Sponsors Link

8 Manfaat Pepaya California Pada Kesehatan

Sponsors Link

Siapa yang tidak mengenal pepaya? Buah yang satu ini seringkali kita jumpai di pasaran denga harga yang cukup murah. Pepaya (Carica Papaya) merupakan salah satu tanaman buah daerah tropis yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara Amerika selatan. Ketika muda, buah pepaya memiliki daging buah berwarna hijau muda dan kulit buah yang berwarna hijau tua. Sedangkan ketika masak, daging buah berubah menjadi oranye kemerahan dengan kulit buah yang berubah menjadi kekuningan. Rasa daging buah pepaya yang manis ketika matang membuat pepaya digemari oleh masayarakat untuk menyantapnya.

ads

artikel terkait:

Setidaknya ada beberapa jenis papaya yang populer di Indonesia, antara lain pepaya bangkok pepaya cibinong, pepaya hawai, pepaya california dan pepaya gunung. Diantara beberapa jenis pepaya tersebut, pepaya california merupakan salah satu jenis pepaya yang laris karena sering diburu oleh konsumen. Bahkan adapula orang yang tidak mau membeli pepaya jenis tertentu kecuali jenis california karena sudah terkenal kelezatannya.

Pepaya California

Pepaya California meruapkan salah satu jenis pepaya yang konon berasal dari Amerika dan Karibia. Di Indonesia, pepaya california dapat tumbuh subur sepanjang tahun. Dari segi tanamannya, pepaya california memiliki pohon yang lebih pendek jika dibandingkan dengan pohon pepaya jenis lain, yaitu kira-kira hanya tumbuh kurang lebih sekitar 2 meter. Daun pepaya california memiliki jari yang banyak dengan kuncung dipermukaan pangkalnya. Sedangkan dari segi buahnya, pepaya california memiliki wujud buah yang lebih kecil serta lebih lonjong apabila dibandingkan dengan pepaya jenis lainnya. Kulit buah pepaya california bersifat tebal dengan permukaan daging buah yang rata, daging buah yang kenyal, tebal dan manis. Bobot pepaya california berkisar antara 600  gram hingga 2 kg.

Apabila dibandingkan dengan pepaya jenis lain, pepaya california memiliki keunggulan yang dapat dilihat dari beberaa ciri perbedaan berikut.

  • Pepaya california berbuah pada saat pokok pepaya tidak terlalu tinggi
  • Pepaya california jarang tumbuh menjadi pepaya jantan
  • Buah pepaya california lebat
  • Daging buah pepaya california berwarna merah jingga dengan rasa manis

artikel terkait: manfaat daun pepaya muda

Kandungan Nutrisi Pepaya

Pepaya memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik bagi tubuh. Berikut merupakan kandungan nutrisi yang setidaknya terdapat pada buah pepaya, antara lain sebagai berikut.

Tabel 1. Kandungan Nutrisi Pepaya

Kandungan Nutrisi Jumlah
Zat besi 0,3 mg
Vitamin A 1.750 IU
Vitamin B 0,03 mg
Vitamin C 56 mg
Riboflavin 0,04 mg
Niacin 0,3 mg
Kalsium 20 mg
Kalori 39 kkal
Fosfor 16 mg
Kalium 470 mg
Lemak 0,1 gr
Karbohidrat 10 gr
Protein 0,6 gr

Selain kandungan nutrisi yang telah disebutkan di atas, terdapat pula kandungan air, serat, likopen, folat, magnesium, asam pantotenat, alpha dan betakaroten, serta lutein dan zeaxanthan. Pepaya juga memiliki kandungan enzim papain yang juga berguna bagi tubuh manusia.

artikel terkait: manfaat akar pepaya

Manfaat Pepaya California

Layaknya jenis pepaya lain, buah pepaya california juga memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Membantu menyehatkan mata

Pepaya california memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan mata. Konsumi buah pepaya california dapat membantu per hari dianggap dapat membantu penglihatan mata agar tetap normal dan menurunkan resiko gangguan pengelihatan pada orang dewasa.

artikel terkait: manfaat jamu daun pepaya

2. Mencegah hipertensi

Pepaya california juga memiliki kandungan kalium yang berguna untuk megontrol natrium. Hal ini bermanfaat bagi kesehatan untuk membantu menjaga tekanan darah dan meningkatkan kewaspadaan mental.

artikel terkait: manfaat pepaya untuk diet

ads

3. Menjaga kesehatan jantung

Untuk mengurangi resiko penyakit jantung, diperlukan asupan makanan rendah garam dan tinggi kalium yang salah satunya adalah buah pepaya california. Kandungan kalium yang disertai dengan kandungan vitamin dan serat pada pepaya california membantu mengurangi resiko penyakit jantung.

artikel terkait: manfaat pepaya untuk asam lambung

4. Sebagai antioksidan

Kandungan vitamin C dan A pada buah pepaya california juga bermanfaat sebagai anti oksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah tubuh dari berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit yang dapat dicegah karena kandungan antioksidan dalam buah pepaya california antara lain batuk, pilek bahkan kanker.

artikel terkait: manfaat sabun BDL pepaya

5. Menjaga kesehatan saluran cerna

Pepaya california mengandung air dan serat yang dapat memicu lancarnya pencernaan. Selain itu, kandungan enzim papain pada pepaya california juga dapat mn juga menunjukkan bahwa enzim papain dapat membunuh parasit yang mengganggu aktivitas pencernaan di dalam usus.

artikel terkait: manfaat daun pepaya bagi ternak

6. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin A, C dan E pada buah pepaya california dapat menjaga kesehatan kulit dengan menjaga kelembabannya. Selain dapat membantu menjaga kelembaban kulit, kandungan vitamin tersebut juga dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti kulit kering, kusam, flek, keriput dsb.

artikel terkait: 1 manfaat bunga pepaya untuk kesehatan dan pengobatan

7. Membantu menurunkan berat badan

Pepaya california merupakan buah yang rendah lemak, bebas kolesterol dan rendah kalori yang baik untuk ditambahkan ke dalam makanan sehari-hari untuk membantu menurunkan berat badan. Kandungan lain seperti vitamin, zat besi, kalsium, riboflavin dan beberapa enzim lain pada buah pepaya california juga dapat membantu tubuh dalam pembakaran kalori.  Selain itu, konsumi pepaya untuk menurunkan berat badan ini juga didukung dengan adanya manfaat pepaya untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, pembuangan kotoran dalam tubuh dsb.

artikel terkait: manfaat daun pepaya

8. Membantu mengatasi diabates

Rasa manis pada buah pepaya california dianggap baik untuk penderita diabetes dan kandungan serat buah pepaya california juga dianggap dapat membantu meringankan penyakit pada penderita diabetes. Namun perlu hati-hati karena reaksi penderita diabates terhadap serat buah pepaya california dapat berbeda. Konsumsi buah pepaya california untuk penderita diabetes tipe 2 diduga dapat meningkatkan kadar insulin, gula darah serta lipid. Sedangkan konsumi buah pepaya california pada penderita diabetes tipe 1 justru dapat menurunkan kadar gula darah.

artikel terkait: manfaat biji pepaya

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat pepaya california. Bagaimana? Masih ragu untuk mengkonsumi buah yang kaya manfaat seperti pepaya california ini? Hmm.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 18th, October 2016 / 12:10 Oleh :
Kategori : Buah Buahan