7 Manfaat Pepaya untuk Diet Sehat

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini yaitu pepaya. Buah pepaya merupakan salah satu jenis buah lokal Indonesia yang sangat mudah ditemukan. Pohonnya biasanya dapat tumbuh dimana saja dan tumbuh tanpa ditanam atau dengan kata lain tumbuh sendiri di pekarangan rumah. ciri-ciri pohon pepaya ini adalah akarnya serabut dengan batang pohon tunggal tanpa cabang dan daunnya menjari. Pohon pepaya dapat terus berbuah sampai pohonnya kehilangan kekuatan dan akhirnya tumbang dengan sendirinya.

Buah pepaya memiliki kulit bewarna hijau atau orens dengan warna buahnya orens cerah. Buah pepaya memiliki biji berwarna hitam di dalamnya yang pahit bila dimakan. Rasa buah pepaya manis dan segar serta sangat mudah dimakan karena tidak ada serat di buahnya sehingga sangat lembut dan halus  ketika dimakan. Buah pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan serta meredakan beberapa jenis penyakit.

artikel terkait manfaat pepaya:

Manfaat buah pepaya untuk diet

Salah satu  manfaat pepaya adalah untuk diet. Bagi anda yang saat ini sedang berusaha menurunkan berat badan dengan cara yang susah dan menahan lapar karena tidak makan maka berarti ini bukanlah cara diet yang benar. Diet yang benar adalah dengan mengatur pola makan supaya lebih teratur dan mengonsumsi makanan yang gizinya lebih seimbang. Pola makan yang tadinya banyak tidak boleh anda kurangi secara ekstrim karena bisa membuat tubuh kaget dan akhirnya malah membuat sakit. Kurangilah porsi makanan secara perlahan sedikit demi sedikit namun anda juga harus tetap memperhatikan asupan gizi yang ada di dalam makanan yang anda konsumsi.

Nah, salah satu cara untuk membuat anda diet dengan cepat serta aman dan menyenangkan tanpa harus menahan lapar ekstra anda bisa menggunakan manfaat pepaya untuk diet. Dengan mengkonsumsi pepaya sebagai bahan diet maka anda tidak perlu lagi mengkonsumsi pil atau obat diet yang justru bisa membuat gangguan kesehatan jika dilakukan dalam jangka panjang. diet pepaya dapat dilakukan dengan mudah dan efektif dan mampu menurunkan banyak berat badan dalam waktu seminggu saja.

artikel terkait: manfaat daun pepayamanfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan

Lalu mengapa harus menggunakan buah pepaya? Pertama, buah pepaya sangat mudah ditemukan jadi anda tidak perlu repot mencarinya. Kedua, buah pepaya memiliki rasa yang enak dan bisa langsung anda makan saat segar dan ketika sudah matang. Buah pepaya juga bisa dikonsumsi saat masih mentah yaitu dengan membuatnya sebagai tumis pelengkap nasi. Baik pepaya yang masih muda atau yang sudah matang keduanya memiliki rasa yang enak dank has pepaya. Selain ditumis dan dimakan secara langsung, buah pepaya juga bisa dijadikan sebagai rujak, asinan, aneka minuman dan lainnya. pengolahan buah pepaya tentunya sesuai dengan selera anda masing-masing. semua pengolahan buah pepaya ini baik dan cocok untuk dijadikan makanan saat anda sedang berusaha menurunkan berat badan. Lalu mengapa buah pepaya dapat menurunkan berat badan?

