Sponsors Link

10 Manfaat Pembangkit Listrik Sederhana

Sponsors Link

Manfaat pembangkit listrik sederhana memiliki banyak manfaat yang belum diketahui oleh banyak orang, terutama oleh masyarakat luas. Jika disuruh menyebutkan pengertian dari pembangkit listrik sederhana, masyarakat pun banyak yang tidak tahu apa itu pembangkit listrik yang sederhana. Pengetahuan masyarakat yang masih sedikit tersebut membuat masyarakat tidak tahu apa saja fungsi dari pembangkit listrik sederhana.

ads

Pengertian Pembangkit Listrik Sederhana

manfaat pembangkit listrik sederhanaBanyak orang tidak tahu apa itu pembangkit listrik sederhana, bahkan jika ditanya pun banyak orang yang tidak tahu. Pembangkit listrik sederhana adalah suatu rekayasa alat yang bisa digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik namun sumber dayanya tidak bersumber pada bahan bakar fosil emisi karbondioksida. Pembangkit listrik sederhana ini bersumber daya pada sesuatu yang sumber dayanya tidak akan pernah habis dan bisa diperbarui. Berbeda dengan bahan bakar fosil yang tidak akan pernah bisa diperbarui.

Masyarakat banyak yang tidak menyadari apa saja yang menjadi manfaat pembangkit listrik sederhana ini. Berikut ini manfaat dari pembangkit listrik sederhana yang harus diketahui oleh masyarakat :

1. Meningkatkan Kemandirian

Dengan membuat pembangkit listrik sederhana, akan meningkatkan kemandirian suatu daerah untuk bisa membangkitkan tenaga listrik secara mandiri dan tidak ketergantungan.

2. Menghentikan Ketergantungan Dari Energi Fosil

Saat ini energi listrik Indonesia masih bersumber pada energi fosil, energi fosil ini sifatnya akan mudah habis seiring berkembangnya dengan waktu dan seiring dengan kebutuhan akan listrik yang semakin besar dan meningkat. Oleh sebab itulah, penggalakan energi listrik sederhana bisa digunakan sabagai penghenti ketergantungan terhadap energi listrik yang bersumber pada energi fosil.

3. Menjadi Pasokan Energi Di Masa Mendatang

Saat energi listrik yang bersumber pada energi fosil telah habis, manfaat pembangkit listrik sederhana akan menjadi penyangga di masa mendatang. Energi listrik sederhana bisa digunakan sebagai pasokan energi yang digunakan di masa yang mendatang. Sifatnya yang bisa diperbarui membuat energi listrik sederhana ini bisa digunakan sabagai andalan di masa yang mendatang.

4. Ramah Lingkungan

Salah satu manfaat dari energi listrik sederhana adalah ramah lingkungan. Hal itu dikarenakan pembangkit listrik sederhana tidak berpotensi mengeluarkan karbondioksida, berbeda dengan yang berbahan bakar fosil, energi itu akan menghasilkan karbondioksida yang bisa merusak lingkungan.

5. Mensejahterakan Masyarakat

Salah satu manfaat dari pembangkit listrik sederhana adalah bisa digunakan untuk mensejahterakan masyarakat. Pembangkit listrik sederhana ini biasanya sudah dilakukan oleh masyarakat pedesaan. Istilah listrik masuk desa pun bukan hal yang asing lagi dikarenakan di pedesaan telah teraliri dengan listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik sederhana.

6. Tersedianya Listrik Di Daerah-Daerah Terpencil

Tidak hanya di pedesaan saja, listrik di daerah terpencil dan tidak terjangkau dengan kabel listrik pemerintah pun kini bisa menikmati terangnya listrik di rumah mereka. Hal itu dikarenakan masyarakat daerah terpencil atau masyarakat pedalaman mulai bisa membangkitkan energi listrik dengan manfaat pembangkit listrik sederhana seperti kincir air atau kincir angin.

7. Menyelamatkan Lingkungan Hidup

Lingkungan perlu dijaga dan dilestarikan, sayangnya berkat bahan bakar fosil yang digunakan dalam energi listrik bisa merusak lingkungan dan kelestarian lingkungan. Oleh sebab itulah dengan adanya pembangkit energi listrik yang sederhana diharapkan lingkungan bisa terselamatkan dan terlindungi. Lingkungan itu rusak akibat emisi karbondioksida yang dikeluarkan oleh bahan bakar fosil yang digunakan dalam pembangkit energi listrik konvensional.

8. Mengatasi Dampak Buruk Bahan Bakar Fosil

Dampak buruk dari bahan bakar fosil yang digunakan dalam pembangkit energi listrik sederhana tidak hanya untuk lingkungan saja, namun juga bisa berdampak ke yang lainnya. Untuk mencegah dampak buruk terjadi, pemerintah seharusnya mulai menggalakkan pembangkit listrik sederhana ini di berbagai sektor agar dampak buruk terhadap listrik konvensional bisa teratasi.

9. Meningkatkan Produktivitas Industri Perumahan

Manfaat pembangkit listrik sederhana bisa digunakan dalam berbagai sektor salah satunya industri rumah. Industri itu misalnya saja adalah pembuatan es balok dalam industri pengawetan ikan, usaha kuliner, digunakan untuk penerangan tempat tinggal, penerangan di jalan raya atau jalan desa.

