6 Manfaat Pepaya Ungu Bagi Kesehatan

Pepaya ungu adalah nama julukan dari nama aslinya yakni pepaya wulung. Banyak orang menyebutnya pepaya ungu karena jenis pepaya ini memiliki khas yakni pada tangkai batang di dekat daun berwarna keunguan. Buah pepaya yang dihasilkan oleh pepaya ungu atau pepaya ungu ini memiliki ukuran yang cukup besar.Pohon pepaya yang memiliki buah berwarna kekuningan ketika matang ini, ternyata tidak hanya memiliki rasa yang manis saja, tetapi memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

artikel terkait:

Manfaat Pepaya Ungu

Beberapa manfaat pepaya ungu yang dapat berguna untuk kesehatan dan mengatasi beberapa masalah penampilan, diantaranya :

  1. Mengatasi Masalah Jerawat

Masalah jerawat yang banyak dialami oleh kaum remaja menjadi momok tersendiri bagi beberapa orang yang selalu ingin tampil sempurna, terutama remaja wanita. Menghilangkan jerawat dilakukan dengan banyak hal sampai masalah jerawat yang dialami tuntas. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah jerawat yang terjadi yakni dapat dilakukan dengan memanfaatkan daun dari pepaya ungu. Bagian tanaman dari pepaya ungu yang dapat mengatasi jerawat yakni daun dari pepaya ungu itu sendiri. Caranya cukup mudah, yakni dengan menghaluskan 2 helai daun pepaya ungu yang sudah tua pada keadaan kering. Bubuk daun pepaya dapat ditambahankan dengan air secukupnya, seingga dapat digunakan sebagai masker wajah. Cara ini dapat mengurangi jerawat dan mencegah timbulnya jerawat pada wajah.

artikel terkait: manfaat daun pepaya mudamanfaat getah pepaya

  1. Melancarkan Pencernaan

Selain daun pepaya ungu dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, daun pepaya ungu dapat juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah pencernaan dalam tubuh. Kandungan senyawa karpain yang ada di dalam daun pepaya ungu dapat berfungsi untuk membunuh mikroorganisme  yang mengganggu sistem pencernaan.

artikel terkait: manfaat jamu daun pepayamanfaat akar pepaya

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Masih menggunakan daun pepaya ungu, selain untuk mengatasi masalah jerawat dan melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh daun  pepaya ungu dapat bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan terlebih pada anak anak. Campuran daun pepaya ungu yang ditambah seikit garam dan diblender dengan secangkir air hangat dan dimanfaatkan air saringannya dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan.

artikel terkait: manfaat pepaya untuk asam lambungmanfaat pepaya untuk diet

  1. Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri haid yang dialami beberapa wanita sangat mengganggu aktivitas yang sedang dijalani. Terkadang wanita yang mengalami nyeri haid meminum obat pereda nyeri agar aktivitas yang dijalani tidak terganggu. Selain menggunakan obat pereda nyeri, sebenarnya untuk menghilangkan nyeri haid dapat memanfaatkan daun pepaya ungu. Caranya yakni dengan merebus 1 lembar daun pepaya ungu ditambahkan dengan asam jawa dan juga garam. Air rebusan ini dapat diminum ketika sudah dingin, dan dapat mneghilangkan nyeri haid yang diderita.

artikel terkait: manfaat daun pepaya bagi ternakmanfaat rebusan daun pepaya

  1. Menyembuhkan Demam Berdarah

Demam berdarah masih menjadi momok bagi masyarakat karena persebaran penyakitnya yang cepat dan banyak menelan korban, baik anak anak maupun sudah dewasa sekalipun. Salah satu penanganan yang dapat dilakukan ketika sudah terdeteksi mengalami demam berdarah yakni dengan menanganinya menggunakan daun pepaya ungu. Dengan meminum air rebusan daun pepaya ungu, dipercaya dapat menyembuhkan demam berdarah. Namun, karena demam berdarah merupakan penyakit yang memang berbahaya, tetap perlu melakukan konsultasi dengan pihak medis.

artikel terkait: manfaat bunga pepaya


  1. Sebagai Anti Kanker

Sebenarnya, manfaat pepaya ungu sebagai anti kanker ini belum diteliti lebih dalam. Daun pepaya ungu sebagai anti kanker baru dikembangkan, karena pepaya ungu memiliki getah putih seperti susu yang biasa disebut dengan milky latex.

artikel terkait: manfaat daun pepaya

Secara umum, pepaya ungu memiliki banyak manfaat jika ditinjau dari kandungan yang ada di dalam buahnya. Buah berwarna kuning seperti pepaya memiliki banyak antioksidan dan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sehingga tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi buahnya bahkan tanpa alasan gangguan kesehatan, karena tidak akan menimbulkan efek yan buruk tetapi dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

, ,
Post Date: Tuesday 18th, October 2016 / 12:40 Oleh :
Kategori : Buah Buahan