Sponsors Link

Manfaat Pepaya untuk Asam Lambung Tinggi

Sponsors Link

Penyakit asam lambung atau juga dikenal sebagai penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) merupakan keadaan dimana naiknya kadar asam lambung hingga menuju bagian eskofagus atau dada sehingga menyebabkan rasa nyeri dan rasa terbakar dalam dada. Penyakit ini sebenarnya umum dialami oleh masyarakat biasanya diawali dengan penyakit maag atau telat makan biasa dan pada akhirnya menyebabkan gangguan yang lebih serius lainnya yaitu adalah GERD.

ads

artikel terkait asam lambung:

Penyebab dan gejala

Penyebab terjadinya penyakit asam lambung ini adalah tidak berfungsinya lower esophageal sphincter (LES) dimana fungsi dari LES ini adalah sebagai penutup otomatis pada lingkaran otot eskofagus. LES ini akan terbuka dan tertutup secara otomatis saat makanan masuk supaya asam lambung tidak naik ke atas namun karena LES ini mengalami gangguan atau sama sekali tidak berfungsi maka terjadilah asam lambung naik dan tidak terbendung sehingga menjadikan beberapa gejala penyakit asam lambung.

Gejala yang paling sering dialami oleh penderita asam lambung ini adalah rasa nyeri dan rasa sensasi terbakar di area dada  dan ini terutama akan terjadi pada saat setelah makan. Selain itu gejala lainnya adalah rasa tidak enak pada tenggorokan dan kesulitan menelan makanan sehingga jika dibiarkan terus-menerus dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan lainnya karena tubuh tidak termasuki nutrisi dari makanan denga baik.

artikel terkait: manfaat buah naga bagi penderita diabetesmanfaat buah asammanfaat buah jeruk purut

Diagnosis

Jika anda mengalami beberapa gambaran di atas dengan intensitas sering maka sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter supaya mendapatkan diagnosis yang tepat sehingga bisa dilakukan tindakan pencegahan dan pengobatan yang tepat pula. Untuk mendapatkan hasil diagnosis yang akurat maka biasanya dokter akan menanyai pasien mengenai gejala yang dialami dan kemudian setelah dilakukan penelitian mendalam selanjutnya dilakukan tes lebih lanjut yaitu endoskopi.

Tes endoskopi ini dilakukan dengan menggunakan alat yang bernama endoskop. Endoskop adalah alat semacam selang panjang yang sangat fleskibel yang diujungnya terdapat kamera. Alat tersebut kemudian dimasukan melalui mulut hingga mencapai bagian eskofagus bahkan lambung dan melihat apa penyebab dari naiknya asam lambung ini dan untuk melihat lebih lanjut apakah ada luka di bagian eskofagus atau di dalam lambung.

artikel terkait: manfaat gurahmanfaat kacang hijau untuk dietmanfaat vitamin C untuk kulit

Pengobatan asam lambung

Setelah dokter mendapatkan hasil diagnose yang tepat maka selanjutnya anda akan diberikan beberapa resep obat yang bisa meredakan gejala yang anda alami serta obat penurun kadar asam lambung. Namun yang paling penting dalam hal ini adalah anda sebaiknya memperhatikan asupan makanan yang rendah lemak dan juga memiliki gizi tinggi. kombinasi antara pemilihan makanan yang tepat serta penggunaan obat-obatan yang tepat akan mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Pengobatan asam lambung ini mungkin saja tidak berhasil dikarenakan fase penyakit asam lambungnya yang sudah parah. Jika hal ini terjadi maka yang harus dilakukan adalah dengan melakukan prosedur operasi penyakit GERD. Selain itu pasien juga akan mendapatkan pengobatan jangka panjang sesuai dengan tingkat keparahan penyakit asam lambung dan harus melakukan kontrol rutin dengan dokter.

artikel terkait: manfaat kismis untuk dietmanfaat air rebusan jagungmanfaat strawberry untuk gigi

Pengobatan Asam Lambung Dengan Makanan

Pengobatan yang terbaik bukanlah berasal dari konsumsi obat-obatan dan bahan medis lainnya melainkan pengobatan terbaik adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat supaya penyakit asam lambung bisa menghilang sedikit demi sedikit namun pasti tanpa adanya ketergantungan pada obat tertentu. Penyakit asam lambung merupakan salah satu penyakit umum dan anda sebaiknya tahu apa saja jenis makanan yang mampu menurunkan kadar asam lambung. Selengkapnya simak berikut ini :

  • Pisang

Buah yang tidak mengenal musim ini sangatlah mudah ditemukan dengan berbagai varietas pisang yang bisa anda pilih. Di dalam pisang mengandung zat kalium yang mampu menyeimbangkan pH atau tingkat asam di dalam tubuh begitu pula dengan kadar asam lambung supaya tidak terlalu asam yang bisa membuat iritasi lambung. Selain itu kandungan potassium yang ada di dalam pisang juga bisa meringankan stress serta depresi yang juga bisa menyebabkan penyakit maag dan naiknya asam lambung.