10. Dimanfaatkan Dalam Industri Kecil Dan Menengah

ads

Biaya atau pajak listrik yang mahal setiap bulannya bisa memberatkan bagi pelaku industri kecil menengah. Oleh sebab itulah pembangkit listrik sederhana dipercaya bisa meringankan indutri kecil dan menengah.

Di Indonesia sendiri listrik adalah kebutuhan pokok bagi manusia, listrik juga difungsikan sebagai kebutuhan penting yang bisa digunakan sebagai peningkat kesejahteraan masyarakat. Di Indonesia sendiri, fakta tentang listrik adalah memanfaatkan dari bahan bakar dari fosil. Bahan bakar fosil ini telah menyumbang emisi karbondioksida terbesar di Indonesia bahkan juga dalam kawasan Asia Pasifik. Oleh sebab itulah indonesia harus memikirkan bagaimana caranya bisa mengefektifkan ketergantungannya terhadap bahan bakar fosil sehingga emisi karbondioksida tersebut tidak merugikan dan juga bertambah.

Tujuan Pembuatan Pembangkit Listrik Sederhana di Indonesia

Indonesia seharusnya mulai mengembangkan pembangkit listrik tenaga sederhana ini. Indonesia harus mulai mengurangi ketergantungannya terhadap penggunaan listrik yang menggunakan sumber daya dari bahan bakar fosil. Tujuan dari adanya pembangkit listrik sederhana tersebut adalah berikut ini :

  1. Bertujuan untuk mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan energi ayng dihasilkan oleh bahan bakar fosil yang jumlahnya terbatas, dari waktu ke waktu energi tersebut bisa habis.
  2. Menyediakan energi listrik dengan menggunakan sumber daya yang bisa diperbarui sehingga energinya tidak akan pernah habis, jika energinya habis. Energi tersebut bisa diperbarui.
  3. Menghemat energi listrik yang bersumber pada sumber daya yang tidak bisa diperbarui atau bahan bakar fosil yang tidak bisa diperbarui.

Mengenal Jenis Pembangkit Listrik Sederhana

Di Indonesia banyak sekali sumber daya alami yang bisa digunakan sebagai pembakit tenaga listrik. Diantaranya adalah pembangkit listrik tenaga matahari, tenaga air dan juga tenaga angin. Ketiga energi tersebut tidak akan pernah habis dan bisa diperbarui.


Di Indonesia, pembangkit listrik tenagan angin ini sedang digalakkan. Hal itu dikarenakan Indonesia merupakan negara yang dikelilingi oleh perairan yang luas. Perairan tersebut bisa menghasilkan angin laut yang energinya begitu besar. Angin yang besar tersebut bisa digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga angin. Angin bisa menimbulkan sirkulasi yang ada di atmosfer dipengaruhi oleh aktivitas yang dilakukan oleh matahari ketika menyinari bumi dan memanfaatkan dari rotasi matahari.

Rotasi matahari bisa menyebabkan daerah khatulistiwa menerima energi matahari lebih banyak dibandingkan dengan daerah yang berada di daerah kutub. Akibatnya adalah udara yang ada di daerah khatulistiwa tekanan udaranya lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan udara yang ada di daerah kutub. Karena adanya perbedaan masa jenis dan juga perbedaan tekanan udara bisa membuat terciptanya pergerakan udara.

Pegerakan udara ini yang disebut dengan angin. Angin adalah sejenis udara yang bisa bergerak dari tekanan udara yang tinggi menuju ke tekanan yang lebih rendah. Jika memilih energi angin ini, energi tidak akan pernah habis dan dirasa cukup efektif dibandingkan dengan sumber energi yang telah habis.


Indonesia memiliki arus sungai yang sangat besar, tidak hanya itu saja Indonesia juga memiliki banyak air terjun. Pembangkit listrik tenaga air adalah listrik yang menggunakan energi potensial dan juga energi kinetik dari air. Energi kinetik dan potensial dari air itulah yang bisa digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik.

Alat yang biasanya digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik adalah kincir air. Menggunakan kincir air itu bisa digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. PLTA ini sudah banyak dijadikan sebagai sumber energi listrik yang potensial di banyak desa, sehingga desa-desa pun kini banyak yang sudah teraliri dengan listrik.


Pembangkit listrik tenaga surya atau tenaga matahari bisa mengubah energi surya untuk dijadikan sebagai energi listrik Pembangkitan energi listrik menggunakan energi surya ini bisa menggunakan dua cara, cara tersebut adalah sebagai berikut ini :

  • Menggunakan photovoltaic, photovoltaic bisa mengubah energi surya menjadi energi listrik yang bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan tenaga listrik. Pemusatan energi ini biasanya menggunakan lensa atau cermin digabungkan dengan sistem yang bisa melacak pengfokusan energi matahari dari satu titik ke titik yang lainnya.
  • Menggunakan cara tidak langsung dengan cara pemusatan energi matahari atau energi surya.


Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 29th, May 2015 / 03:44 Oleh :
Kategori : Teknologi