8 Manfaat Pengecekan Golongan Darah – Pria – Wanita – Ibu hamil

Kebanyakan orang awam pada zaman sekarang sedikit banyak tahu tentang apa itu golongan darah. Jelas saja karena semakin maraknya peredaran informasi tentang golongan darah dan ciri-ciri perlakuan mereka seperti yang sering anda lihat di foto di beberapa media sosial, hingga pengetahuan yang lebih dalam perkara golongan darah ini.

Pada dasarnya, golongan darah adalah suatu ciri khusus dari suatu individu karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan juga protein pada permukaan sel darah merah. Dimana hal itu artinya, golongan darah ditentukan oleh jumlah zat yang kemudian disebut antigen yang terkandung di dalam sel darah merah itu sendiri. Menggolongkan darah sendiri jelas sangat penting bagi kehidupan manusia. Beberapa manfaat pengecekan golongan darah bagi manusia antara lain :

1. Mempermudah transfusi darah

Salah satu manfaat yang paling penting dari pengecekan golongan darah adalah mempermudah proses transfusi darah. Kita tidak pernah tahu kapan akan terkena musibah yang dimana musibah itu mungkin membutuhkan donor darah. Ketika kita sudah mengetahui apa golongan darah kita, maka penanganannya akan jauh lebih cepat dan kita akan terselamatkan. Akan tetapi, jika kita sendiri belum tahu golongan darah kita apa, maka harus dilakukan dulu pengecekan golongan darah yang kemudian nantinya akan memakan waktu lebih lama dan tidak bisa segera diberikan tindak pertolongan sebagaimana mestinya.

2. Menghindari penyakit jika terjadi perkawinan

Ibu hamil adalah kondisi yang sangat rentan bagi sang bayi untuk terkena penyakit atau kelainan yang lain. Salah satunya adalah karena golongan darah. Kenapa bisa begitu? Pada dasarnya, ketika seseorang menikah, haruslah mengerti bahwa golongan darah dengan rhesus negatif tidak bisa bergabung dengan golongan darah rhesus positif. Hal itu akan menyebabkan kelainan dan penyakit. Biasanya, hal tersebut terjadi saat ada pernikahan yang beda bangsa. Oleh karena itulah, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pemeriksaan golongan darah termasuk apakah itu rhesus negatif atau positif sangat diperlukan.

3. Memantau diet

Semua orang pasti ingin tubuh yang proporsional dan sehat. salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan diet. Akan tetapi, tahukah anda bahwa diet juga mesti dilihat dari golongan darah yang anda punya? Ya! Jenis golongan darah tertentu lebih rentan terhadap penyakit tertentu seprti diabetes dan jantung. Bahkan, beberapa golongan darah tidak cocok dengan pola makan vegetarian. Untuk itulah, pengetahuan akan golongan darah anda penting agar program diet yang anda canangkan sesuai dengan keadaan tubuh anda dan tidak merugikan anda.

4. Memeriksa gula darah

Biasanya hal ini dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil. Tes darah sangat diperlukan untuk mengetahui kadar gula darah dalam tubuh ibu yang sedang hamil tersebut. Hal itu karena, gula darah yang tinggi dapat merugikan bagi ibu yang sedang hamil. Salah satu akibatnya adalah diabetes. Ketika ibu hamil terkena diabetes, maka ia akan kesulitan untuk menyembuhkan lukanya ketika ia selesai melahirkan.

5. Mengecek kadar hemoglobin dan zat besi

Sekali lagi, ini berguna bagi ibu hamil. Ketika ibu sedang hamil, biasanya ia akan mengalami anemia karena darah yang dimiliki oleh ibu hamil di bagi dua dengan anaknya. Semakin aktif bayi yang dikandungnya, maka semakin banyak pula darah yang dibutuhkan oleh sang bayi dari ibunya. Hal ini kemudian membutuhkan pengecekan hemoglobin dan zat besi. Hal tersebut berguna untuk menghindarkan ibu hamil dari keadaan kekurangan darah atau anemia.

6. Mengetahui kemungkinan adanya Infeksi Menular Seksual

Pengetahuan atas kemungkinan adanya infeksi menular seksual pada ibu hamil, membuat sang bayi menjadi lebih terjaga keselamatannya. Tentu saja, bahwa setiap ibu tidak ingin anaknya terkena penyakit seperti ibunya. Mengetahui hal itu, bisa membantu bayi untuk terhindar dari kemungkinan terinfeksi penyakit. Karena ketika ibu tahu apa penyakit yang di deritanya, maka ia bisa segera mengobatinya dan sang bayi menjadi aman keadaannya.

7. Mengetahui kemungkinan HIV

Tes darah yang dilakukan saat kehamilan memunculkan kemungkinan pengetahun atas ada atau tidaknya HIV pada sang ibu. Karena ketika sang ibu positif terkena HIV, maka sang bayi pun juga akan terkena HIV. Karena itulah, tes darah sangat penting untuk dilakukan.

8. Mengetahui kemungkinan mengidap virus TORCH

TORCH atau toxoplasmosis, rubella, cytomegalovirus dan herpes adalah suatu penyakit yang membutuhkan waktu yang lama untuk disembuhkan. Mengecek darah sangat penting untuk mengetahui apakah ada kemungkinan seseorang terkena virus ini atau tidak. Terlebih lagi pada ibu hamil. Karena, ketika seorang ibu hamil terkena virus TORCH, ia akan bisa menularkan hal itu pada jabang bayi yang dikandungnya.

Demikian tadi adalah beberapa manfaat pengecekan golongan darah yang sangat penting. Sebenarnya masih banyak manfaat yang lain dari pengecekan golongan darah, utamanya bagi ibu yang sedang hamil. Di luar itu semua, mengetahui golongan darah, akan membantu anda untuk mengatur kehidupan anda menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat!

, , ,
Post Date: Friday 04th, March 2016 / 08:25 Oleh :
Kategori : Kesehatan