Sponsors Link

9 Manfaat Pepaya Mengkal Bagi Tubuh

Sponsors Link

Anda pasti sudah mengenal dengan buah pepaya bukan? Rasanya yang khas dan juga manfaatnya yang baik untuk kesehatan memang menjadikan buah pepaya menjadi banyak disukai oleh banyak orang apalagi untuk mendapatkan buah pepaya ini sangatlah mudah karena pohon pepaya tumbuh subur di Indonesia. namun selain buah pepaya yang sudah matang anda mungkin pernah beberapa kali menemui buah pepaya yang masih muda atau mangkal. Ternyata buah pepaya mangkal juga banyak manfaatnya bagi kesehatan lho.

ads

artikel terkait:

Buah pepaya yang mangkal atau masih muda ini biasanya ditandai dengan kulit yang masih hijau segar, dengan tekstur buah yang masih keras dan bijinya berwarna putih selain itu juga masih banyak getahnya. Buah pepaya mangkal memang tidak sepopuler buah pepaya yang sudah matang karena memang untuk mengonsumsi buah pepaya matang dirasa lebih mudah dan juga rasanya lebih enak.

Manfaat buah pepaya mangkal

Buah pepaya mangkal atau yang masih muda mengandung senyawa kimia yang baik untuk tubuh misalnya saja magnesium, potassium. Vitamin A, B, C dan juga E. selain itu, buah pepaya yang masih muda juga mengandung enzim chymopapain dan enzim papain yang sangat baik untuk pencernaan. Nah berikut ini adalah manfaat dari buah pepaya mangkal yang perlu anda ketahui:

  1. Menyehatkan pencernaan

Jika anda ingin mendapatkan pencernaan yang sehat dan terhindar dari sembelit maka selain mengonsumsi buah pepaya yang sudah matang, anda juga bisa mengonsumsi buah pepaya yang masih muda atau mangkal. Kandungan enzim papain dan chymopapain dalam buah pepaya mangkal mampu membuat sisa makanan dicerna baik oleh organ pencernaan dan tidak menyebabkan gas berlebih sehingga tidak akan kembung. Dengan mengonsumsi buah pepaya mangkal dapat membuat kinerja organ pencernaan menjadi lebih sehat dan lancar.

artikel terkait: manfaat akar pepaya

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat lainnya dari buah pepaya muda adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh. hal ini dikarenakan kandungan berbagai vitamin di dalamnya seperti vitamin A, B, C dan E. vitamin ini menjadi antioksidan alami bagi tubuh yang mampu menjaga kekebalan tubuh saat melawan berbagai jenis virus dan bakteri penyebab penyakit. Dengan ini anda akan terhindar dari sakit dan lebih sehat. buah pepaya mangkal diketahui mampu mencegah munculnya penyakit flu, batuk dan pilek.

artikel terkait: manfaat jamu daun pepaya

  1. Mengatasi konstipasi

Konstipasi atau sembelit adalah keadaan dimana pencernaan tidak lancar dan susah buang air besar. Enzim papain yang ada di dalam buah pepaya mangkal mampu melancarkan pencernaan sehingga terhindar dari masalah konstipasi.

artikel terkait: manfaat pepaya untuk diet

  1. Membersihkan usus

Usus yang tidak dibersihkan dapat menjadi bibit-bibit penyakit karena penumpukan kotoran di dalam usus. Penumpukan kotoran yang terlalu lama ini dapat menimbulkan bakteri penyebab penyakit bahkan menimbulkan kanker usus besar yang sangat berbahaya. Dengan mengonsumsi jus pepaya mangkal dapat membantu membersihkan usus supaya tubuh lebih sehat dan bersih.

artikel terkait: manfaat dabun BDL pepaya

ads
  1. Meningkatkan produksi ASI

Bagi anda yang saat ini sedang mengalami masalah menyusui dan ASI tidak keluar dengan lancar maka anda bisa mengonsumsi buah pepaua mangkal. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai olahan sesuai dengan selera anda. Namun karena dalam masa menyusui sebaiknya dibuat jus atau direbus saja dan tidak ditambahkan bahan lainnya karena nanti bisa mempengaruhi kualitas ASI. Buah hati pun akan semakin terjaga kesehatannya dengan ASI yang penuh dan lancar.

artikel terkait: manfaat daun pepaya bagi ternak

  1. Mencegah infeksi saluran kemih

Saluran kemih terkadang mengalami infeksi akibat menumpuknya bakteri di dalamnya. adanya infeksi dalam saluran kencing ini sangatlah berbahaya dan sangat tidak baik bagi kesehatan karena jika air kencing tidak dibuang maka bisa membuat penumpukan kotoran dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat rebusan daun pepaya

  1. Menyehatkan tulang

Manfaat lainnya yang dapat anda peroleh dari mengonsumsi buah pepaya mangkal ini adalah dapat menyehatkan tulang. Hal ini disebabkan karena buah pepaya mangkal memiliki kandungan vitamin K yang cukup tinggi. dengan vitamin K yang cukup di dalam tubuh maka kalisum dapat diserap baik oleh tulang dan tulang pun menjadi lebih kuat dan sehat.

artikel terkait: manfaat biji pepaya

  1. Menyehatkan rambut

Kandungan vitamin A yang ada di dalam buah pepaya mangkal dapat memproduksi sebum dimana senyawa ini mampu memberikan kelembapan rambut sehingga terhindar dari masalah rambut kering. Selain itu, manfaat lainnya adalah mampu membuat pertumbuhan rambut lebih subur dan sehat.

artikel terkait: manfaat air kelapa tua

  1. Mengurangi resiko kanker

Kanker merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya bahkan mematikan. Oleh karena itu sebisa mungkin harus dibasmi keberadaannya. Anda bisa mengonsumsi buah pepaya mangkal untuk melindungi tubuh dari resiko kanker.

artikel terkait: manfaat manggis untuk diet

Demikian itu Sembilan manfaat yang dapat anda peroleh dari mengonsumsi buah pepaya mangkal. Anda bisa mengolah buah pepaya mangkal dengan berbagai jenis olahan sesuai dengan selera anda masing-masing. namun perlu anda perhatikan untuk merebusnya terlebih dahulu sebelum anda mengolahnya karena buah pepaya mangkal masih mengandung banyak getah.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 17th, October 2016 / 23:00 Oleh :
Kategori : Buah Buahan