingga saat terjadi kendala

2. Memecahkan masalah

Perencanaan belajar juga bermanfaat untuk memecahkan masalah. Masalah kadang banyak di temui di dalam kehidupan sehari – hari namun dalam belajar banyak cara yang harus di lakukan untuk belajar lebih baik lagi. Untuk memecahkan masalah ini penting untuk perencanaan sehari – hari.

Artikel terkait :

3. Pembelajaran sistematis

Dengan adanya rencana maka segalanya menjadi lebih tersusun dengan lebih rapi lagi. Susunan yang lebih rapi membuat semuanya secara sistematis. Pembelajaran yang sistematis memudahkan belajar. Sistematis ini penting untuk lebih baik lagi dalam kehidupan harian. (Baca juga : Manfaat menuntut ilmu)

4. Sumber pembelajaran yang tepat

Manfaat perencanaan pembelajaran lainnya adalah untuk sumber pembelajaran yang tepat. Cara belajar yang tepat membuat semua lebih baik dan pelajaran yang di lakukan lebih baik dan mudah dimengerti.

Artikel terkait :

5. Pola dasar mengatur tugas

Pola dasar yang dilakukan untuk perencanaan pembelajaran penting untuk mengatur tugas dengan lebih baik. Tugas yang lebih baik menjadi semua tugas terarah. Pola dasar tugas ini memudahkan semua pihak untuk menjadi mudah dan meningkatkan kecerdasan intelektual pembelajar.

6. Pedoman kerja

dalam dunia belajar juga terdapat pedoman dalam hidup kerja. Pedoman kerja penting untuk menjadikan belajar menyenangkan sehari – hari. Kerja dengan menggunakan pedoman membuat semuanya menjadi lebih terarah. Saat terjadi hal di luar keinginan maka bisa kembali lagi pada pedoman dan tidak hilang arah.

7. Penyusunan data

Data adalah kumpulan kumpulan data yang di gunakan untuk menarik kesimpulan dari beberapa informasi yang ada. Data ini di susun sesuai dengan rencana pembelajaran yang baik dan aman untuk kedepannya. Data di susun biasanya sesuai dengan rencana agar tidak menyulitkan saat mulai melaksanakn perencanaan yang di inginkan.

Artikel terkait :

sponsored links

8. Menghemat waktu

Dengan adanya rencana menjadi jelas fungsi dan tujuan dari perencanaan pemeblajaran. Jadi pada setiap prosesnya yang di lakukan adalah yang sesuai dengan rencana awa. Jika ini di lakukan maka dapat di pastikan menghemat waktu yang ada. Sebagaimana di ketahui waktu merupaka salah satu hal alami yang harus di manfaatkan dengan sebaik – baiknya karena tidak akan mungkin terulang kembali.

9. Alat ukur efektifitas

Manfaat perencanaan pembelajaran yang kesembilan adalah sebagai alat ukur efektifitas. Efektifitas disini memiliki arti waktu yang singkat tapi juga menghasilkan hasil yang memuaskan tentu dengan proses yang matang dan tidak melenceng dari perencanaan sebelumnya. Alat ukur efektifitas yang tidak berjalan baik dapat di evaluasi titik lemahnya dan di perbaiki untuk menjadi lebih baik lagi. (Baca juga : Manfaat latihan kebugaran jasmani)

10. Petunjuk arah dalam belajar

Petunjuk arah juga banyak di lakukan dan di ambil manfaatnya dari manfaat perencanaan pembelajaran. Ini bertujuan agar semua menjadi terkendali dan baik. Arah yang jelas bisa menjadi petunjuk yang menguntungkan bagi beberapa pihak yang ada.

Artikel terkait :

Jadi manfaat perencanaan pembelajaran memiliki banyak manfaat dari segi waktu, tenaga dan pikiran jika di aplikasikan sesuai dengan proses belajar.

Fungsi Perencanaan Pembelajaran

Perencanaan pembelajaran juga memiliki beberapa fungsi antara lain adalah sebagai berikut :

1.Fungsi kreatif

Fungsi ini bertujuan untuk meningkatkan daya kreatifitas anak dalam pengembangannya agar hasil yang di peroleh dalam belajar sangat memuaskan untuk masa depan kelak.

2. Fungsi inovatif

Inovatif sendiri dekat dengan pembaharuan dari sistem perencanaan pembelajaran yang lama. Dimana hal ini berkaitan jika proses sebelumnya memberikan hasil yang kurang memuaskan maka dapat di musyawarahkan kembali di mana metode yang harus di perbaiki agar menjadi lebih baik lagi kedepannya.

3. Fungsi selektif

Fungsi selektif bartujuan untuk mneyaring beberapa perencanaan yang di nilai lebih patut untuk di lakukan agar mendapatkan hasil yang baik dan bagus bagi anak.

4. Fungsi komunikatif

Untuk kecakapan berkomunikasi juga di perlukan fungsi komunikatif agar semua berjalan sesuai dengan rencana yang di lakukan. Karena itu fungsi ini merupakan fungsi dasar yang harus dimiliki oleh anak. Fungsi komunikatif juga berguna untuk bersosialisasi bersama dengan orang – orang seperti teman dan orang dewasa.

5. Fungsi prediktif

Prediktif berfungsi untuk melakukan prediksi sebelumnya dan hasil dari prediksi tidak semuanya akan sesuai rencan terkadang bisa jadi kurang dan bisa jadi lebih. Karena itu prediksi terkadang berada di tengah – tengah untuk di lakukan analisa yang harus di perbaiki bersama – sama.

6. Fungsi akurasi

Akurasi fungsi perencanaan pembelajaran ini berkaitan erat dengan kecepatan. Seperti arah yang telah jelas yang di buat sebelum perencanaan pembelajaran maka kecepatan untuk mencapai sesuatu yang di inginkan menjadi lebih cepat dan baik dari pada sebelumnya. Akurasi menjadi penghemat waktu yang alami dalam belajar.

7. Fungsi kontrol

Fungsi perencanaan pembelajaran yang kesembilan adalah fungsi kontrol, kontrol di sini bertujuan untuk mengendalikan keinginan belajar agar tetap seimbang. Agar dalam kehidupan sehari – hari tidak hanya beraktivitas dengan belajar saja tapi juga di imbangi dengan melakukan aktivitas lainnya seperti bermain bersama – sama.

Fungsi kontrol bermanfaat tidak hanya dalam perencanaan pembelajaran tapi juga dalam semua perencanaan yang di butuhkan. Kontrol ini membuat semuanya menjadi lebih terencana dan lebih baik bagi masa depan.

8. Fungsi pencapaian tujuan

Fungsi perencanaan pembelajaran yang terakhir adalah sebagai pencapaian tujuan. Pencapaian tujuan dalam belajar menjadikan proses belajar menjadi lebih menyenangkan di lakukan. Seharusnya yang namanya belajar menjadi hal yang menyenangkan dalam kehidupan sehari – hari. Tapi itu jika dilakukan dengan perencanaan dan langkah – langkah yang tepat.

Dari fungsi perencanaan pembelajaran diatas, dapat di tarik suatu kesimpulan bahwa setiap belajar haru memiliki perencanaan baik belajar di bangku sekolah seperti menyelesaikan banyak soal – soal  matematika dan fisika yang merupakan salah satu mata pelajaran yang di anggap sulit akan terasa lebih mudah di selesaikan.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 04th, August 2016 / 03:53 Oleh :
Kategori : Pendidikan