  1. Alasannya adalah buah pepaya mengandung rendah kalori yang sangat baik untuk melangsingkan tubuh. dalam 100 gram buah pepaya hanya mengandung kalori sebanyak 39 gram saja dan ini akan membuat anda merasa lebih kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar. Jadi dengan mengonsumsi buah pepaya setiap hari anda akan mengurangi porsi makan anda secara tidak langsung dan tubuh akan menggunakan lemak sebagai bahan energi utama.
  2. Buah pepaya tidak mengandung kolesterol sehingga jika anda mengonsumsinya banyak juga tidak apa-apa. Seperti yang diketahui baha kolesterol saat ini sedang menjadi momok karena sudah ditemukan hasil bahwa kolesterol mampu menjadi penyebab dari berbagai jenis penyakit berbahaya.
  3. Serat merupakan salah satu kandungan yang sangat banyak didapatkan dalam buah pepaya. Buah pepaya sangat baik untuk pencernaan dan bisa membantu anda dalam menyerap protein serta nutrisi lainnya dalam tubuh.
  4. Buah pepaya juga mengandung zat yang mampu menyerap karbohidrat tinggi sehingga kadar gula dalam darah bisa dikendalikan. Jadi bagi anda yang mengalami penyakit gula darah seperti diabetes maka anda sebaiknya mengonsumsi buah pepaya secara rutin setiap harinya.
  5. Buah pepaya mengandung enzim papain, dimana enzim ini akan memperlancar pencernaan dan membantu tubuh menyerap protein lebih banyak dari biasanya. Jika pencernaan lancar maka tidak akan terjadi penumpukan makanan di dalam usus yang juga berpotensi menjadi lemak dan cukup berbahaya bagi tubuh.
  6. Buah pepaya juga mengandung rendah lemak serta banyak air. Jadi bagi anda yang sedang menurunkan berat badan dapat mengontrol kehadiran lemak dan kandungan airnya ini akan membantu menguraikan lemak serta zat berbahaya dalam tubuh. jadi bisa digunakan sebagai alat untuk menurunkan berat badan secara alami.
  7. Dengan mengonsumsi buah pepaya saat diet anda bisa mengurangi porsi makan biasanya. Hal ini karena kandungan nutrisi yang ada di dalam buah pepaya cukup lengkap seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, beta karoten, flavnoid, asam folat, asam pantotenat dan lainnya sehingga anda bisa mengurangi asupan makanan lainnya.

artikel terkait: manfaat asam jawa untuk dietmanfaat daun salam untuk dietmanfaat biji pepaya

Ternyata ada banyak manfaat dari buah pepaya ini untuk diet bukan? Lalu bagaimana cara membuat buah pepaya supaya bisa menjadi menu untuk diet anda. Berikut ini adalah cara diet pepaya yang bisa anda lakukan.

  • Pada pagi hari anda bisa mengonsumsi buah pepaya dengan cara memotongnya menjadi kotak-kotak dan bisa anda sajikan dengan salad sayur atau salad buah yang anda sukai.
  • Pada makan siang, anda juga bisa mengonsumsi buah pepaya dengan cara membuatnya menjadi jus pepaya yang enak dan segar.
  • Pada malam hari sebelum anda tidur atau saat menonton TV anda bisa juga ngemil buah pepaya secara langsung karena lebih enak. Anda bisa membeli buah pepaya dan menyimpannya di kulkas sebagai persediaan untuk asupan sehat anda.

Itulah cara menggunakan diet pepaya dan jangan lupa untuk selalu penuhi asupan kebutuhan air anda sebanyak 8 gelas per harinya. Namun kebutuhan air anda mungkin bisa lebih banyak atau lebih sedikit yang paling penting adalah ketika anda haus langsung minum supaya tubuh tidak dehidrasi. Diet juga akan lebih optimal jika anda memperhatikan asupan makanan anda sehari-hari dan jangan lupa untuk olahraga secara rutin. Dengan melakukan hal yang sudah disebutkan tadi maka proses menurunkan berat badan anda akan terasa lebih cepat dan optimal serta tentu saja sangat sehat bagi anda.

artikel terkait: manfaat buah nanas untuk dietmanfaat oatmeal untuk diet

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan

Manfaat buah pepaya ternyata bukan hanya bisa digunakan untuk diet saja namun juga anda juga bisa mendapatkan manfaat dari buah pepaya untuk kesehata lainnya. berikut ini adalah beberapa manfaat buah pepaya yang perlu anda ketahui.

  • Menyehatkan pencernaan

Salah satu manfaat dari  buah pepaya yang paling banyak diketahui oleh banyak orang adalah untuk menyehatkan pencernaan. Kandungan enzim papain di dalam buah pepaya sangat baik untuk untuk mengatasi berbagai jenis permasalahan di dalam organ pencernaan dan serat yang ada di dalam buah pepaya juga sangat baik untuk membuat feses menjadi lebih mudah dikeluarkan dan mencegah terjadinya sembelit atau sulit buang air besar.

artikel terkait: manfaat alpukat untuk diet

  • Mencegah kanker

Manfaat lainnya dari buah pepaya adalah mampu mencegah terjadinya kanker terutama pada kanker usus besar. Hal ini karena buah pepaya akan melancarkan pencernaan sehingga kotoran tidak menumpuk di dalam usus besar. Penumpukan kotoran yang terlalu lama di dalam usus dapat menyebabkan penyakit kanker usus besar dan ini sangatlah berbahaya. Usus besar merupakan tempat dimana tubuh menyerap berbagai jenis nutrisi yang ada di dalam makanan sehingga jika usus besar sudah tidak berfungsi dengan baik maka tubuh juga akan tidak mendapatkan nutrisi yang seharusnya. Jadi, konsumsilah buah pepeya untuk menghindarkan anda dari penyakit kanker usus besar.