artikel terkait: manfaat pisang emas

  • Mangga

Buah yang paling dicari pada saat musimnya tiba ini memiliki daging berwarna orengs dengan rasa manis yang khas. Saat ini terdapat banyak jenis mangga yang bisa anda pilih sesuai dengan selera misalnya saja mangga arum manis, mangga mana lagi, mangga telor, mangga apel dan lainnya. setiap jenis mangga memiliki keunikan yang berbeda dan rasa yang unik pula. Di dalam mangga terdapat kandungan antioksidan serta anti inflamasi alami sehingga membuat tubuh lebih kebal dari penyakit termasuk asam lambung. Dengan mengonsumsi buah mangga ini akan membuat lapisan dinding perut anda menjadi lebih dingin serta mengendalikan produksi asam lambung supaya tidak berlebihan.

artikel terkait: manfaat mangga harum manis

ads
  • Kelapa

Air kelapa memiliki banyak manfaat dan salah satunya adalah untuk mencegah pembentukan asam di lambung. Di dalam kelapa juga mengandung glukosa alami dan garam yang biasa disebut sebagai ion. Dengan mengonsumsi air kelapa ini akan membuat kebugaran anda terjaga lebih lama dan bisa menghilangkan lelah serta penat yang anda rasakan.

artikel terkait: manfaat air kelapa bagi kesuburan

  • Semangka

Siapa yang tidak tahu dengan buah yang satu ini. ya buah bulat dengan kulit berwarna hijau dan garis-garis hijau lebih tua ini memang memiliki rasa yang enak dan mengandung banyak air sehingga sangat tepat digunakan untuk melepaskan dahaga. Di dalam semangka terdapat kandungan ammonia tinggi. zat ammonia ini berfungsi untuk menjaga tingkat keasaman di dalam tubuh termasuk asam lambung. Anda bisa mengonsumsi semangka dengan berbagai cara sesuai dengan selera anda masing-masing.

artikel terkait: manfaat alpukat untuk diet

  • Timun

Timun memiliki efek mendinginkan kulit sehingga menjadi lebih fresh dan sehat. hal itulah yang menjadikan timun sebagai masker atau bisa ditempelkan di kelopak mata supaya menjadi lebih segar. Hal ini juga dilakukan pada penderita asam lambung, anda hanya perlu mengiris mentimun saja dan kemudian letakan di perut anda terutama bagian kiri yang ada lambungnya. Dingin dari timun ini akan membuat produksi asam lambung menurun dan tidak membuat penyakit asam lambung kambuh.

artikel terkait: manfaat daun pepaya bagi ternak

Beberapa daftar makanan di atas tentu saja hanya beberapa jenis makanan yang baik untuk penderita asam lambung. Tentu saja masih ada banyak jenis makanan lainnya yang bisa anda pilih sebagai pengobatan alami asam lambung.

Manfaat Pepaya Untuk Asam Lambung

Salah satu jenis buah yang cukup ampuh dalam mengatasi penyakit asam lambung atau GERD ini adalah buah papaya. Buah yang tak kenal musim ini bukan hanya baik untuk mata dan pencernaan saja ya namun juga baik untuk mengontrol produksi asam lambung yang ada di dalam tubuh sehingga tidak berlebihan dan tidak naik ke atas eskofagus. Hal ini disebabkan karena buah papaya mengandung enzim papain yang mampu mempengaruhi kadar asam di dalam tubuh serta mengoptimalkan penyerapan protein dari makanan yang masuk ke dalam lambung.

Selain itu di dalam buah papaya juga mengandung serat tinggi sehingga bisa melancarkan pencernaan anda. Serat bisa berubah menjadi gel dan membuat makanan dalam lambung menjadi seperti jelly yang akhirnya bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama serta tidak mudah lapar. Sehingga buah papaya ini juga sangat baik untuk anda yang sedang melakukan diet. Anda bisa menemukan buah papaya ini dengan mudah karena ada banyak penjual yang menjual buah papaya. Pohon papaya pun tidak sulit ditemukan sehingga anda bisa menanam dan memakannya dengan gratis setiap hari. Konsumsilah menjadi berbagai jenis olahan yang sesuai dengan selera anda supaya pengobatan asam lambung juga menjadi menyenangkan dan menyakitkan.

artikel terakit: 12 manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan10 manfaat bunga pepaya untuk kesehatan dan pengobatanmanfaat rebusan daun pepaya

Demikian ulasan mengenai manfaat papaya untuk asam lambung. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 26th, May 2016 / 12:38 Oleh :
Kategori : Buah Buahan