artikel terkait: manfaat teh hijau untuk diet

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Di dalam buah pepaya juga mengandung banyak vitamin diantaranya adalah vitamin A dan vitamin C yang bisa bekerja menjadi antioksidan alami bagi tubuh. antioksidan ini sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh jadi tidak mudah sakit dan tetap sehat sepanjang tahun. Konsumsilah buah pepaya menjadi beberapa jenis makanan seperti jus pepaya yang rasanya segar dan enak. Dengan ini anda bisa mencegah berbagai jenis penyakit lainnya seperti mencegah flu, hidung tersumbat serta demam.

artikel terkait: manfaat kacang hijau untuk diet

  • Meredakan sakit osteoporosis

Bagi anda yang mengalami osteoporosis atau pengeroposan tulang mungkin akan mengalami rasa sakit pada tulang anda yang tidak tertahankan. Nah, untuk membantu mengurangi rasa sakit ini anda bisa menggunakan buah pepaya. Buah pepaya mengandung zat anti inflamasi yang bisa membantu menekan rasa sakit akibat adanya gangguan di dalam tulang anda. Para penderita arthritis juga bisa diredakan rasa sakitnya dengan mengonsumsi buah pepaya ini secara rutin.

artikel terkait: manfaat kacang hijau untuk diet

  • Menyehatkan kulit

Enzim papain yang ada di dalam buah pepaya juga mampu membuat kulit menjadi lebih sehat, bercahaya dan lebih sehat. enzim papain bisa mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit yang kusam dan kering dan membuat kulit anda lebih bercahaya. Pepaya juga bisa digunakan untuk meredakan jerawat dengan cara membuatnya menjadi masker buah pepaya. Dengan mengguakan masker pepaya ini akan membuat wajah anda menjadi bebas dari jerawat dan berbagai jenis permasalahan kulit lainnya.

artikel terkait: manfaat infused water untuk diet

  • Menurunkan berat badan

Kandungan serat yang tinggi dalam buah pepaya dapat membuat pencernaan menjadi lebih lancar sehingga tidak terjadi penumpukan makanan yang bisa membuat anda gemuk. Dengan pencernaan lancar akan membuat anda mendapatkan berat badan langsing seperti yang ada inginkan. Serat juga akan membuat anda menjadi lebih sehat dan tidak mudah lapar sehingga porsi makan anda bisa berkurang secara tidak langsung.

artikel terkait: manfaat kismis utuk diet

  • Menyehatkan mata

Salah satu manfaat buah pepaya lainnya yang banyak diketahui oleh orang adalah dapat membantu membuat mata menjadi lebih sehat. hal ini dikarenakan di dalam buah pepaya mengandung vitamin A dan beta karoten yang sangat baik untuk kesehatan mata. Dengan mengonsumsi buah pepaya secara rutin akan membuat pandangan anda menjadi lebih tajam dan bagi anda yang memiliki berbagai jenis permasalahan di mata juga bisa diredakan dengan menggunakan buah pepaya ini.

artikel terkait: manfaat cuka apel untuk diet

  • Sebagai anti radang

Di dalam buah pepaya juga terdapat kandungan anti inflamasi yang sangat baik untuk meredakan peradangan yang terjadi dalam tubuh. oleh karena itu jika anda saat ini sedang mengalami masalah peradangan jangan sungkan untuk mengonsumsi buah pepaya supaya radang bisa diredakan.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk diet

  • Mengatasi jerawat

Buah pepaya kaya akan vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk mengeluarkan berbagai racun dan radikal bebas yang ada di dalam tubuh. wajah kusam dan berjerawat dapat ditekan dengan mengonsumsi buah pepaya ini. jadi anda sudah tidak ragu lagi bukan untuk mengonsumsi buah pepaya?

artikel terkait: manfaat tomat untuk diet

Demikian informasi mengenai manfaat buah pepaya untuk diet dan untuk kesehatan lainnya. semoga bermanfaat.

, , ,
Post Date: Wednesday 08th, June 2016 / 05:52 Oleh :
Kategori : Buah Buahan